apa itu holoportation

Pembawa Pendidikan ke Level Lebih Tinggi, Apa Itu Holoportation?

Bayangkan murid atau rekan bisnis Anda yang berada di seberang benua namun tetap bisa bergabung saat rapat atau kuliah. Hal tersebut bukan lagi mimpi berkat inovasi bernama holoportation. Artikel ini akan membedah apa itu holoportation dan bagaimana ia bisa merevolusi dunia pendidikan.

Holoportation memungkinkan kehadiran murid atau mitra bisnis meski secara fisik terhalang lokasi. Saat ini memang sudah banyak yang memanfaatkan speakerphone dan layar pada laptop atau ponsel cerdas untuk terhubung dengan murid atau rekan bisnis. Tetapi, holoportation lebih canggih dari itu. Wajah mereka sepenuhnya utuh dalam format 3D sehingga terlihat jelas.

Bukan hanya satu atau dua orang, holoportation memfasilitasi untuk satu kelas. Jika Anda seorang dosen maka mengajar bertatap mata secara langsung meski berbeda negara bukan hanya khayalan seperti dalam fiksi ilmiah.

Apa itu holoportation?

Holoportation, yang juga disebut sebagai teknologi hologram, merupakan gabungan dari kata “hologram” dan “teleportation”. Singkatnya, holoportation memungkinkan penggunanya bisa melihat, mendengar, dan berinteraksi dengan peserta dari jarak jauh dalam format 3D. Rasanya seperti mereka sesungguhnya berada dalam satu ruang fisik yang sama.

Holoportation merupakan contoh inovasi teknologi digital yang berkembang sangat pesat paska pandemi COVID-19 pada 2020. Holoportation muncul seiring dengan meningkatnya permintaan kerja dari jarak jauh di seluruh dunia.

Menurut Microsoft, teknologi hologram merupakan tipe teknologi penangkapan 3D baru yang mengizinkan model manusia dalam format 3D bisa direkonstruksi kembali, dipadatkan, lalu ditransmisikan kemana saja di seluruh dunia saat itu juga.

Lalu, bagaimana cara kerjanya? Penggunanya harus berada di sebuah ruangan yang dilengkapi dengan teknologi penangkapan yang lalu merekonstruksi dan mentransmisikan pengguna tersebut menjadi model 3D. Cara ini membuat pengguna dapat melihat, mendengar, dan berbicara satu sama lainnya sehingga seolah-olah berada di ruangan yang sama dan berinteraksi seperti bertatap muka secara langsung. Inilah yang membuat holoportation selangkah lebih maju dari teknologi rapat daring seperti yang ada saat ini.

Banyak kamera 3D menangkap rekaman pengguna jarak jauh dari sudut berbeda lalu visual ini dipadukan untuk menciptakan model mereka yang sesuai. Bahkan jika rapat holoportation tidak sanggup mengalahkan rapat secara langsung, rasanya sedekat yang bisa kita rasakan tanpa harus berada di satu ruang yang sama. Ini sudah menjadi suatu terobosan, terutama saat sekarang, dimana mayoritas dari kita bekerja dari jarak jauh.

Bagaimana teknologi hologram digunakan?

Holoportation dapat menjadi game-changer atau pembeda sesungguhnya dalam telekomunikasi. Inovasi ini membawakan rasa yang dialami saat bertemu secara langsung dengan seseorang melalui teknologi. Manfaat ini tidak diragukan lagi meningkatkan kontribusi teknologi dalam konferensi video dan chatting yang ada saat ini.

Selain fungsi di atas, holoportation menawarkan kegunaan lainnya. Sebagai contoh, dalam arsitektur, holoportation dapat dipakai untuk menunjukkan model 3D ke klien secara real-time. Hal ini akan menambah efisiensi dan kepuasan baik kepada arsitek dan kliennya. Lalu bayangkan jika perancang busana sanggup menampilkan model asli mengenakan rancangan terbaru ke calon peritel tanpa menanggung biaya untuk mengadakan peragaan busana! Satu pertimbangan penting lainnya adalah peluang unik untuk bisa nongkrong bersama orang kesayangan yang berada di benua lain. Teknologi hologram memungkinkan mereka yang terpisah secara jarak agar bisa terhubung dan bermain layaknya bertemu langsung.

Holoportation dalam pendidikan

Holoportation menyimpan banyak potensi untuk bidang pendidikan. Berbagai sekolah dapat berinteraksi satu sama lainnya, bahkan berbagi kelas, sedangkan murid, termasuk yang difabel, bisa menghadiri kelas tanpa perlu meninggalkan rumah. Mereka tidak perlu secara fisik menghadiri kelas untuk belajar. Pembelajaran dari jarak jauh dan bimbingan belajar akan terevolusioner sebab murid bisa berkolaborasi dengan teman mereka dari seluruh dunia dalam ruangan virtual secara real-time. Mereka juga sanggup menjelajahi sekolah lain dan mengikuti acara jalan-jalan sekolah ke lokasi tertentu tanpa perlu membayar biaya akomodasi dan transportasi.

Apa kekurangan teknologi hologram?

Tidak kalah penting dalam bahasan apa itu holoportation dan keunggulannya adalah kelemahan dari inovasi ini. Untuk saat ini, kendala terbesar dari inovasi ini adalah biayanya yang menghambat aksesibilitasnya ke publik secara luas. Teknologi ini masih membutuhkan perlengkapan mahal dan canggih. Akan tetapi, biaya besar ini sedang turun, berkat adanya aplikasi seperti Microsoft Mesh. Aplikasi ini merupakan proyek revolusioner dari Microsoft Research yang memungkinkan pengembang merancang aplikasi imersif tanpa pusing perihal masalah teknis. Pengguna akhir tidak membutuhkan perlengkapan rumit dan tidak perlu ada biaya terkait astronomis.

Apa itu Microsoft Mesh?

Microsoft Mesh merupakan infrastruktur inovatif yang membantu pengembang agar Mixed Reality atau Realita Campuran bekerja pada sebagian besar platform dan lebih ke dari satu orang. Dengan solusi Microsoft holoportation, Anda bisa berinteraksi dengan benda-benda digital dan orang lain pada saat bersamaan. Anda bisa menggunakan PC, mobile, tablet atau HoloLens, atau komputer lain yang mempunyai kamera di dalamnya agar bisa melihat apa yang ada di depan serta layar untuk membuat komputer melapiskan benda digital sehingga Anda bisa berinteraksi dengannya.

Baca juga: Video Mapping Projection, Media Branding Powerful dan Efisien

Anda bisa menggunakan teknologi hologram Microsoft Mesh dalam berbagai cara. Untuk saat ini, kemungkinan pengggunaan terpopuler adalah rapat holoportation. Teknik ini menawarkan banyak keunggulan dibandingkan aplikasi rapat VR yang ada sekarang. Misalnya, di aplikasi normal tersebut, Anda mungkin harus “memperbesar” layar untuk melihat obyek berbeda yang mungkin tampak cukup kecil di ponsel atau tablet. Sedangkan pada rapat yang sama, seseorang dengan mengenakan kacamata akan bisa melihat obyek tersebut seperti sedang berada di ruangan yang sama.

Mereka juga bisa melihat avatar orang lain dan berinteraksi dengan mereka. Terdapat kemungkinan teknologi ini membawa orang lain (atau beberapa orang) ke dalam rapat holoportation. Dari sudut pandang pengembang, Microsoft Mesh mempunyai kemampuan AI yang memungkinkan skenario daring melibatkan banyak sekali orang untuk Realita Campuran.

Holoportation di masa depan?

Berkat holoportation Microsoft dan teknologi hologram secara umum, publik dapat merasa mereka secara fisik berada di ruangan yang sama dengan orang lain sembari berbagi konten, bahkan meski terpisah jauh secara fisik. Mereka juga bisa melakukan holoport dari perangkat XR yang berbeda. Microsoft mengatakan dalam waktu tidak lama lagi terdapat kemungkinan untuk memproyeksikan hologram seperti kehidupan atas manusia asli ketimbang muncul sebagai avatar. Dengan kata lain, apa itu holoportation merupakan visi bagi masa depan.

Sebagaimana yang telah kita lihat, holoportation dapat memberikan terobosan dalam bidang pendidikan dan bisnis, dengan kontak mata, ekspresi wajah dan gerak-gerik yang kesemuanya terjadi seperti saat melakukan rapat tatap mata secara langsung. Berpartisipasi dalam kelas atau rapat bisnis tanpa meninggalkan rumah sembari mempertahankan rasa 100% terlibat akan membawa kita melintasi solusi sebagaimana yang kita tempuh ketika pandemi. Bahkan teknik tersebut dapat menghadirkan solusi lebih baik untuk masa depan terkait hal tersebut.

Pemakaian panggilan video dan pengiriman pesan instan masih menjadi bagian penting agar ekonomi tetap bertahan dalam dua tahun terakhir. Teknologi hologram hampir pasti akan menjadi tahap berikutnya yang membuat bisnis dapat dijalankan dari jarak jauh. Karyawan bisa menggandakan pengalaman pembelajaran per orang dan bekerjasama tanpa perlu mengeluarkan biaya perjalanan. Holoportation akan berharga pula untuk industri perawatan kesehatan dimana ia akan memungkinkan ahli beda di seluruh dunia berbagi keahlian dalam proses pembedahan. Cara ini akan menciptakan level potensi kolaborasi baru antara rumah sakit dan pusat kesehatan.

Kesimpulan

Dalam beberapa tahun mendatang, teknologi hologram dan aplikasinya akan sepenuhnya mentransformasi cara kita hidup sebagai makhluk sosial. Dari rumah kita, sekolah hingga rumah sakit, perpaduan dunia virtual dan fisik secara real-time akan membawa kita jauh lebih dekat ke sesama dibandingkan dari yang sebelumnya pernah ada. Selama masa sulit, seperti pandemi COVID-19 yang lalu, teknologi yang memungkinkan orang mempertahankan koneksi sejati manusia, tidak bisa dipandang sebelah mata. Penerapan Realita Campuran dan alat sejenis telah menjadi katalis bagi peluang masa depan yang tidak bisa dihitung jumlahnya. Layak ditunggu penerapan apalagi yang bisa diterapkan pada bisnis di masa depan, termasuk usaha Anda.

Hologram memiliki beragam manfaat yang dapat mempermudah kehidupan manusia

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *