Meski zaman serba online tetapi pameran dagang secara fisik tetap ramai pengunjung. Bazar berskala besar menjadi momentum bagi brand untuk membangun kedekatan dengan pengunjung. Mengadakan event photo booth merupakan cara seru agar brand Anda cepat dikenal, bahkan diingat dalam waktu lama.

Event photo booth mengajak setiap pengunjung booth atau gerai Anda untuk mendapatkan pengalaman berbeda daripada hanya melihat produk dan membawa pulang brosur pemasaran. Caranya adalah dengan menyediakan ruangan mini untuk mereka berfoto. Tentunya, photo booth ini bukan sekadar asal jepret. Anda harus membuat konsep foto yang menarik agar semakin banyak yang mampir ke gerai lalu menjajalnya.

Keuntungan menyediakan photo booth di pameran

1. Lebih efektif meningkatkan volume kunjungan

Dekorasi photo booth yang berwarna-warni, misalnya, akan lebih cepat menarik calon pengunjung pameran anak-anak hingga remaja. Efek visual yang estetik dan indah tidak bisa dipungkiri menjadi alat awal agar pengunjung pameran berkenan mampir. Tentunya bentuk dan jenis visual harus menyesuaikan dengan warna dan logo yang mewakilkan brand Anda.

Dengan tampilan fisik photo booth yang seketika sedap di mata, pengunjung pameran akan tertarik untuk mendatangi gerai Anda. Tentunya ini lebih efektif daripada menyebarkan brosur atau membujuk orang agar masuk ke dalam booth untuk mendengarkan bahan promosi Anda. Photo booth bekerja dengan prinsip mengundang orang berkunjung, bukan menawarkan produk atau jasa secara langsung.

2. Mendekatkan brand ke calon konsumen dengan lebih halus

Walau pameran dagang sudah jelas bermaksud mempromosikan brand, kenyataannya tidak semua pengunjung datang untuk membeli atau memakai brand tertentu. Setiap gerai harus tetap berusaha membuat metode efektif untuk meningkatkan brand awareness yang secara lebih cepat berujung ke konversi dari calon konsumen menjadi konsumen.

Photo booth merupakan salah satu alat agar konversi berjalan lebih mulus. Pertama-tama, pengunjung akan merasa dekat dengan brand melalui layanan foto komersial yang bisa mereka pilih sendiri aksesorisnya. Dengan mengenal brand lebih seru, pengunjung akan lebih mengenal brand dalam jangka waktu lebih lama dibandingkan membaca brosur pameran.

3. Menciptakan efek viral

Event photo booth sangat cocok dengan era media sosial seperti sekarang. Menurut laporan We Are Social, jumlah pengguna media sosial aktif di Indonesia menembus 167 juta orang per Januari 2023. Konten visual, baik foto dan video, sangatlah digemari dan tentunya lebih “ramah” terhadap algoritma, dibandingkan verbal semata.

Terlebih jika Anda memakai AR photo booth maka booth akan lebih ramai dan lebih mudah menghubungkan brand dengan media sosial. Dalam photo booth yang memakai teknologi Augmented Reality, pengunjung gerai bisa memilih aneka sticker lucu yang bisa dipilih sendiri. Desain sticker ini bisa didesain sebelumnya dengan memasukkan logo brand Anda.

Keunggulan photo booth jenis ini terletak pada sistemnya yang sangat mendukung pemasaran secara daring. Teknik ini memakai metode rendering secara langsung dan menggunakan sistem penyimpanan awan atau cloud saving. Dengan dua kunci ini, pengunjung booth bisa berfoto sesuka hati lalu mendapati hasilnya saat itu juga. Hasil foto bisa mereka bagikan ke akun media sosial masing-masing. Dari sinilah, potensi viral marketing bisa tercipta sehingga promosi brand Anda dengan sendirinya bekerja melalui bantuan pengunjung.

Elemen photo booth berbasis AR dan cara kerjanya

Photo booth yang menggunakan teknologi AR merupakan lompatan dari photo booth yang umum digunakan. Menerapkan konsep AR yang asli, event photo booth jenis ini menggabungkan lingkungan nyata pengguna dengan obyek virtual.

Saat pengguna berpose untuk berfoto di depan layar, sensor langsung bekerja mendeteksi kehadiran mereka. Beragam obyek virtual seketika muncul, termasuk animasi. Pengguna bisa berinteraksi dengan obyek tersebut seolah-olah memang nyata. Jenis obyek beragam, bisa diatur sesuai dengan kebutuhan brand Anda. Pengguna bisa “menangkap” obyek sesuai keinginan lalu klik, foto pun bisa langsung dicetak setelahnya.

Teknologi AR mempunyai keunggulan lain yakni menghilangkan latar belakang asli pengguna tanpa membutuhkan layar hijau. Sehingga, latar atau background photo booth AR bisa diterapkan pada berbagai lokasi pilihan, mulai dari pantai tropis, bangunan warisan budaya, hingga lembah.

Photo booth berbasis AR bekerja dengan memaksimalkan elemen di bawah ini:

  1.   Model 3D
  2.   Animasi 2D dan 3D
  3.   Grafik 2D
  4.   Pengganti latar atau lingkungan nyata penggunanya.

Baca juga: Bukan Sekadar Lucu-Lucuan, Ini Peran Penyedia Jasa Filter Instagram AR untuk Bisnis Anda

Photo booth berbasis AR memadukan kecanggihan teknologi dan adaptasi terhadap kebutuhan klien. Hal ini terlihat dari obyek virtual yang menyeimbangkan aspek pengalaman yang akan diperoleh pengguna dengan elemen komersial. Penyedia photo booth ini mempersiapkan perangkat khusus untuk mencetak hasil foto dalam kualitas sangat baik. Sebelum dicetak, foto bisa ditinjau ulang agar pengguna merasa puas dengan hasilnya. Seluruh hasil jepretan pun akan disimpan secara otomatis.

monster ar photobooth

Contoh event photo booth

Event photo booth memakai teknologi AR pernah dipilih oleh tim sepakbola Amerika bernama Dallas Cowboys di stadion AT&T milik mereka. Di stadion ini, penggemar klub ini bisa berfoto dengan beberapa pemain Dallas Cowboy kesukaan masing-masing.

Diberi nama “Pose with the Pros”, photo booth ini dipajang di lobi stadion saat Dallas Cowboys melawan New York Giants. Tentu saja di sini, foto bersama pemain favorit bukan berarti secara langsung melainkan menggunakan representasi mereka yang seru.

Caranya, penggemar pertama-tama cukup menekan tombol “mulai” di awal photo booth. Setelah muncul beberapa pemain bintang Dallas Cowboy, mereka tinggal memilih siapa lima pemain yang akan diajak berfoto. Nama pemain yang tersedia adalah Amari Cooper, Randall Cobb, Yehezkiel Elliott, Travis Frederick, Dak Prescott, Zack Martin, Jaylon Smith dan Leighton Vander Esch.

Usai memilih lima pemain, layar akan beralih ke mode selfie. Dalam mode ini, setiap pemain yang dipilih akan berjalan menuju ke frame seperti sedang menunggu berfoto bersama penggemarnya. Lalu pemain akan berpose sambil memberikan ruang di tengah untuk penggemar. Dan jepret! Foto bareng pemain kesayangan sudah tercipta tanpa perlu bersusah payah mengejar berfoto secara langsung. Penggemar bisa juga memasukkan informasi diri bahwa mereka telah berfoto bersama pemain favorit dan membagikannya ke media sosial masing-masing.

Sedangkan untuk kegiatan promosi komersial, contohnya adalah MU Weber, sebuah perusahaan mortar instan yang produknya sudah banyak dipakai di pasar nasional. Kami, MonsterAR, pernah membuat AR photo booth untuk MU Weber pada acara Megabuild Indonesia Expo 2018. Pengunjung bisa menjajal berbagai gaya topi untuk dibagikan ke media sosial. Bahkan, hasil foto ini bisa dicetak sebagai merchandise. Selain photo booth tersebut, kami juga memproduksi 3D bangunan, yang bisa menunjukkan keunggulan dan bagaimana pembeli bisa memanfaatkan produk dari MU Weber untuk mendukung fungsi bangunan mereka.

Selain membuat event photo booth, kami juga memfasilitasi sewa photobooth dengan teknologi AR. Segera konsultasikan kebutuhan Anda terkait pemanfaatan photo booth ke tim sales kami melalui website ini.

Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR/VR
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?