Memasuki tahun 2021, industri VR dan AR semakin bergeliat dan menunjukkan peluang karir industri VR/AR yang semakin menjanjikan. Menurut Tech Jury, pasar AR dan VR global diperkirakan akan tumbuh menjadi 209,2 miliar USD pada tahun 2022, dengan lebih dari 171 juta pengguna di seluruh dunia. Lantas bagaimana cara memaksimalkan peluang karir industri VR/AR?

Jalur Karir VR & AR

Saat membahas peluang di industri karir VR/AR, ada sejumlah jalur yang dapat Anda pilih. Beberapa karir yang pasti berkaitan dengan VR dan AR, antara lain:

  • Antarmuka pengguna dan desain pengalaman (UI dan UX)
  • Manajemen produksi VR/AR
  • Rekayasa Perangkat Lunak
  • Jaminan kualitas (QA)
  • Produksi konten
  • Pembuatan model 3D

Untuk bisa menapaki dan sukses di bidang industri AR/VR, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal berikut ini.

1. Mempersiapkan keahlian

Keterampilan yang harus Anda kembangkan sebelum melamar pekerjaan di industri VR atau AR meliputi, keterampilan IT dasar, pengembangan software, perangkat lunak 3D, dan desain UX.

2. Tidak mengabaikan soft skill

Perusahaan VR/AR sering bekerja sama untuk merancang event dan berbagai proyek. Kerja sama tim tentunya sangat dibutuhkan di sini. Berbagai soft skill yang dibutuhkan adalah problem solving, tekun, terorganisir, keterampilan interpersonal, kepemimpinan, komunikasi, dan manajemen proyek.

3. Meneliti latar belakang perusahaan

Pastikan untuk meneliti dengan benar perusahaan yang Anda tuju sebelum mengajukan lamaran. Lakukan dengan mengecek situs web, halaman LinkedIn, proyek terdahulu, dan informasi lainnya.

4. Melampirkan portofolio

Untuk meyakinkan perusahaan, Anda perlu melampirkan portofolio. Salah satu caranya dengan menyiapkan profil GitHub atau Behance untuk mempublikasikan pekerjaan yang pernah dilakukan.

Baca juga: Pemasaran Produk Melalui AR, Selamatkan Bisnis Anda di Masa Pandemi

5. Memformat CV agar mudah dipindai

Untuk memudahkan CV Anda lolos pemindaian, bisa gunakan alat seperti Hemingway Editor dan Grammarly.

6. Membangun jaringan dengan komunitas VR/AR

Selain melamar pekerjaan, Anda juga bisa membangun jaringan dengan komunitas VR/AR di waktu luang Anda. Komunitas, forum, dan platform berita teknologi VR/AR terkini seperti ARIndo bisa memberikan Anda wawasan terkait pasar VR/AR dan perkembangannya.

7. Membangun karir yang terus tahan di masa depan

Anda bisa mengukur keahlian Anda sesuai dengan perusahaan dan mengembangkan soft skill supaya sesuai dengan standar modern. Jadi meskipun sudah menjadi bagian dari industri VR/AR, jangan pernah berhenti belajar ya.

Sudah siap untuk meniti dan mengambil peluang karir di industri VR/AR?


Teknologi AR/VR Tingkatkan Produktifitas, Kecepatan Kerja dan Omzet Bisnis Anda

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami