Salah satu bagian paling menarik dari pengembangan game dengan Unity atau Unreal Engine adalah kemampuannya untuk langsung berpindah ke headset VR dan melihat kreasi 3D dalam skala besar. Dan belum lama ini Blender, software 3D modeling dan animasi open source mengumumkan melalui pembaruan pengembang bahwa mereka akan memperkenalkan dukungan terbatas untuk headset VR yang kompatibel dengan OpenXR. Fitur 3D modeling VR tersedia akhir bulan depan, dalam versi 2.83 yang memungkinkan pengguna untuk memeriksa scene 3D mereka dalam skala waktu nyata menggunakan headset VR PC seperti Oculus Rift / Rift S, HTC Vive, atau Windows Mixed Reality.

Dengan penambahan baru ini, pengguna akan dapat melangkah memasuki scene 3D untuk melihatnya dari dekat dan dalam skala waktu nyata, dengan fitur baru yang akan ditambahkan di versi selanjutnya lagi. Dukungan VR sedang ditambahkan melalui OpenXR API, yang akan memungkinkan perangkat lunak untuk berinteraksi dengan headset yang mendukung OpenXR (yang memiliki dukungan luas di industri VR, meskipun masih dalam proses awal peluncuran ke masing-masing headset).

Awalnya, dukungan 3d modeling VR Blender hanya akan memungkinkan untuk inspeksi adegan, yang berarti pengguna dapat melihat kreasi mereka dari dekat dan pada skala waktu nyata. Bagi mereka yang menggunakan Blender untuk membuat aset dan animasi untuk digunakan dalam game VR, dapat melihat kreasi mereka melalui headset sebelum diimpor ke game engine seperti Unity dan Unreal Engine, dimana ini dapat membantu mengefisienkan waktu dalam proses produksi.

Baca juga: 15 Game VR Edukasi Terbaik, Pendorong Kemajuan Teknologi di Dunia Pendidikan

Lebih banyak fitur VR diperkirakan akan ditambahkan di masa mendatang. Karena Blender adalah perangkat lunak yang sangat kompleks, kecil kemungkinan bahwa set fitur lengkap akan berfungsi dalam VR, namun dapat dibayangkan bahwa pengguna juga dapat memindahkan objek mereka dalam scene melalui VR di masa mendatang, dan mungkin bahkan melakukan pemodelan dasar dan hal-hal seperti rigging dan ‘puppeteering’ untuk animasi.

Jauh sebelum dukungan VR Blender resmi yang akan datang ini, plugin pihak ketiga seperti Blender XR oleh MARUI telah memungkinkan untuk melihat dan berinteraksi dengan scene Blender dalam VR. Namun, dukungan resmi, terutama melalui OpenXR, tentunya akan membantu masa depan fitur dengan memastikan kompatibilitas dengan headset di masa mendatang.

Untuk bisa menggunakan VR, cukup buka pengaturan preferensi Anda dan aktifkan add-on bawaan. Anda kemudian akan mendapatkan akses untuk memilih tab VR yang terletak di sidebar tampilan 3D.

Virtual Reality berikan pengalaman brand yang personal dan mendalam bagi audiens Anda

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?