MonsterAR, melalui PT Monster Digital Teknologi, telah menandatangani perjanjian kerjasama dengan PT Carindo Rekreasi Indonesia selaku salah satu pengelola kawasan wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur.

Rono Harsodjo selaku direktur utama PT Carindo Rekreasi Indonesia dan Amril Nurman selaku direktur utama PT Monster Digital Teknologi menyepakati perjanjian tersebut pada 4 Oktober 2023.

Dalam kurun waktu satu tahun ke depan, kedua belah pihak akan memulai fase baru untuk memperkaya pengalaman pengunjung di Teater Tanah Airku dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Sejumlah inovasi serta program yang menarik akan diimplementasikan dengan tujuan menjadikan TMII tidak hanya sebagai tempat wisata yang indah secara fisik, melainkan juga sebagai destinasi yang menawarkan pengalaman teknologi terkini serta beragam program menarik.

Sejak pertama kali melayani pengunjung pada tanggal 20 April 1975, TMII telah menjadi destinasi wisata pilihan bagi keluarga dari berbagai penjuru Indonesia. TMII menawarkan beragam hiburan dan rekreasi yang mencakup aspek budaya, sejarah, dan pendidikan. Tiga objek wisata yang paling diminati adalah Teater Tanah Airku, Anjungan Daerah, dan Museum.

Ketiga obyek tersebut akan dikembangkan dengan peningkatan dukungan fasilitas teknologi tinggi dan layanan digital. Ini akan meningkatkan pengalaman pengunjung, khususnya generasi muda, dan membuat TMII lebih menarik bagi mereka. Mereka yang akrab dengan teknologi akan merasakan kesegaran dalam TMII yang mengakomodir gaya hidup sehari-hari mereka yang sangat terhubung dengan teknologi.

Aktivasi Teater Tanah Airku, Museum, dan Anjungan Daerah

Teknologi MonsterAR akan memberikan sentuhan segar dalam pengelolaan serta pengembangan fasilitas di Teater Tanah Airku, Museum, dan Anjungan Daerah di TMII. Dengan adanya teknologi ini, promosi TMII juga akan menjadi lebih efisien dalam menarik perhatian sejumlah besar pengunjung, terutama generasi Z dan Alpha. Segala kegiatan di sini akan menjadi lebih dinamis dan terintegrasi dengan teknologi, menciptakan pengalaman yang berbeda dan lebih menarik.

Baca juga: Manfaat Teknologi Augmented Reality yang Menguntungkan bagi Bisnis

Di Teater Tanah Airku, MonsterAR akan menghadirkan semangat baru ke dalam gedung pertunjukan multi-fungsi ini dengan inovasi teknologi tinggi. Gedung ini sendiri merupakan gedung pertunjukan nasional pertama yang mengadopsi teknologi multimedia tingkat global. Terdiri dari tiga lantai, bangunan ini memiliki area utama berupa auditorium yang sebelumnya telah menjadi lokasi bagi pertunjukan-pertunjukan terkenal seperti Akademi Fantasi Indonesia dan Opera Ciung Wanara.

tmii

Adapun untuk Anjungan Daerah, aktivitas pada obyek ini berharap bisa menyajikan program yang lebih variatif agar durasi kunjungan lebih lama. Selama ini, Anjungan Daerah memang merupakan lokasi belajar budaya yang tepat tentang 33 provinsi di Indonesia melalui rumah adat masing-masing, seperti Rumah Betang dari Kalimantan Tengah dan Rumah Adat Limas dari Riau. Umumnya, pengunjung berswafoto untuk mengabadikan momen untuk menciptakan efek viral mini di kalangan masing-masing. Jenis acara lain yang umum dilakukan adalah berkumpulnya komunitas berbasis budaya, seperti tari tradisional, pada beberapa anjungan tertentu.

Di dalam kompleks TMII, terdapat 18 museum yang menjadi wahana pengetahuan tentang sejarah, teknologi, budaya, sosial, fauna, serta peradaban Indonesia. Beberapa contoh museum yang menghiasi TMII termasuk Museum Keprajuritan, Museum Hakka, Museum Listrik, hingga Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptil. Namun, sayangnya, pengalaman di museum selama ini kerap diidentikkan dengan kesan kuno dan kurang memikat.

Dengan mengadopsi teknologi interaktif, diharapkan dapat mengubah persepsi ini. Teknologi yang diterapkan di museum-museum ini bertujuan untuk mengundang generasi muda agar lebih tertarik dan merasa lebih dekat dengan warisan negeri sendiri melalui pengalaman museum yang segar dan memikat.

Program Gerakan Digitalisasi Museum dari MonsterAR untuk seluruh museum di Indonesia
| 1. Free Konsultasi | 2. Free Konsep Design | 3. Free Estimasi Biaya (RAB) |

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?