Virtual Reality Architecture ternyata menjadi suatu terobosan teknologi di bidang arsitektur dan interior desain. Teknologi ini telah membuat banyak desainer telah terbantukan dan memudahkan para customer di dalam melihat bagaimana sebuah ruangan ataupun bangunan interior diwujudkan dengan bantuan teknologi yang memanfaatkan perwujudan antara dunia maya dan realitas.

Munculnya aplikasi virtual reality architecture telah menjadi salah satu cerita besar dalam beberapa tahun terakhir. Memang ke depannya, VR akan menjadi bagian yang sangat penting di dalam kebutuhan manusia termasuk dalam strategi bisnis properti yang mana di dalamnya terdapat bidang lain yang terlibat yakni interior desain. Hal tersebut bukan hanya akan membantu para desainer mempresentasikan sebuah proyek, namun juga proses perancangannya.

Arsitektur sendiri memang bidang yang sangat krusial di dalam menopang kehidupan manusia. Bayangkan, jika tidak ada bidang ini dalam kehidupan manusia. Dipastikan manusia akan kebingungan di dalam mewujudkan suatu bangunan baik eksterior maupun interior. Sama halnya dengan dunia Virtual Reality yang mana di dalamnya terdapat beberapa aspek yang harus diperhatikan untuk dapat mengubah segala sesuatunya menjadi kenyataan.

Manfaat untuk merancang di dunia maya (baik untuk sang perancang ataupun klien), dan bagaimana manusia mengharapkan suatu industri tumbuh dan berkembang sebagai Virtual Reality (VR) dapat diterima dan diimplementasikan.

Baca juga: Strategi Marketing Properti Cerdas Melalui Penerapan Teknologi Digital

illustrasi (iStock)

Teknologi VR sendiri terdapat begitu banyak potensi bagi para arsitek dan juga para desainer. Dari awal membuat sebuah mock-up, hingga berkolaborasi membuat suatu proyek, hingga sentuhan akhir sebuah desain bangunan yang dapat berjalan dari luar, virtual reality memiliki banyak kapasitas untuk ke sananya.

Salah satu tantangan terbesar yang banyak dihadapi oleh para arsitek adalah bekerja dengan klien untuk meyakinkan mereka bahwa sebuah karya desain, sebelum dapat menerima umpan balik berharga dari para klien sehingga dapat diintegrasikan ke dalam desain yang telah selesai.

Tentu saja semakin besar proyeknya, semakin banyak orang yang berkepentingan dan mau tidak mau harus dilibatkan. Tidak mungkin akan ada satu pembuat keputusan tunggal. Sebaliknya, beberapa orang akan diminta masukan mereka pada berbagai aspek desain sebuah bangunan. Tentu dengan mendiskusikan terlebih dahulu sebuah keputusan suatu desain itu tentu saja sangat sulit, belum lagi memakan waktu dan juga tidak efisien.

Floor plan, rendering 3D, dan model sering digunakan untuk menyampaikan gagasan dalam ruang tertentu dalam suatu desain. Meskipun demikian, dengan pendekatan tersebut dapat saja gagal untuk mengomunikasikan gagasan dengan klien secara efektif.

Tentu dengan tingkat kesulitan tersebut, penggunaan VR akan sangat membantu. Dengan sentuhan masa kini, VR akan mengarahkan pengguna ke lingkungan 3D yang sepenuhnya interaktif, memberi mereka kesempatan untuk mengeksplorasi representasi virtual dari ruangan, lantai, ataupun desain bangunan tertentu secara keseluruhan.

MonsterAR selaku perusahaan AR dan VR ternama di Indonesia, juga mempunyai beragam produk serta layanan AR dan VR yang dapat mensukseskan semua kebutuhan promosi ataupun keperluan perusahan lainnya. Tak hanya itu saja, MonsterAR juga mengembangkan berbagai macam aplikasi dan juga software yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan semua bidang industri yang ada. Mau tahu lebih banyak tentang AR dan VR? Hubungi kami di sini ya!

Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR dan VR

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?