Game Augmented Reality (AR) membawa pengalaman gaming pada level yang lebih istimewa. Games AR memberikan cara baru untuk mengintegrasikan gameplay klasik ke dalam dunia nyata. Selain menciptakan tantangan tersendiri, banyak peluang baru bermunculan.

Manfaat Augmented Reality salah satunya memang menjembatani game AR yang berkali lipat lebih seru dibandingkan game konvensional. Tidak percaya? Berikut contoh Augmented Reality dalam dunia gaming yang sangat populer sepanjang tahun ini.

Delapan Game Augmented Reality Paling Seru Tahun Ini

1. Pokémon GO

Tidak lengkap rasanya mendaftar game Augmented Reality tanpa game yang satu ini. Pokémon GO menjadi fenomenal ketika pertama kali meluncur pada 2016. Inilah game pertama yang membuat mobile AR games  bisa dinikmati oleh publik.

Ide game ini sederhana. Pokémon GO memakai peta ke lokasi yang semi acak untuk menemukan Pokémon. Pengguna pun mencarinya lalu menangkapnya. Semakin sering berkelana, semakin pengguna mencatatkan kemajuan pesat. Metode ini jenius dalam memperkenalkan game AR kemudian membuat Niantic, pengembangnya, untung besar.

2. Angry Birds AR: Isle of Pigs

Berbicara tentang game yang sudah populer pada platform lain sebelum kemunculan AR, Angry Birds versi mobile lah contoh yang paling berhasil melintasi batas. Angry Birds meniru Crush the Castle tetapi game ini membentuk paduan nada dengan pemainnya, hal yang tidak ada di game pendahulunya tersebut.

Untuk memainkan Angry Birds AR, cukup arahkan kamera Anda ke sejengkal tanah datar lalu game ini memproduksi menara untuk dihancurkan. Dengan membidik jepretan orang pertama, Angry Birds merupakan salah satu game Augmented Reality yang bekerja lebih baik dalam versi AR dibandingkan versi aslinya.

3. Knightfall AR

Game menara pertahanan atau tower defence pernah menjadi salah satu yang terpopuler pada awal kemunculan gaming. Knightfall AR membawa keseruan klasik langsung kepada Anda saat ini. Carilah permukaan datar, seperti meja kopi atau lantai, sebagai tempat memulai permainan. Knightfall menghadirkan kastil virtual untuk dihancurkan dan sejumlah petarung. Anda bisa menggunakan anak panah, ketapel, dan apa saja yang bisa dipakai untuk memecahkan baju baja dalam game ini. Gameplay pemain tunggal Knightfall sangat cocok bagi pendatang baru dan pemain veteran. Ada banyak sekali gaya dalam game ini, yang terlihat fantastis pada piranti Apple dan Android.

Upaya membawa AR ke level berikutnya bisa terwujud dengan hadirnya piranti sejenis kacamata yang mudah dibawa kemana-mana, seperti Vision Pro kepunyaan Apple. Alat semacam ini dapat memudahkan aktivitas yang jauh lebih banyak dan fleksibel sehingga game fisik yang sudah ada bisa jauh lebih bagus.

4. Five Nights at Freddy’s AR

Serial Five Nights at Freddy’s menyandang reputasi sebagai game yang menakutkan. Pemain akan diminta untuk memindai penyelundup sembari bersiap merasakan lompatan histeris yang memang menjadi ciri khas game ini.

Animatronik yang gagal berfungsi jauh lebih seram daripada yang reguler. Mendapati animatronik jenis ini tiba-tiba melompat saat Anda berada di rumah bisa menjadi pengalaman malam menyeramkan. Genggam ponsel erat agar Anda tidak melemparkannya begitu melihat animatronik ini.

5. ZRX: Zombies, Run!

Pertama kali dirilis pada 2020, Zombies, Run! mengambil ide dari game AR untuk dibawa ke versi latihan mobile. Saat game ini hadir, aplikasi latihan sudah sangat bagus mumpuni untuk menjaga kebugaran. Dengan munculnya game ini maka sistem menjadi lebih bagus.

Dengan aneka misi yang umumnya berdurasi 30 hingga 40 menit, ZRX membuat pemakainya bisa membangun basis, mengecek perkembangan dan capaian, serta melintasi properti Marvel. Game AR yang satu ini membuktikan game bertenaga AR lebih dari sekadar seru-seruan.

Baca juga: Startup Augmented Reality Segarkan Wajah Bisnis Luar dan Dalam

6. WallaMe

Jika Anda mencari Game Augmented Reality yang sangat bergantung pada penjelajahan dunia nyata maka WallaMe bisa jadi yang sedang dicari. WallaMe memakai fungsi AR agar Anda bisa menyembunyikan pesan di dunia nyata. Hal ini menyerupai seniman graffiti namun tanpa harus menghadapi risiko tertangkap atau menghabiskan cat.

WallaMe adalah pengalaman kerjasama yang menarik dimana Anda bisa berbincang dengan teman dan orang asing lalu berbagi ide dan kesukaan pada tempat tertentu. Mungkin saja Anda ingin mengekspresikan waktu berharga bersama teman atau menunjukkan lokasi istimewa yang bisa saja terlewatkan. Sedikit game AR yang memberikan peluang melakukan itu semua seperti yang disediakan oleh WallaMe. Tidak salah menyebut WallaMe menjadi piranti komunikasi menyenangkan sebagai game AR.

7. Reality Clash: AR Combat Game

Beberapa AR games membuka ruang pertarungan PVP tetapi hanya sedikit yang melakukan pendekatan konsep secara lebih langsung seperti halnya Reality Clash. Game ini membuat Anda mengambil tempat pada pertempuran AR baik secara individual atau melalui medium Internet ketika Anda mengklaim zona fisik nyata sebagai basis sendiri.

Untuk memainkan Reality Clash, Anda harus menavigasi dan melakukan pertarungan sembari memegang ponsel di depan sebagai senapan, menghindari dan menembak untuk menghancurkan lawan. Sembari berusaha agar tidak terkena serangan, konsep game di sini bisa membuat Anda terlena dalam menikmati keasyikannya.

8. Cosmic Frontline AR

Apa yang bakal terjadi jika Anda bisa menghadirkan ruangan ke dalam ruang keluarga? Paru-paru Anda mungkin menolak usul ini tetapi lupakan faktor ini. Bayangkan saja ruang besar sebagai tempat pertarungan keren yang disediakan oleh Cosmic Frontline AR. Game ini mempunyai gedung luar angkasa untuk bertarung dengan karakter bukan pemain atau NPC yang ada di depan mata.

Walau laga luar angkasa ini bisa jadi sangat padat, cara otomatis untuk bertarung dalam Cosmic Frontline justru bisa membuatnya game yang santai. Memang tidak sesantai tidur siang tetapi tetap bisa membuat Anda meregangkan otot.

Itulah contoh game Augmented Reality yang sudah banyak dimainkan gamers di seluruh dunia. AR games hanyalah satu dari sekian banyak contoh manfaat AR. Masih ada banyak keunggulan AR yang bisa dieksplorasi, tidak terkecuali untuk sektor bisnis yang saat ini sedang Anda geluti. Salah satunya adalah penerapan Augmented Reality marketing untuk membawa strategi pemasaran digital perusahaan Anda setingkat lebih inovatif dan dekat dengan target pasar. Silahkan menghubungi kami, MonsterAR, untuk lebih bisa menggali bagaimana teknologi ini berguna bagi brand Anda ke depan.

Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR/VR
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?