Video mapping adalah sebuah teknik terbaru yang digunakan untuk menghadirkan konten visual dengan cara mengubah permukaan interior atau eksterior suatu objek. Contohnya menggunakan bangunan sebagai latar atau media untuk memproyeksikan video. Video mapping yang efektif dapat menciptakan visual yang luar biasa penuh warna dan fluiditas. Melalui video mapping, objek statis bisa disulap menjadi lebih hidup dan memukau. Sebuah teknologi serbaguna yang menarik bukan?

Jadi, apa sebenarnya video mapping itu? Apa yang membuatnya begitu istimewa? Dan manfaat apa yang diberikannya? Berikut penjelasannya.

Apa itu Video Mapping

Proses terciptanya video mapping sederhana. Ini melibatkan penggunaan program virtual untuk memetakan permukaan 2D atau objek 3D secara spasial. Program virtual ini meniru permukaan yang akan diproyeksikan. Perangkat lunak kemudian berinteraksi dengan proyektor, memungkinkannya menyesuaikan gambar apa pun ke permukaan tersebut.

Walaupun teknik pemetaan video ini terbilang baru-baru ini dieksplorasi dan dimanfaatkan, sebenarnya teknik ini sudah lama ditemukan dan diterapkan. Pada tahun 1969, Disney menampilkan video mapping dalam perjalanan Haunted Mansion mereka, memproyeksikan video nyanyian kepala ke patung dan menganimasikannya untuk disaksikan oleh penonton.

Manfaat Video Mapping

Video mapping bukan tentang membuat audiens Anda percaya bahwa konten tersebut benar-benar ada di sana. Ini bukan tentang meyakinkan seseorang. Video mapping adalah tentang menghibur dan memberikan kegembiraan kepada siapapun yang melihatnya dengan menambahkan dimensi ekstra ke konten yang ditampilkan dan lingkungan sekitar. Jauh lebih menarik untuk memproyeksikan video ke gedung daripada menampilkannya di layar yang datar bukan?.

Fungsi video mapping adalah tentang melibatkan audiens Anda. Tetapi apa manfaat lain yang diberikannya?

  • Pengalaman imersif: Ketika lingkungan menjadi hidup, jarak antara penonton dan apa yang mereka tonton menghilang. Dengan demikian, video mapping membawa penonton ke dalam pengalaman merek Anda.
  • Bisa dibuat custom: Anda bebas memilih acara, memilih video, dan memilih permukaan untuk diproyeksikan.
  • Proyeksi mudah dibawa dan diseting: Tidak perlu set yang rumit di sini, dan cukup ringan untuk dibawa dan dipindahkan.
  • Lebih hemat biaya: Daripada menyewa layar besar, mengapa tidak menyewa proyektor dan menggunakan gedung?
  • Menghemat waktu: Tidak perlu mendekorasi seluruh permukaan untuk sebuah acara.
  • Tempat dan lokasi tidak jadi masalah: Akses buruk, pintu kecil, langit-langit rendah – Anda dapat menghindari semua masalah ini dengan video mapping.

Video mapping juga sering dikombinasikan dengan audio untuk membuat semacam narasi, baik untuk tujuan iklan ataupun pameran. Tidak sekedar memberikan pengalaman berkesan, manfaat utama video mapping adalah untuk menekankan merek Anda. Selama acara, pesan Anda dapat terus hidup dan mencuri perhatian siapapun yang melihatnya.

Dengan teknologi ini, Anda tidak perlu lagi menyampaikan branding Anda ke konten statis. Pikirkan untuk memproyeksikan logo dinamis ke dinding di event Anda selanjutnya dan lihat bagaimana suasananya berubah.

Contoh Penerapan Video Mapping

Berikut adalah beberapa contoh video mapping yang luar biasa, dan bagaimana hal itu dapat digunakan untuk menciptakan pengalaman yang sangat indah, dinamis, dan memikat yang tidak akan dapat dilupakan oleh audiens.

Interconnection

Contoh video mapping yang luar biasa ini menunjukkan bagaimana arsitektur yang sangat kompleks sekalipun dapat berubah menjadi permukaan untuk proyeksi. Istana Parlemen Bucharest berubah menjadi ruang yang mengeksplorasi ‘keterkaitan semua hal, mikro dan makro, alam semesta luar dan dalam.’

Baca juga: Apa itu Mixed Reality? Berikut Definisi dan Manfaatnya bagi Bisnis Anda

Box

Dalam video ini, perusahaan robotika Bot & Dolly mengeksplorasi ‘sintesis ruang nyata dan digital melalui pemetaan proyeksi pada permukaan yang bergerak’. Pertunjukan singkat ini terdiri dari lima bagian dan menunjukkan bagaimana video mapping dapat mendorong batas-batas estetika.

Vans

Contoh kreatif ini menunjukkan bagaimana permukaan yang dibuat khusus dapat digunakan untuk memproyeksikan gambar, memungkinkan sesuatu seperti brand benar-benar menjadi hidup selama acara berlangsung. Ini adalah ide brilian yang menarik pengunjung baru ke acara Anda.

Tips Penerapan Video Mapping Efektif

Pertimbangkan bagaimana Anda akan menerapkan prosesnya. Apakah Anda akan melakukannya sendiri atau apakah event Anda lebih cocok untuk mempekerjakan tim profesional? Ini relevan dengan jenis event atau pengalaman yang akan Anda tawarkan.

Saat memilih jasa video mapping untuk diajak bekerja sama, pertimbangkan hal-hal berikut:

  1. Berapa banyak jenis video mapping yang di tawarkan?
  2. Apa kredensial mereka?
  3. Bisakah mereka mengerjakannya tepat waktu?
  4. Apakah mereka memiliki produk yang berkualitas?

Pertimbangan yang sangat penting harus diperhatikan adalah konten. Proyek video mapping yang sukses akan berisi gambar digital berkualitas tinggi yang relevan dengan tujuan proyek Anda. Gambar atau video harus dapat dipesan lebih dahulu dan dirancang khusus sehingga sesuatu yang unik dan mengesankan secara visual dapat dialami oleh audiens Anda, disamping memberikan pengalaman brand yang lebih mendalam.

Konten visual Anda harus dapat memperkuat pesan brand Anda. Perlu ada tema atau pesan yang menjadi fokus utama. Pemetaan video dan acara Anda memerlukan visi artistik agar mereka dapat bekerja sama menciptakan pengalaman yang tak terlupakan.

Hasil terbaik dicapai ketika para profesional bekerja sama dengan penyelenggara event dalam visi ini. Kanvas kosong menjadi tidak berguna jika Anda tidak memiliki keterampilan teknis dan fokus artistik untuk menciptakan sesuatu yang mempesona.

Terakhir dan tidak kalah penting, jika Anda memutuskan untuk memproyeksikan ke sebuah bangunan, Anda perlu mempertimbangkan legalitas proyek tersebut.

Kenapa Harus Video Mapping

Video mapping mendorong batas-batas bagaimana pemasaran, periklanan, pameraan, dan pesan Anda yang lainnya disampaikan. Ini adalah dunia baru dengan kemungkinan tak terbatas yang menggugah secara visual.

Jenis video mapping apa saja yang bisa Anda gunakan? Apa kelebihan video mapping dibandingkan dengan media cetak? Bagaimana Anda bisa menerapkan video mapping skala besar untuk bisnis Anda? Hubungi kami untuk konsultasi dan solusi selengkapnya.


Video Mapping Projection berikan kesan artistik bagi event dan brand bisnis Anda

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami