Luar biasa! Kini hadir teknologi Microsoft Hololens, yakni sebuah teknologi yang menggabungkan antara Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR), sehingga menghasilkan Mixed Reality (MR) yang memberi pengalaman baru dalam dunia virtual dimana ia memiliki campuran konsep antara AR dengan VR. Siapapun yang menggunakan alat ini akan dapat langsung merasakan bagaimana interaksi dengan dunia maya dan dunia virtual.

Menurut Alex Kipman selaku pimpinan tim Microsoft yang mengolah Hololens mengatakan bahwa Windows Holographic bukanlah tentang bagaimana membawa manusia ke dalam dunia virtual, tetapi memberikan lebih pengalaman luar biasa kepada manusia untuk merasakan dunia hologram.

Perlu diketahui jika Industri perangkat VR semakin ramai saat ini, banyak perusahaan teknologi menciptakan perangkat tersebut seperti Samsung Gear VR, Google Card Board, HTC Vive VR, PS VR, serta perangkat VR lainnya. Moment tersebut dimanfaatkan oleh Microsoft untuk meluncurkan perangkat VR yakni Microsoft Hololens.

Baca juga :Virtual Tour Museum yang Tetap Populer Meski Pandemi Mulai Surut

Microsoft Hololens merupakan teknologi Headset AR yang berfungsi memproyeksikan image di sekitar pengguna. Dengan meletakkan alat ini di kepala, para pengguna dapat mengontrol image yang diproyeksikan. Fungsi dari Microsoft Hololens tersebut dilengkapi dengan berbagai sensor, Accelerometers dan Gyroscope. Tidak hanya itu saja, alat tersebut juga dilengkapi dengan empat Microphone serta menggunakan lima unit kamera. Dengan sekali charge saja, Microsoft Hololens dapat dipergunakan selama 2-3 jam seharinya.

Belajar dari kegagalan sebelumnya di Google Glass (walaupun Astro Teller yang merupakan Director Moonshots Google mengakui, bahwa Google Glass tidaklah gagal melainkan project tersebut hanyalah prototype dan sebagai sarana untuk mengumpulkan data dari para beta tester).

Terlihat sekali bahwa kali ini, Microsoft benar-benar sangat serius dalam project Hololens, dilihat dari kemewahan fitur-fitur yang disajikan. Microsoft Hololens tidak hanya dapat mengenali perintah gerak saja, melainkan gesture, suara, dan bahkan bisa mendeteksi tatapan pengguna karena dilengkapi dengan lensa high definition see through Holographic yang memungkinkan pengguna dapat membuat dan membentuk hologram dengan gerakan yang dibuat.

Microsoft HoloLens Studio

Salah satu fitur yang menarik dari Hololens adalah HoloStudio, dengan HoloStudio pengguna dapat menciptakan sendiri object 3D sesuai dengan yang di inginkan, object 3D tersebut nantinya dapat diletakkan di sekitar ruangan atau dimodifikasi sesuai keinginan. Pernah berkhayal bagaimana modifikasi ruangan di dunia virtual seperti dalam video gim “The Sims” bisa terintegrasi ke dalam ruangan ruangan kalian?

Kini teknologi microsoft hololens mewujudkan khayalan tersebut menjadi pengalaman nyata. Tak cukup sampai di situ, object 3D yang telah dibuat pun dapat di cetak dengan teknik 3D printing, jadi apabila kalian tak cukup puas dengan objek virtual dan ingin menjadikannya pengalaman nyata, Hololens siap untuk mewujudkan hal itu. Selain itu apabila ingin membuat satu set object 3D yang besar dan dirasa akan kesulitan apabila mengerjakannya sendirian, kita bisa membuatnya bersama-sama.

Hololens Video Games

Bagi para gamer yang merasa bahwa bermain Video Game merupakan jalan hidup, menyadari  jika dengan menggunakan Hololens, mereka akan dapat lebih merasakan pengalaman dan sensasi bermain gim yang lebih nyata dan dalam.

Apabila gim VR selama ini membutuhkan Head Mounted Display (HMD) untuk menampilkan video game dan alat tambahan yang dipegang/dipasang di tangan sebagai controller, serta AR gim yang mampu membawa dunia gim ke lingkungan nyata namun tak bisa memengaruhi lingkungan nyata dan masih memerlukan button atau alat bantu intuk berinteraksi.

Dengan Hololens, saat bermain gim VR, maka saat bermain gim, fitur senjata Hologram bisa muncul di tangan tanpa perlu tambahan alat apapun, dan dengan Hololens musuh bisa muncul dari balik dinding berikut dengan efek retakan yang mirip sekali dengan dunia nyata.

Teknologi microsoft hololens adalah titik awal dari terwujudnya teknologi Hologram seperti di film-film fiksi ilmiah. Berapa tahunkah waktu yang dibutuhkan bagi Hololens untuk bisa mewujudkan semua hayalan manusia menjadi nyata? Tentu hanya waktu yang bisa menjawabnya.

MonsterAR selaku perusahaan AR dan VR ternama di Indonesia, juga mempunyai beragam produk serta layanan AR dan VR yang dapat mensukseskan semua kebutuhan promosi ataupun keperluan perusahan lainnya. Tak hanya itu saja, MonsterAR juga mengembangkan berbagai macam aplikasi dan juga software yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan semua bidang industri yang ada. Mau tahu lebih banyak tentang AR dan VR? Hubungi kami di sini ya!

Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR/VR
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?