Penggunaan Projection Mapping di Indonesia masih belum banyak dilakukan. Tapi tahukah Anda, apa itu Projection Mapping? Projection mapping adalah sebuah teknologi seni digital yang menggunakan proyeksi dari suatu proyektor ke dalam suatu bidang tertentu, sehingga menghasilkan suatu efek visual yang menarik pada objek yang diinginkan.

Sebenarnya teknologi Projection Mapping sendiri telah lama digunakan oleh banyak pelaku usaha pertunjukan yang mana acapkali digabungkan dengan kesenian tari-tarian ataupun pertunjukan sulap yang akan memperlihatkan penampilan yang spektakuler.

Namun karena berkembangnya teknologi masa kini, konsep dari teknologi Projection Mapping tersebut menjadi lebih canggih, karena membuat siapapun yang menyaksikan akan dapat berinteraksi secara langsung dengan teknologi Projection Mapping yang diadakan. Ini disebut dengan Interactive Projection Mapping.

Projection mapping sendiri memiliki banyak nama alternatif, termasuk dalam istilah akademis seringkali disebut dengan “Spatial Augmented Reality” dan “Video Mapping.”

Nah, teknologi Projection Mapping sendiri dapat diaplikasikan untuk berbagai keperluan bisnis, mulai dari iklan/Advertisement, Event, Live Concert, Teater, Gim, Komputasi, Dekorasi, dan banyak lagi.

Salah satu contoh penggunaan Projection Mapping untuk event adalah seperti yang pernah MonsterAR lakukan untuk proyek  CNI.

Baca Juga: Apa Itu NFT yang Bikin Ghozali Mendadak Jadi Sultan?

Hal itu dilakukan dengan cara memproyeksikan suatu cahaya ke dalam proyektor yang ditembakkan ke backstage yang gelap ataupun objek tertentu yang tidak rata, sehingga video yang menjelaskan tentang company profile CNI begitu jelas dan menarik disimak.

Seperti telah dijelaskan di atas, jika penggunaan Projection Mapping dapat digunakan bukan hanya sebagai media promosi suatu produk komersial saja, tetapi juga dapat dipergunakan untuk mensupport suatu live performance yang mana seringkali dilakukan oleh suatu Event Organizer.

Seperti telah diulas di atas, teknologi Projection Mapping tidak hanya dapat digunakan di permukaan yang rata saja atau seukuran backstage saja. Teknologi Projection Mapping juga dapat diterapkan pada permukaan bangunan bertingkat dengan lebar dan tinggi puluhan meter. Tidak percaya? Anda dapat melihat penggunaan teknolog Projection Mapping produk coca cola zero berikut ini!

Dengan memanfaatkan Projection Mapping untuk Live Performance, tentu hasilnya akan menjadi jauh lebih menarik dan bagus. Namun untuk membuat suatu Live Performance yang didukung penuh dengan teknologi Projection Mapping memang tidak mudah untuk melakukannya. Dibutuhkan latihan yang serius dalam menyesuaikan timing dengan video, dan penyesuaian posisi juga harus pas dengan ritme video, sehingga hasilnya akan spektakuler.

Mungkin video di atas dapat juga disebut sebagai Projection Mapping untuk iklan/ads, yang menarik perhatian. Cara bagaimana coca cola mempromosikan produknya tersebut tentu dapat ditiru oleh produk-produk lainnya. 

Tidak hanya sampai disitu saja, dengan usaha lebih lagi dalam pembuatan videonya, ditambah lagi perpaduan antara penggunaan teknologi Projection Mapping  dengan 3D modelling tentu akan menghasilkan suatu hasil mapping yang luar biasa spektakuler.

Bagaimana, apakah Anda sudah siap untuk menggunakan teknologi Projection Mapping untuk keperluan promosi produk Anda ataukah untuk keperluan lainnya? Segera hubungi MonsterAR untuk mewujudkannya sekarang juga!

MonsterAR selaku perusahaan AR dan VR ternama di Indonesia, juga mempunyai beragam produk serta layanan AR dan VR yang dapat mensukseskan semua kebutuhan promosi ataupun keperluan perusahan lainnya.

Tak hanya itu saja, MonsterAR juga mengembangkan berbagai macam aplikasi dan juga software yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan semua bidang industri yang ada. Mau tahu lebih banyak tentang AR dan VR? Hubungi kami di sini ya!

Virtual Reality Tingkatkan Produktifitas, Kecepatan Kerja dan Omzet Bisnis Anda

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?