Wabah anime sudah banyak menjangkiti anak-anak Indonesia sejak era 1990an. Anime bertema Virtual Reality kini populer sebab menawarkan hiburan yang lebih mendalam dan hidup. Bagaimana bisa demikian?

Anime bertema Virtual Reality (VR) merupakan salah satu contoh penerapan teknologi VR saat ini. Dalam format tiga dimensi, anima akan menjelma menjadi alur cerita menarik dengan tentunya memperagakan karakter kartun khas Jepang yang super lucu dan menggemaskan.

Sekilas Tentang Anime Bertema Virtual Reality

Anime memang identik dengan budaya Jepang. Anda dapat langsung mengetahui ciri khas anime dari karakter dan goresannya. Setelah rampung membuat karakter dan seluruh isi cerita melalui tangan, bahan anime akan diintegrasikan ke dalam teknologi komputer.

Anime mempunyai beberapa genre, salah satunya adalah genre isekai. Genre ini merujuk pada cerita khayalan tokoh protagonis yang merambah ke dunia baru. Dalam implementasinya, genre isekai berarti sang protagonist berpindah ke dunia lain karena berbagai peristiwa tertentu. Keterlibatan virtual reality dalam cerita menjadi salah satu cara dalam proses menuju isekai dengan melibatkan kecanggihan teknologi.

Konsep isekai inilah yang mendasari banyak studio animasi dan manga Jepang dalam memilih teknologi VR menjadi latar belakang cerita utama anime yang mereka garap.

Teknologi VR sendiri menawarkan dunia virtual yang benar-benar berbeda dengan dunia sesungguhnya berkat obyek tiga dimensi dan kecanggihan komputer. Penasaran seperti apa contoh anime bertema Virtual Reality? Simak yuk daftar berikut!

Sepuluh Anime Bertema Virtual Reality Terseru

1. Sword Art Online

Anime Sword Art Online mengisahkan Kirito, seorang protagonis dengan kemampuan menjelajahi dunia game Aincrad yang memukau. Kirito mesti mengenakan headset VR “Nerve Gear” untuk memasuki dunia dengan menerapkan genre Massive Multiplayer Online-Role Playing Game (MMORPG) ini.

Secara garis besar, alur anime ini berfokus pada Kirito yang terjebak di dalam game lalu bertemu dengan Asuna. Keduanya wajib merampungkan 1.000 misi dan mencapai lantai teratas lalu menaklukkan bos terakhir agar bisa keluar dari perangkap tersebut.

2. Serial Experiments Lain

Bukan “lain” dalam artian “berbeda”, Lain di sini berarti nama tokoh utamanya. Lain Iwakura dikisahkan sebagai korban email phising yang membuatnya berpindah dimensi. Ia melewati berbagai dimensi, dimana setiap dimensinya menghadirkan banyak kejadian janggal. Uniknya, pengirim email tersebut tidak lain adalah Chisa Yomoda, kawan sekelas Lain. Cerita semakin seru dan mendebarkan ketika Chisa justru tewas dalam dunia dimensi itu.

3. Accel World

Anime bertema Virtual Reality ke-3 adalah Accel World. Haruyuki Arita menjadi tokoh utama dalam anime ini. Awal mula petualangan terjadi saat Haruyuki menerima undangan dari Kuroyukihime untuk mengikuti program game Brain Burst.

Baca juga: Fungsi Virtual Reality, Keunggulan, Contoh, dan Cara Kerjanya

Game ini memiliki genre Virtual Reality Massively Multiplayer Online dengan fokus bagaimana agar gelombang otak bergerak lebih cepat. Kemungkinan karena mangaka atau pembuat manga yang sama, Reki Kawahara, semesta dari Accel World dan Sword Art Online sama.

4. Overlord

Apa yang Anda lakukan saat game kesayangan mati? Momonga memutuskan untuk tetap log in hingga akhir. Tetapi, saat server menjadi gelap, dia mendapati dirinya terhempas ke dunia game – dia pun menjelma menjadi avatar otot kerangka dari game ini, kekuatan sihir pun termasuk di dalamnya! Tetapi, bagaimana jadinya jika dia menjadi orang jahat dari ceritanya sendiri? Anime ini sangat layak untuk dinikmati.

5. No Game No Life

No Game No Life kami masukkan ke dalam daftar ini meski tidak 100% merupakan anime bertema Virtual Reality. No Game No Life menyediakan sudut pandang unik mengenai pemain di dalamnya yang terperangkap dalam dunia khayalan. Inti ceritanya berkutat soal dua orang kakak adik yang super cerdas lalu menggunakan intelektualitas mereka untuk mengubah nasib di dunia virtual.

6. hack//Sign

Di dunia daring yang masif, manusia bertindak sebatas mengikuti hati nurani mereka. Saat hukuman seorang pemain berupa terjebak di dunia ini, sekelompok orang berbeda mencari penyebabnya. Motivasi mereka beragam; metodenya bahkan lebih beraneka lagi. Apa yang menjadi penghalang ketika kita meruntuhkan tembok kenyataan? Dimana akhir jiwa kita dan dimana permulaannya? Itulah ringkasan anime bertema Virtual Reality yang menarik untuk disingkap misterinya.

7. Re:Zero – Starting Life in Another World

Natsuki Subaru adalah seorang siswa SMU biasa yang sedang dalam perjalanan pulang ke rumah dari toko serba ada saat mendapati dirinya terlempar ke dunia lain. Merasa tersesat dan bingung di dunia baru, Natsuki bahkan tidak mengetahui mana yang kiri dari kanan. Satu-satunya orang yang mengerti dirinya adalah seorang perempuan cantik dengan rambut perak. Bermaksud membayar budinya setelah menyelamatkan dirinya dari keputusasaan, Natsuki setuju membantu perempuan tersebut menemukan yang dia cari. Untuk mengetahui jawabannya, Anda bisa menonton serial ini.

Baca juga: 10 Perusahaan Ritel ini Untung Besar Berkat AR/VR

8. Infinite Dendrogram

Pada 2043, video game VRMMO paling canggih tercipta. Game ini mengaitkan lima indera dan pemakaian serupa rantai kehidupan NPC. Reiji Mukudori bergabung ke dalam dunia yang imersif ini lalu bekerjasama dengan saudaranya, Shuu. Tetapi Reiji menemukan karakter dalam game yang berbeda dari dirinya. Ketika saudara NPC meninggal dunia, mereka berdua sama-sama menghilang! Dan di atas itu semua, perang menyerbu!

9. Darwin’s Game

Anime ini menyuguhkan pertarungan kekuatan super yang tidak bisa diprediksi. Kaname Sudo, seorang murid SMU biasa, menerima email undangan untuk mencoba aplikasi misterius bernama Darwin’s Game. Usai mengunduh aplikasi ini kepincut pada sebuah game dimana pemain bertarung satu sama lain menggunakan kekuatan super bernama Sigils. Tanpa mengetahui alasan di balik ini semua, bisakah Kaname bertahan dari pertarungan sengit melawan siapa pun yang menyerangnya? Anime ini memang tidak seluruhnya berkisar VR tetapi ia mengandung elemen yang terkait dengan teknologi ini.

10. Bofuri: I Don’t Want to Get Hurt, So I’ll Max Out My Defense

Maple mungkin tergolong baru dalam hal gaming tetapi dia telah menemukan rahasia agar tidak terkalahkan. Cukup kerahkan segala keahlian Anda untuk bertahan hingga tidak bisa lagi bergerak. Berhasil bukan? Dia tidak ingin merasakan sakit dalam game VRMMO saat mulai bermain dan ternyata hal tersebut bekerja lebih baik dari yang diprediksi siapa saja.

Kesimpulan

Sepuluh contoh anime di atas menggambarkan teknologi Virtual Reality telah membuat pengembangnya lebih kreatif dalam menuangkan ide gila mereka. Penikmatnya pun menjadi lebih tertarik, bahkan tertantang, dalam menjelajahi alur cerita, mencari jawaban atas teka-teki, hingga benar-benar merasa ingin keluar dari labirin melalui karakter protagonisnya. Efek teknologi VR memang sedemikian imersifnya sehingga batasan antara dunia nyata dan virtual seolah nihil.

Jika saat ini perusahaan Anda tertarik menggunakan jasa Virtual Reality, silahkan menghubungi kami, MonsterAR, salah satu perusahaan VR di Indonesia. Dengan pengalaman teknis lebih dari 10 tahun, kami telah menangani berbagai klien dari beragam lini bisnis. Di samping teknis VR itu sendiri, tim kami merangkul tim bisnis dan tim kreatif, seperti 3D artist dan ilustrator, untuk menghidupkan imajinasi di benak Anda menjadi kenyataan berdaya jual ekonomi tinggi. Yuk, hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan konsultasi secara gratis.

Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui Virtual Reality Indonesia
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?