Manfaat Teknologi AR

Implementasi Manfaat Teknologi AR untuk Bisnis Tahun Ini

Hampir tiga dekade Augmented Reality (AR) ditambahkan ke dalam glosarium teknologi. Berbagai manfaat teknologi AR hingga sekarang terus berkembang mengikuti kebutuhan pasar baik untuk skala bisnis dan individual.

Awalnya, AR diperkenalkan oleh Boeing sebagai alat internal untuk membantu dalam merancang. Tidak ada yang akan membayangkan bahwa AR akan sepopuler sekarang di kalangan masyarakat. Faktanya, tidak ada yang pernah bermimpi aplikasi AR akan sangat mudah didapatkan.

Kini, kita tahu AR begitu cepat menjadi bagian dari keseharian kita. Pengalaman imersif melalui AR telah begitu umum sehingga bukan lagi menjadi teknologi yang eksotik.

Tentu saja hal tersebut berita bagus untuk dunia bisnis. Hal ini terutama ketika mereka ingin terhubung dengan konsumen secara virtual dan tidak sanggup berinteraksi secara perorangan.

Lalu, pertanyaan yang paling cepat muncul di benak Anda: apakah berinvestasi pada pengembangan aplikasi AR benar-benar sepadan? Apa manfaat teknologi AR yang akan menjamin investasi tersebut sepadan dengan waktu, uang, dan sumber yang dikerahkan untuk membuatnya? Jika saat ini Anda sedang mencari jawaban atas pertanyaan tersebut, artikel ini tidak boleh dilewatkan.

Enam Manfaat Teknologi AR yang Strategis

Setidaknya terdapat enam keuntungan memakai teknologi AR yang tidak terbantahkan. Keunggulan tersebut jelas dan mendatangkan hasil yang telah mulai mengoptimalkan AR untuk beragam kebutuhan.

1. Menciptakan pengalaman konsumen yang unik

Manfaat teknologi AR terbesar adalah menciptakan pengalaman digital istimewa dengan mencampurkan yang terbaik dari dunia fisik dan dunia digital. Menariknya, pengalaman tersebut tidak membutuhkan hardware atau software khusus. Smartphone dan aplikasi mobile saat ini sudah banyak yang mendukung pengalaman berbasis AR. Perkembangan teranyar dari AR telah memungkinkan pengalaman imersif melalui browser web. Lalu, bagaimana pengalaman berbasis AR unik dibandingkan yang lain?

Pengalaman audio visual paling umum yang kita ketahui eksis dalam dunia nyata atau dalam versi digital. Akan tetapi, dua dunia tersebut menyatu melalui teknologi AR. Inovasi ini menempatkan komponen digital di atas aspek fisik lalu menciptakan efek fatamorgana.

Sebagai contoh, pengguna dapat mengarahkan smartphone mereka ke obyek wisata ketika mendekati sekitar lokasi tujuan. Saat melihat melalui layar, aplikasi AR meletakkan bagian kecil digital pada layar sehingga membuat pengguna dapat mengonsumsi informasi nyata dan digital secara bersamaan. Anda bisa mengecek contoh ini pada Pusat Wisatawan pada Apple Park. Pengunjung di sana bisa menjelajahi lokasi itu pada waktu kapan saja baik siang atau malam cukup dengan memanfaatkan iPad.

2. Mengurangi beban kognitif

Pernah mencoba memperbaiki mobil dengan mengacu pada manual? Jika belum pernah, cobalah lalu Anda akan cepat menyadari cara ini bukan ide yang bagus. Kami bukanlan anti manual dan dokumen pendukung namun seringkali tambahan itu tidak membantu pengguna amatir dalam mencerna cara memperbaiki sesuatu. Hal ini terutama berasa jika model baru tidak menyerupai mobil dan mesin sebelumnya.

Yang kami bahas di sini adalah beban informasi yang bersifat kognitif atau harus dihafal. Kognitif yang berlebihan terjadi ketika memori kerja Anda dibuat untuk memproses banyak sekali informasi padahal terdapat cara yang lebih nyaman untuk menanganinya.

Saat Anda tidak sanggup menangani informasi semacam itu, Anda bisa frustrasi sehingga menghalangi dalam membuat keputusan. Inilah yang menjadi alasan khusus mengapa pengguna amatir berjibaku dalam memperbaiki sesuatu dengan mengandalkan dokumen pendukung yang panjang dan terperinci.

Bisakah AR mengatasi hal ini? Tentu saja bisa sebab AR menyajikan informasi dalam potongan kecil digital yang terangkum secara rapi. Metode ini menghindarkan pengguna dari kewajiban memproses begitu banyak informasi sebelum sampai pada suatu kesimpulan.

Apakah berupa identifikasi komponen berdasarkan ukuran atau melihat popularitas restoran menurut peringkat, AR dapat membantu pengguna mengambil keputusan cepat tanpa terbebani oleh informatif kognitif. Cara ini mungkin terlalu jauh ke depan tetapi sudah ada beberapa brand yang menerapkan aplikasi mobile berbasis AR yang membantu pengguna lebih produktif dalam waktu lebih singkat.

3. Meningkatkan keterlibatan pengguna

Saat pertama kali populer, AR lebih identik dengan teknologi bagi gaming dan hiburan. Akan tetapi, perkembangan waktu membuat teknologi ini bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lain untuk mendatangkan manfaat komersial. Salah satu contohnya adalah meningkatkan keterlibatan pengguna.

Pada 2021 dan setelahnya, jika ada satu prioritas yang menduduki peringkat teratas mayoritas pemimpin bisnis, jawabannya adalah meningkatkan keterlibatan pengguna.

Keterlibatan pengguna bekerja seperti pintu gerbang terhadap manfaat lainnya. Mulai dari pengeluaran yang lebih hingga kesetiaan pada brand, keterlibatan pengguna dapat menghasilkan manfaat bagi bisnis yang sedang bertumbuh atau yang sudah mapan.

Baca juga: Pengertian Augmented Reality secara Singkat dan Lengkap

Tantangannya kemudian adalah menyajikan bahan tepat untuk waktu yang sesuai sehingga dapat mengajak pengguna terlibat. Beberapa tahun yang lalu, beberapa brand mayoritas sanggup melibatkan pengguna melalui media cetak berkat basis penggunanya yang besar.

Akan tetapi, pada 2020, 83,1 juta konsumen di Amerika Serikat diprediksi telah memakai AR setiap bulannya, demikian tulis threekit.com. Label produk yang bisa dipindai, iklan interaktif, katalog, dan penanda dalam toko merupakan contoh implementasi teknologi AR untuk meningkatkan keterlibatan pengguna.

Sifat teknologi yang bersifat baru sekaligus kemampuannya memberikan informasi dengan cepat dan mudah dicerna membuat AR teknologi menarik bagi penggunanya.

Contohnya adalah perhentian bus Pepsi di London, Inggris, yang menarik lebih banyak mata dan perhatian manusia dibandingkan iklan cetak dan TV apa pun.

Iklan Pepsi tersebut memanfaatkan teknologi AR. Bahkan bisa jadi iklan itu menjadi kampanye tunggal terbaik yang memajang manfaat teknologi AR dalam bidang Periklanan.

4. Perbedaan kompetitif

Di pasar dimana seluruh kompetitor menawarkan produk homogen dengan harga mirip, brand perlu untuk menjadi yang beda. Untuk waktu yang lama, brand memanfaatkan model iklan tradisional dan ide kreatif di dalamnya untuk membuat brand lebih unggul dari pesaing.

Teknologi AR akan membantu brand berjalan lebih jauh dengan kampanye kreatif untuk menempatkannya lebih istimewa di pasar yang begitu riuh. Ambil contoh Nike. Pasar pakaian olahraga merupakan salah satu yang paling ramai dan penuh persaingan.

Meski Nike telah eksis cukup lama, brand ini tetap membutuhkan upaya ekstra untuk mempertahankan posisinya di pasar serta terus menarik perhatian konsumen milenial. Kondisi tersebut terasa lebih ketika menghadapi persaingan setara dengan produk baru yang inovatif. Nike sukses memperkuat posisinya sebagai brand global dan pelopor dalam segi pemasaran dengan aplikasi AR miliknya.

Jika Anda baru-baru ini berbelanja sepatu, pastilah Anda merasakan sulitnya memperoleh ukuran sepatu yang cocok. Terkadang, ukuran brand tidak pas dengan ukuran badan Anda. Untuk mempermudah konsumen, Nike telah memperkenalkan alat AR. Dengannya, kamera smartphone Anda dapat memindai kaki lalu menampilkan produk yang pas nantinya. Jadi tidak ada cerita Anda salah membeli produk karena kekecilan atau kebesaran.

Selain itu, aplikasi ini turut memberikan trivia lain, seperti sepatu itu sendiri, data, dan lainnya sehingga berbelanja menjadi seru daripada menjadi suatu pekerjaan sehari-hari. Tenang saja, tidak ada batasan dalam hal menciptakan kampanye pembeda memakai AR.

5. Pelatihan imersif

Organisasi menghabiskan banyak biaya untuk pelatihan karyawan dan meningkatkan produktivitas. Namun demikian, pelatihan praktis tidak selalu layak diterapkan. Sebagai contoh, dalam industri manufaktur, pelatihan membutuhkan banyak perlengkapan dan anggaran besar.

Terlepas dari skala dimana Anda bisa merancang modul pelatihan, proses evaluasinya juga menantang. Teknologi AR membantu dalam menciptakan modul pelatihan imersif tanpa membutuhkan perlengkap dan anggaran besar.

Alat berbasis AR menolong karyawan memvisualisasikan dan mensimulasikan skenario berbeda untuk kebutuhan pelatihan. Organisasi juga dapat menciptakan proses evaluasi interaktif berbasis AR guna mengukur efisiensi modul pelatihannya.

Menurut laporan industri pelatihan 2021, rerata perusahaan di AS mengeluarkan US$1071 per staf. Biaya pelatihan akan lebih tinggi jika perusahaan itu mempunyai ribuan karyawan. Teknologi AR bisa membantu Anda merumuskan modul pelatihan imersif sehingga memungkinkan adanya sistem evaluasi yang unik.

Meski demikian, penting untuk memahami biaya pengembangan aplikasi AR sebelum membuatnya. Pelatihan memang penting namun data menjadi signifikan artinya bagi perusahaan dalam menentukan apakah ingin mengevaluasi produktivitas karyawan atau efisiensi operasional. Di sinilah AR bisa membantu dalam membuat analisa data yang menarik.

6. Analisa secara real-time

Analisa data memberikan informasi yang bisa ditindaklanjuti oleh organisasi atau perusahaan. Informasi semacam ini berkontribusi terhadap pengambilan keputusan, memonitor operasi, hingga keamanan.

Diambil dari PRNewswire, 80 persen perusahaan telah melaporkan laba yang bertambah berkat adanya analisa data. Manfaat teknologi AR merambah ke analisa data dimana Anda bisa mengintegrasikan analisa secara real-time di lokasi bagi operator dan karyawan.

Metode tersebut membuat operator bisa mengamati performa sistem saat itu juga lalu melakukan penyesuaian agar efisiensi meningkat. Teknologi AR membuat representasi visual atas data dengan pengetahuan dalam sehingga organisasi dalam meningkatkan proses di lapangan.

Mengoptimalkan teknologi AR bersama MonsterAR

Dengan pengalaman lebih dari satu dekade, MonsterAR siap mendampingi perusahaan Anda dalam memanfaatkan teknologi AR untuk mencapai target bisnis dan organisasi dengan lebih cepat. Teknologi AR menawarkan fleksibilitas tinggi, mampu disesuaikan dengan berbagai jenis bisnis dan kebutuhan target spesifik pada waktu tertentu. Tim kami terdiri dari profesional yang berpengalaman dalam bidang bisnis, kreativitas, dan teknologi, memastikan solusi yang komprehensif dan terintegrasi.

Untuk informasi lebih lanjut dan konsultasi awal tanpa biaya, silakan hubungi tim pemasaran kami melalui situs web ini. Kami siap membantu Anda menjelajahi potensi AR untuk kesuksesan bisnis Anda.

Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *