Virtual Reality untuk Bisnis

Intip 12 Keunggulan Virtual Reality untuk Bisnis Agar Laba Berlipat Ganda

Virtual Reality untuk bisnis sudah bukan lagi alat untuk melakukan gimmick. Pemanfaatannya tidak lagi terbatas untuk gaming dan hiburan melainkan membuka peluang usaha hingga mentransformasi bisnis yang sudah berjalan.

Inovasi bertemu kepraktisan dalam dunia Virtual Reality (VR). Berbagai solusi segar tercipta dengan kemahiran kita menggabungkan pemahaman tentang potensi bisnis dan teknologi. Mulai dari pelatihan dan pengembangan imersif hingga mendefinisikan kembali pengalaman konsumen hingga kolaborasi global, Virtual Reality dalam bisnis membuka potensi baru dan membentuk ulang industri.

Pengertian Virtual Reality

Bayangkan masuk ke dunia dimana satu-satunya batas adalah imajinasi Anda. Itulah yang dimaksud dengan Virtual Reality. Teknologi VR membawa Anda ke dunia digital tiga dimensi, jauh melampaui layar tradisional yang datar. Bukan hanya melihat dunia baru, VR adalah tentang menjadi bagian darinya. Dengan VR, Anda dapat menyentuh, mendengar, dan berinteraksi dengan dunia virtual penuh warna ini. Pengalaman imersif inilah yang membuat VR pengubah permainan dalam teknologi, menjadikannya lebih menonjol dari segalanya yang pernah kita ketahui sebelumnya.

Dunia Virtual Reality dalam Bisnis yang Menarik

Dunia bisnis begitu riuh dengan istilah “Virtual Reality”, dan hal ini bukan sekadar sensasi promosi! Virtual Reality untuk bisnis mentransformasi bagaimana kita bekerja, belajar, dan terhubung. Bukan perkara mengenakan headset melainkan memasuki dunia dengan potensi tiada batas. Mari membedah penggunaan VR di dunia bisnis seperti dijelaskan di bawah ini.

1. Pelatihan dan pengembangan diri

Dalam industri yang merentang dari perawatan kesehatan ke manufaktur, VR merupakan ruang bermain aman bagi profesional untuk mempertajam keahlian mereka. Bayangkan melakukan operasi rumit atau mengoperasikan mesin berat tanpa risiko. Itulah kekuatan VR dalam pelatihan – membuat kesalahan tanpa konsekuensi di dunia nyata.

2. Prototipe virtual

Mengapa membangun model fisik jika Anda bisa menciptakannya secara virtual? VR membuat pebisnis bisa memvisualisasikan produk atau ruang tanpa biaya tinggi seperti yang dikeluarkan untuk membuat prototipe sungguhan. VR lebih menghemat uangn, efisien, dan tentunya, keren!

3. Pemasaran dan keterlibatan konsumen

Penggunaan Virtual Reality untuk bisnis merevolusioner pemasaran. Bayangkan membenamkan klien Anda ke dalam pengalaman produk sebelum membelinya. VR menghdupkan produk, menciptakan iklan yang interaktif dan begitu membekas di ingatan sehingga mewakili konsumen.

4. Kolaborasi global

Virtual Reality untuk bisnis berarti tidak perlu lagi terkena jet lag. Rapat berbasis VR mengumpulkan seluruh anggota tim yang tersebar di seluruh dunia ke dalam satu ruang virtual, memangkas biaya perjalanan, sekaligus mempercepat kolaborasi seperti tidak pernah ada sebelumnya.

5. Visualisasi data

Sudah bukan lagi zamannya mengubek-ubek data rumit di spreadsheet seperti dulu. Dengan VR, pebisnis bisa memvisualisasi data dalam 3D untuk lebih memudahkan dalam melihat tren sehingga mengambil keputusan dengan dukungan data yang kuat.

6. Meningkatnya pengalaman konsumen

Mulai dari sektor ritel hingga pendidikan, Virtual Reality untuk bisnis meningkatkan bagaimana sektor jasa berjalan dan bagaimana pengalaman tercipta dengan konsumen. Metode ini menawarkan sekilas mengenai masa depan belanja dan pembelajaran ke konsumen.

Seiring dengan pandangan kita yang tertuju ke masa depan, penggunaan Virtual Reality untuk bisnis akan terus bertumbuh. Apakah untuk industri pelatihan, pemasaran, atau kolaborasi, VR bukan lagi sekadar tren teknologi; VR merupakan cara baru merasakan pengalaman bisnis dan melakukan bisnis. Potensinya begitu luas dan kini saatnya profesional menjelajahi dan merangkul dunia VR yang imersif.

Kondisi VR saat ini untuk bisnis

Sektor VR saat ini berkembang sangat pesat. Perhatikan data ini: pasar VR global, yang bernilai di bawah US$12 miliar pada 2022, saat ini berada di jalur tepat melampaui US$22 miliar pada 2025. Itu bukanlah sekadar tumbuh: itu artinya VR berevolusi!

Perkiraan tersebut ditambah dengan temuan Deloitte dimana pasar VR bisa tumbuh 50% yang artinya berpotensi meraup US$7 miliar secara global. Kenaikan tersebut memunculkan keriuhan di dunia korporat dengan sekitar 60% pegawai tertarik melihat VR headset di kantor mereka. Coba hitung kemungkinan lainnya!

Baca juga: Virtual Reality Jakarta dan Peluang Bisnisnya yang Menguntungkan

Setiap hari, penggunaan VR bagi dunia usaha mengambil lompatan ke depan. Dari sektor perawatan kesehatan hingga pendidikan, VR membuktikan menjadi kekuatan super. Di dunia medis, VR bukan sekadar teknologi; VR adalah penyembuh, meredakan sakit, mengatasi fobia, dan merevolusi terapi fisik. Dalam dunia pendidikan, VR menjadi pengubah permainan, mentransformasi pembelajaran tradisional menjadi pengalaman yang imersif dan interaktif.

Bisnis VR tidak semuanya diciptakan setara. Beberapa mempelopori VR secara utuh, menawarkan pengalaman imersif seluruhnya dalam dunia virtual sedangkan yang lain menguasai dasar penerapan VR. Keberagaman dalam pendekatan dan penerapan ini menunjukkan kedalaman dan keluwesan VR dalam dunia korporat.

Dunia VR untuk bisnis saat ini merupakan mosaik dari inovasi dan penjelajahan. Apakah untuk meningkatkan pengalaman konsumen, merevolusi metode pelatihan, atau menciptakan model bisnis baru, VR membentuk lagi lingkungan korporat satu piksel pada satu waktu tertentu.

Contoh industri yang menggunakan teknologi VR

Saat ini, penggunaan VR dalam dunia bisnis membentuk ulang bagaimana kita bekerja, belajar, dan berinteraksi dengan dunia paska pandemi COVID-19. Dengan normalnya berkegiatan dari jarak jauh, bisnis VR masuk untuk menawarkan solusi inovatif.

PENDIDIKAN: DIMENSI BARU DALAM PEMBELAJARAN

Dalam dunia pendidikan, VR juga mengubah permainan. Bayangkan murid masuk ke adegan bersejarah atau menjelajahi kosmos, kesemuanya dari ruang kelas mereka! Penggunaan VR di dunia bisnis untuk pelatihan juga revolusioner dengan mengizinkan staf merasakan pengalaman skenario dunia nyata secara aman. Pendekatan ini telah mengerek pasar pembelajaran VR global yang telah tumbuh secara signifikan hampir 38% pada 2022.

PERAWATAN KESEHATAN: SEMBUH DENGAN SENTUHAN VIRTUAL

Sektor perawatan kesehatan turut merasakan revolusi VR. Dari penanganan rasa sakit ke fobia dan PTSD, teknologi VR membuka pintu baru menuju ke kesehatan secara menyeluruh. Sebagai contoh, tenaga profesional sektor ini menggunakan VR untuk melakukan simulasi ruang operasi, meningkatkan kemampuan mereka dalam situasi yang bebas risiko. Perusahaan, seperti Osso VR, berada di garda terdepan dengan menawarkan praktek operasi virtual sekaligus interaksi virtual dengan piranti kesehatan.

GAMING: LOMPATAN KE DUNIA VIRTUAL

Industri gaming dan VR merupakan pasangan yang tercipta untuk memberikan pengalaman imersif ke gamers yang mengaburkan garis antara kenyataan dan dunia digital. Penerapan VR melampaui sekadar hiburan dengan membantu pelatihan profesional seperti simulasi penerbangan untuk pilot.

RITEL:  BELANJA VIRTUAL MENYENANGKAN

Sektor ritel tidak tertinggal jauh dari segi merangkul Virtual Reality untuk bisnis. Dengan mencoba produk secara virtual dan teknologi pemindaian badan, konsumen bisa menikmati pengalaman belanja yang berkelanjutan, mengurangi dampak lingkungan akibat fast fashion.

REAL ESTATE: TUR VIRTUAL MELALUI JARI

Dalam sektor real estate, VR merevolusioner cara melihat properti. Pembeli potensial dapat memilih tur virtual, menghemat waktu dan sumber daya bagi kedua belah pihak. Selain itu, VR membantu dalam merancang arsitektur dan perencanaan serta menyediakan model properti 3D hingga hal terkecil sekali pun.

OTOMOTIF: DESAIN DAN MESIN DALAM VIRTUAL REALITY

Industri otomotif mengoptimalkan VR guna mentransformasi desain kendaraan dan mesinnya. Nama besar, seperti Honda, BMW, dan Jaguar Land Rover memakai VR untuk mengulas desain dan membuat prototipe virtual yang secara signifikan mengurangi biaya serta membantu kolaborasi global.

Baca juga: Simulator VR, Solusi Pelatihan Aman Tanpa Risiko Kematian

Contoh tersebut hanyalah puncak dari gunung es di laut yang luas dalam contoh bisnis VR.

Contoh perusahaan yang menggunakan VR

  1. Bank of America memakai VR untuk melatih karyawan bagaimana menanggapi telepon dan membuka akun.
  2. Pelatihan militer menggunakan VR untuk mempersiapkan tentara menghadapi kondisi berisiko tinggi dan membuat stres.
  3. Fort Myers dan Departemen Polisi Sacramento memilih VR untuk mempelajari bagaimana berinteraksi dengan penjahat dengan masalah kejiwaan.
  4. NASA memilih VR untuk melakukan simulasi lingkungan di ruang angkasa guna melatih astronot mulai dari lepas landas hingga mendarat dan kondisi di antaranya.
  5. Walmart menerapkan VR untuk mempersiapkan karyawan sebelum berjualan dan memberikan layanan konsumen lebih baik.
  6. Rumah Sakit LA dan Uconn Health memakai teknologi ini untuk melakukan simulasi operasi dan bedah memakai robot. Teknologi ini juga bisa dipakai untuk mendiagnosa pasien dan menangani fobia melalui simulasi.
  7. Perusahaan, seperti Audi, Volkswagen,  dan BMW, menggunakan teknologi VR untuk melatih secara aman dan menghadirkan pengalaman toko yang imersif.

Apa keunggulan VR sejauh ini untuk bisnis?

Salah satu keuntungan paling menonjol adalah transformasi hebat dalam pelatihan dan pengembangan. Bayangkan staf mengasah kemahiran dalam dunia virtual dimana kesalahan tidak menimbulkan konsekuensi nyata. Lingkungan pelatihan yang aman dan imersif ini bukan hanya persoalan keahlian praktek tetapi menguasainya dengan percaya diri. Dari simulasi operasi hingga menangani mesin rumit, pelatihan VR menambah mutu pelatihan sembari meminimalisir risiko.

Membuat proyek VR bersama MonsterAR

Kami berada di posisi terdepan dalam pembuatan dan pengembangan teknologi VR. Kami menyediakan layanan lengkap, yang mencakup sisi teknologi, kreatif, dan tentunya bisnis. Temukan bagaimana brand Anda bisa melangkah lebih maju bersama VR dengan menghubungi tim sales kami sekarang juga.

Virtual Reality menjadikan pelatihan lebih hemat biaya, efisien, dan tanpa risiko cidera
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *