Projection mapping, atau biasa dikenal sebagai video mapping adalah sebuah teknik terbaru yang digunakan untuk menghadirkan konten visual, dengan cara mengubah permukaan interior atau eksterior suatu objek. Contohnya menggunakan bangunan sebagai latar atau media untuk memproyeksikan video. Video mapping yang efektif dapat menciptakan visual yang luar biasa penuh warna dan fluiditas. Melalui video mapping, objek statis bisa disulap menjadi lebih hidup dan memukau. Sebuah teknologi serbaguna yang menarik bukan?

Sebenarnya, teknologi projection mapping ini telah lama digunakan oleh banyak pelaku bisnis pertunjukan dimana sering kali dikombinasikan dengan tarian ataupun pertunjukan sulap, sehingga menghasilkan penampilan yang spektakuler.

Namun karena perkembangan teknologi yang pesat belakangan ini, konsep dari video mapping menjadi semakin canggih, karena dapat membuat siapapun yang menyaksikannya berinteraksi secara langsung dengan video mapping yang disajikan. Konsep ini dikenal sebagai Interactive Projection Mapping.

Jadi, apa sebenarnya video mapping itu? Apa yang membuatnya begitu istimewa? Dan manfaat apa yang diberikannya? Berikut penjelasannya.

Apa itu Video Mapping

Proses terciptanya video mapping sederhana. Ini melibatkan penggunaan program virtual untuk memetakan permukaan 2D atau objek 3D secara spasial. Program virtual ini meniru permukaan yang akan diproyeksikan. Perangkat lunak kemudian berinteraksi dengan proyektor, memungkinkannya menyesuaikan gambar apa pun ke permukaan tersebut.

Walaupun teknik pemetaan video ini terbilang baru-baru ini dieksplorasi dan dimanfaatkan, sebenarnya teknik ini sudah lama ditemukan dan diterapkan. Pada tahun 1969, Disney menampilkan video mapping dalam perjalanan Haunted Mansion mereka, memproyeksikan video nyanyian kepala ke patung dan menganimasikannya untuk disaksikan oleh penonton.

Projection mapping memiliki beberapa nama alternatif, termasuk dalam istilah akademis seringkali disebut dengan “Spatial Augmented Reality” dan “Video Mapping.”

Salah satu contoh penggunaan video mapping di Indonesia adalah video mapping yang MonsterAR buat untuk event CNI. Hal itu dilakukan dengan cara memproyeksikan suatu cahaya ke dalam proyektor yang ditembakkan ke backstage yang gelap ataupun objek tertentu yang tidak rata, sehingga video yang menjelaskan tentang company profile CNI begitu jelas dan menarik untuk disimak.

Salah satu keunggulan video mapping adalah fleksibilitas dalam penerapannya. Tidak hanya dapat digunakan di permukaan yang rata saja atau seukuran backstage, tetapi juga dapat diterapkan pada permukaan bangunan bertingkat yang lebar dengan tinggi puluhan meter. Tidak percaya? Anda dapat melihat penggunaan teknolog Projection Mapping dari brand coca cola zero berikut ini!

Mungkin video di atas dapat juga disebut sebagai Projection Mapping untuk iklan/ads, yang menarik perhatian. Cara bagaimana coca cola mempromosikan produknya tersebut tentu dapat ditiru oleh produk-produk lainnya.

Manfaat Video Mapping Adalah

Video mapping bukan tentang membuat audiens Anda percaya bahwa konten tersebut benar-benar ada di sana. Ini bukan tentang meyakinkan seseorang. Video mapping adalah tentang menghibur dan memberikan kegembiraan kepada siapapun yang melihatnya dengan menambahkan dimensi ekstra ke konten yang ditampilkan dan lingkungan sekitar. Jauh lebih menarik untuk memproyeksikan video ke gedung daripada menampilkannya di layar yang datar bukan?

Fungsi video mapping adalah tentang melibatkan audiens Anda, dan berikut beberapa manfaat lain yang diberikannya?

  1. Pengalaman imersif: Ketika lingkungan menjadi hidup, jarak antara penonton dan apa yang mereka tonton menghilang. Dengan demikian, video mapping membawa penonton ke dalam pengalaman merek Anda.
  2. Bisa dibuat custom: Anda bebas memilih acara, memilih video, dan memilih permukaan untuk diproyeksikan.
  3. Proyeksi mudah dibawa dan diseting: Tidak perlu set yang rumit, dan cukup ringan untuk dibawa dan dipindahkan.
  4. Lebih hemat biaya: Daripada menyewa layar besar, mengapa tidak menyewa proyektor dan menggunakan gedung?
  5. Menghemat waktu: Tidak perlu mendekorasi seluruh permukaan untuk sebuah acara.
  6. Tempat dan lokasi tidak jadi masalah: Akses buruk, pintu kecil, langit-langit rendah – Anda dapat menghindari semua masalah ini dengan video mapping.

Video mapping juga sering dikombinasikan dengan audio untuk membuat semacam narasi, baik untuk tujuan iklan ataupun pameran. Tidak sekedar memberikan pengalaman berkesan, manfaat utama video mapping adalah untuk menyoroti merek Anda. Selama acara, pesan Anda dapat terus hidup dan mencuri perhatian siapapun yang melihatnya.

Dengan teknologi ini, Anda tidak perlu lagi menyampaikan branding Anda ke konten statis. Pikirkan untuk memproyeksikan logo dinamis ke dinding di event Anda selanjutnya dan lihat bagaimana suasananya berubah.

Video mapping dapat digunakan bukan hanya sebagai media promosi suatu produk komersial saja, tetapi juga dapat dipergunakan untuk mensupport suatu live performance yang mana seringkali dilakukan oleh suatu Event Organizer.

Video mapping dapat diterapkan untuk berbagai media dan kebutuhan mulai dari untuk bisnis atau untuk sekedar bersenang-senang saja seperti:

Tips Penerapan Video Mapping Efektif

Pertimbangkan bagaimana Anda akan menerapkan prosesnya. Apakah Anda akan melakukannya sendiri atau apakah event Anda lebih cocok untuk mempekerjakan tim profesional? Ini relevan dengan jenis event atau pengalaman yang akan Anda tawarkan.

Saat memilih jasa video mapping untuk diajak bekerja sama, pertimbangkan hal-hal berikut:

  1. Berapa banyak jenis video mapping yang di tawarkan?
  2. Apa kredensial mereka?
  3. Bisakah mereka mengerjakannya tepat waktu?
  4. Apakah mereka memiliki produk yang berkualitas?

Pertimbangan yang sangat penting harus diperhatikan adalah konten. Proyek video mapping yang sukses akan berisi gambar digital berkualitas tinggi yang relevan dengan tujuan proyek Anda. Gambar atau video harus dapat dipesan lebih dahulu dan dirancang khusus sehingga sesuatu yang unik dan mengesankan secara visual dapat dialami oleh audiens Anda, disamping memberikan pengalaman brand yang lebih mendalam.

Konten visual Anda harus dapat memperkuat pesan brand Anda. Perlu ada tema atau pesan yang menjadi fokus utama. Pemetaan video dan acara Anda memerlukan visi artistik agar mereka dapat bekerja sama menciptakan pengalaman yang tak terlupakan.

Hasil terbaik dicapai ketika para profesional bekerja sama dengan penyelenggara event dalam visi ini. Kanvas kosong menjadi tidak berguna jika Anda tidak memiliki keterampilan teknis dan fokus artistik untuk menciptakan sesuatu yang mempesona.

Terakhir dan tidak kalah penting, jika Anda memutuskan untuk memproyeksikan ke sebuah bangunan, Anda perlu mempertimbangkan legalitas proyek tersebut.

Dengan memanfaatkan projection mapping untuk live performance, tentu hasilnya akan menjadi jauh lebih menarik dan bagus. Namun untuk membuat suatu live performance yang didukung penuh dengan teknologi projection mapping memang tidak mudah untuk melakukannya. Dibutuhkan latihan yang serius dalam menyesuaikan timing dengan video, dan penyesuaian posisi juga harus pas dengan ritme video, sehingga hasilnya akan spektakuler.

Tidak hanya sampai disitu saja, dengan usaha lebih lagi dalam pembuatan videonya, ditambah perpaduan antara penggunaan teknologi projection mapping dengan 3D modelling tentu akan menghasilkan suatu hasil mapping yang luar biasa spektakuler.

Contoh Penerapan Video Mapping

Berikut adalah beberapa contoh video mapping yang luar biasa, dan bagaimana hal itu dapat digunakan untuk menciptakan pengalaman yang sangat indah, dinamis, dan memikat yang tidak akan dapat dilupakan oleh audiens.

Interconnection

Contoh video mapping yang luar biasa ini menunjukkan bagaimana arsitektur yang sangat kompleks sekalipun dapat berubah menjadi permukaan untuk proyeksi. Istana Parlemen Bucharest berubah menjadi ruang yang mengeksplorasi ‘keterkaitan semua hal, mikro dan makro, alam semesta luar dan dalam.’

Baca juga: Apa itu Mixed Reality? Berikut Definisi dan Manfaatnya bagi Bisnis Anda

Box

Dalam video ini, perusahaan robotika Bot & Dolly mengeksplorasi ‘sintesis ruang nyata dan digital melalui pemetaan proyeksi pada permukaan yang bergerak’. Pertunjukan singkat ini terdiri dari lima bagian dan menunjukkan bagaimana video mapping dapat mendorong batas-batas estetika.

Vans

Contoh kreatif ini menunjukkan bagaimana permukaan yang dibuat khusus dapat digunakan untuk memproyeksikan gambar, memungkinkan sesuatu seperti brand benar-benar menjadi hidup selama acara berlangsung. Ini adalah ide brilian yang menarik pengunjung baru ke acara Anda.

Kenapa Harus Video Mapping

Video mapping mendorong batas-batas bagaimana pemasaran, periklanan, pameran, dan pesan Anda yang lainnya disampaikan. Ini adalah dunia baru dengan kemungkinan tak terbatas yang menggugah secara visual.

Bagaimana, apakah Anda sudah siap untuk menggunakan video mapping untuk keperluan promosi produk Anda ataukah untuk keperluan lainnya? Segera hubungi MonsterAR untuk mewujudkannya sekarang juga!

MonsterAR selaku pionir perusahaan AR dan VR di Indonesia, juga mempunyai beragam produk serta layanan AR dan VR yang dapat mensukseskan semua kebutuhan promosi ataupun keperluan perusahan lainnya.

Tak hanya itu saja, MonsterAR juga mengembangkan berbagai macam aplikasi dan juga software yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan semua bidang industri yang ada.

Jenis video mapping apa saja yang bisa Anda gunakan? Apa kelebihan video mapping dibandingkan dengan media cetak? Bagaimana Anda bisa menerapkan video mapping skala besar untuk bisnis Anda? Hubungi kami untuk konsultasi dan solusi selengkapnya.

Video Mapping Projection dapat menyoroti brand Anda secara optimal

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?