Bukan sekadar seru-seruan, teknologi Virtual Reality (VR) layak menjadi bagian pemasaran digital brand Anda apapun jenis usaha saat ini. Manfaat Virtual Reality semakin fleksibel mengikuti kebutuhan bisnis saat tertentu ditambah popularitas software dan headser VR di masyarakat.

Di luar negeri, VR semakin dikembangkan oleh brand teknologi kelas kakap, seperti Microsoft, Sony, dan Intel. Perkembangan VR terus digarap sejak kemunculannya pada 1960an. Publik, baik di seluruh dunia dan di Indonesia, terus menanti kemunculan inovasi baru. Meski dunia media sosial terus berkembang, manfaat VR menawarkan banyak hal yang berbeda dari media sosial dan strategi pemasaran digital yang umum ditempuh oleh brand saat ini.

Pengertian Teknologi VR

Teknologi VR berarti teknologi yang membawa penggunanya ke dunia virtual yang berbeda dengan kondisi asli melalui inovasi berupa digital hardware dan software komputer. Pengalaman ini berupa simulasi tingkat tinggi yang bisa diakses menggunakan headset dan kacamata khusus beserta handheld dan wearable untuk menghadirkan sensasi yang berkenaan dengan sentuhan.

Isi dari setiap VR tentunya berbeda-beda tergantung kebutuhan. Untuk komersial, brand bisa membuat konten menarik yang melibatkan game seru untuk meningkatkan rasa penasaran penggunanya. VR adalah bagian dari pemberian pengalaman imersif untuk mendekatkan brand dengan target konsumen dimana mereka akan mengingat brand dalam jangka waktu lama.

Keuntungan Memilih VR bagi Bisnis Anda

Keterlibatan dan inspirasi menjadi dua alasan utama mengapa brand besar membuat pengalaman pemasaran berbasis VR. Dari keunggulan teknologi VR sendiri, perusahaan Anda akan menjadi salah satu yang terdepan dalam teknologi dan memperoleh perhatian audiens. Berikut manfaat lebih lanjut:

1. Merevolusioner konsep “coba sebelum beli”

Terdapat beragam contoh Virtual Reality yang kini banyak dipilih brand untuk membuat konsep “coba sebelum beli” menjadi lebih menarik. Bisa juga teknologi VR dipakai untuk mengubah strategi “coba sebelum terbang” atau “lihat sebelum pesan” menjadi lebih unik. Misalnya, produsen mobil Volvo pernah menawarkan calon pembeli untuk melakukan tes kemudi memakai VR di HP mereka. Ini dilakukan untuk menarik calon pembeli sekaligus membantu mereka memutuskan pilihan pembelian atau tidak. Lacoste juga pernah membuat aplikasi mobile Augmented Reality sehingga pembeli bisa menjajal sepatu secara virtual.

2. Memperkenalkan produk yang sudah terkenal ke audiens baru

Brand Anda bisa menggandeng vendor Virtual Reality untuk menghadirkan konten VR/AR berkualitas agar presentasi produk setingkat lebih tinggi. Selain lebih keren, cara ini akan membuat pengalaman belanja yang interaktif. Konsumen akan menikmati konten dengan cara yang lebih imersif sehingga menciptakan kedekatan emosional dengan mereka.

Lalu, bagaimana mempresentasikan produk Anda dengan cara baru? Anda bisa menyimak Patron, sebuah perusahaan tequila, yang telah membuat proyek pemasaran baru dimana brand ini mencampurkan taktik live-action dengan grafik komputer. Strategi ini menghadirkan perjalanan 360 derajat yang menggambarkan siklus hidup produknya mulai dari ladang hingga ke bar. Cara ini bagus agar brand Anda bisa menjelaskan secara lengkap proses pembuatan produk ke audiens melalui teknik yang menghibur dan informatif.

3. Prototipe dan desain

Dua puluh tahun yang lalu, mengembangkan produk mulai dari konsep hingga peluncurannya sangatlah mahal, memakan banyak waktu dan mengandung risiko. Kemajuan teknologi telah mengubahnya sehingga fokus kini berada pada pengulangan perkembangan yang cepat. Saat ini, kita mempunyai kemampuan besar untuk melakukan prototipe dan pengujian jauh lebih cepat dan lebih murah dari sebelumnya.

Baca juga: 11 Manfaat Virtual Reality Branding di Berbagai Industri dan Contohnya

Prototipe merupakan alat terbaik agar Anda tidak membuang-buang waktu. Dengan kata lain, prototipe menyediakan serangkaian pendekatan dan alat khusus untuk mendalami ide, dan lebih jauh lagi, mengetesnya agar tidak terjadi pemborosan sumber daya. Daripada menghabiskan waktu dan uang tanpa ada jaminan 100% berhasil, prototipe menawarkan model eksperimen untuk menguji ide Anda. Sebagai bentuk riset, prototipe menggunakan VR memungkinkan eksplorasi masalah dalam antarmuka dan layanan untuk membentuk kesempurnaan.

4. Membuka inovasi perawatan dalam bidang kesehatan

Manfaat Virtual Reality berikutnya tampak pada sektor kesehatan. Ada banyak sekali faedahnya, seperti sistem navigasi operasi berbasis AR. Cara ini dirancang untuk memberikan “visi sinar X” selama proses operasi tulang belakang yang rumit.

VR di bidang medis bisa membantu mengatasi fobia atau kecemasan. Fungsinya bisa untuk memberi solusi skenario kehidupan nyata yang bisa menyebabkan ketakutan. Sebagai contoh, berjalan secara virtual di jembatan yang tinggi dengan pendampingan tertentu untuk mengatasi fobia ketinggian. Mengubah ruangan operasi dan model organ dan anatomi manusia menjadi versi virtual merupakan platform luar biasa untuk menjadi model pembelajaran imersif bagi mahasiswa kedokteran. Menurunkan risiko dan meningkatkan produktivitas menjadi dua faedah utama VR dalam bidang kesehatan.

5. Memberikan pengalaman hiburan dan gaming yang tiada duanya

Teknologi VR dan AR terlebih dahulu dipakai dalam sektor hiburan dan gaming. Pengalaman unik sulit terwujud tanpa keduanya. Pengguna bisa melebur ke lingkungan hiburan VR 3D dan berinteraksi satu sama lainnya selama permainan dengan memakai VR dan AR. Aspek sosial gaming tidak ditinggalkan. Bahkan, elemen ini menjadi bagian dari keseluruhan platform game dimana orang bisa saling bercakap di ruangan yang sudah disediakan. Hiburan VR mencakup galeri virtual, teater, bioskop, theme park, dan museum. Bahkan, kini dimungkinkan orang menyentuh pameran museum memakai alat VR. Patung terkenal, seperti Kepala Nefertiti atau David oleh Michelangelo, sudah dibuat replikasinya di ruang virtual.

6. Memfasiltasi tur wisata virtual

Melihat popularitas layanan seperti Google Street View seperti sekarang, bukan hal mustahil jika suatu hari nanti visualisasi perjalanan berikutnya akan banyak dicari. VR dalam industri pariwisata mempunyai banyak sekali vektor penggunaan. Travelling pada dasarnya tentang kesan. Jadi, menawarkan peluang penjelajahan secara virtual sebelum travelling ke tempat indah akan menjadi proyek yang keren. Website perusahaan pariwisata Anda akan membuat pengunjung bisa melakukan tur pribadi ke obyek wisata kesukaan. Proyek virtual tour sendiri sudah dikembangkan, misalnya dengan berjalan-jalan ke lokasi yang diinginkan, bahkan mendengarkan suaranya, menaiki kapal, hingga mendaki gunung. Semua hal tersebut menjadi nyata.

7. Meningkatkan pengalaman konsumen bidang ritel

Teknologi VR dan AR merupakan pengubah industri ritel, baik secara daring dan luring. Keduanya sanggup menciptakan pengalaman lebih mendalam yang bisa mensimulasi toko ritel fisik dalam ritel daring. Seiring dengan desain toko yang lebih cerdas, VR dalam ritel daring bisa memberikan dampak terukur. Navigasi AR dalam toko memberikan cara baru menjelajahi toko. Aplikasi mobile ini menyediakan rute berbasis AR sehingga konsumen bisa lebih cepat menemukan lokasi barang yang ingin dibeli.

8. Menyediakan simulasi pendidikan dan pelatihan

Simulasi lingkungan nyata merupakan salah satu manfaat Virtual Reality yang paling penting dalam bidang pendidikan dan pelatihan. Bayangkan saja kelas Sejarah dengan rentetan waktu penting yang dibuat model animasi lalu peristiwa yang dibuat visualnya atau pelajaran Geografi dengan perjalanan melintasi benua. Menarik bukan? Lenovo VR menawarkan ruangan kelas berbasis VR dengan lebih dari 700 perjalanan virtual dari Google Expeditions. Teknologi VR dan AR mentransformasi informasi lama menjadi pengetahuan yang lebih interaktif dan lebih mudah diingat. Ini akan membekali murid dengan rasa keingintahuan dan motivasi untuk belajar lebih.

Sedangkan pada bidang pelatihan, memakai simulasi pelatihan berbasis VR akan menurunkan risiko kecelakaan tanpa mengurangi esensi belajar itu sendiri. Teknik ini merupakan lingkungan virtual yang terlindungi secara optimal dimana pembelajar tetap bisa menikmati hasil tindakan mereka tanpa menghadapi risiko cedera atau kegagalan yang fatal.

9. Menghemat waktu dan biaya di industri otomotif

VR merupakan hal wajib untuk industri otomatisasi dan pengembangan bantuan dari jarak jauh. VR memberikan peluang digital agar bisa mengawasi dari jarak jauh, memberikan instruksi saat itu juga, memanipulasi obyek, dan memungkinkan perusahaan melakukan otomatisasi lini produksi atau memecahkan masalah saat itu juga. Software semacam itu bisa diberdayakan untuk banyak pengguna sehingga bisa meningkatkan kemampuan karyawan bekerja bersamaan meski dari jarak jauh.

10. Membuat model bangunan

Manfaat Virtual Reality dirasakan pada sektor arsitektur. Teknologi ini bisa menciptakan pengalaman imersif dalam bidang real estate dan rancangan arsitektur menjadi lebih maju dan berkualitas. Tata letak gedung dan cetak biru bisa tidak menyampaikan ide sebagaimana yang bisa dilakukan oleh VR dalam hal visualisasi arsitektur.

Agen real estate tahu cara terbaik meyakinkan calon konsumen membeli unit apartemen atau hunian dengan menunjukkannya dari depan pintu hingga loteng. Itulah alasan di balik banyaknya agen yang mengadakan tur rumah secara virtual. Calon konsumen bisa memasuki rumah secara virtual dan melihat-lihat isinya dalam 360 derajat.

Baca juga: Prospek Virtual Tour Indonesia Setelah Badai Pandemi Berangsur Surut

Pemakaian VR/AR lainnya bisa dilakukan untuk meningkatkan rancangan interior dan pemandangan suatu bangunan. Dengan menambahkan lebih banyak aspek terhadap visualisasi arsitektur VR maka aplikasi desain eksterior akan menjadi lebih menarik. Contohnya adalah VR Gardens App yang membuat penggunanya bisa merancang dan membeli ruang di luar ruangan melalui alat desain digital.

11. Menambah keseruan fans olahraga

Suka dengan Cristiano Ronaldo? Banyaknya penggemar pesepakbola Portugal ini telah menginspirasi Juventus F.C membuat aplikasi dengan menggandeng Samsung sehingga penggunanya bisa berdiri seolah-olah bersama dengan Ronaldo saat berlatih. Pengalaman lainnya, fans bisa merayakan kemenangan di ruang ganti, atau menonton momen terciptanya gol sedekat di lapangan aslinya. Tentu saja, di sini, VR lebih berperan menciptakan keseruan yang lebih dekat dan lebih gila lagi. Bukan hanya di sepakbola, teknologi VR juga bisa membuat penggunanya menjajal pendakian melalui simulator VR.

Menggali Manfaat Virtual Reality bersama MonsterAR

Sebagai salah satu penyedia Virtual Reality Jakarta, MonsterAR sudah mempunyai pengalaman luas memudahkan klien kami mencapai tujuan komersial berbagai bidang. Kami mempunyai tim yang lengkap dari segi penguasaan VR dan AR, 3D, hingga game engineer untuk menggarap dari sisi teknis dan kreativitas. Sedangkan dari segi bisnis, tim kami juga dilengkapi staf handal yang kompeten sehingga VR yang Anda butuhkan akan memenuhi tujuan bisnis yang dicanangkan. Jadi, tunggu apalagi? Hubungi kami sekarang juga!

AR/VR Tingkatkan Produktifitas, Kecepatan Kerja dan Omzet Bisnis Anda

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !​

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?