Nano teknologi adalah sebuah ilmu atau teknologi yang mempelajari mengenai objek yang ukurannya sangat kecil atau berukuran sepermiliar meter, yang kemudian dimanipulasi menghasilkan benda-benda baru dengan karakter khusus sesuai yang diinginkan. 

Bahkan telah hadir beberapa produk skincare atau kosmetik dengan menghadirkan nano technology di dalamnya. Memang, teknologi nano tersebut tidak hanya dimanfaatkan untuk dunia sains saja, namun juga di bidang kecantikan, kesehatan yang berfungsi untuk memelihara sistem kesehatan dan juga memaksimalkan fungsinya bagi kulit dan juga tubuh. 

Dalam bidang kesehatan sendiri, nano teknologi dapat menciptakan sebuah “mesin nano” yang disuntikkan ke dalam tubuh, yang berfungsi memperbaiki jaringan atau organ dalam tubuh yang rusak. Untuk penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, tentu merupakan kabar baik jika dengan nano teknologi, maka penderita tak perlu lagi disuntik ataupun mengonsumsi obat, cukup disemprot ke bagian tubuh tertentu saja maka dapat mengatasi permasalahan tersebut. Nano teknologi sendiri dalam pengembangannya mencakup skala nanometer yang biasanya berukuran 0,1 sampai 100 nm.

Tentu untuk mendukung bidang kesehatan, maka perlu ditingkatkan di masa depannya beberapa bidang-bidang penunjang seperti industri farmasi. 

Dalam perkembangan industri farmasi seiring waktu berlalu mulai menggunakan nano teknologi untuk meningkatkan kualitas produksi dan keamanan produk. 

Produk yang menggunakan teknologi ini telah dibuktikan mampu lebih cepat diserap oleh tubuh daripada produk yang tidak menggunakan teknologi tersebut. Seperti contoh produk yang berbahan ginseng tapi diproduksi dengan menggunakan nano teknologi maka produk tersebut akan menghasilkan kandungan “ginsenoside” atau disebut juga kandungan persentase ginseng untuk menghasilkan tenaga yang lebih tinggi.

Adapun BPOM sendiri telah melakukan pengawasan ketat mengenai teknologi nano yang diaplikasikan ke dalam suatu produk kesehatan. BPOM melakukan pengawasan produk yang mengatasnamakan penggunaan teknologi tersebut di dalamnya, karena dikhawatirkan akan terjadi penipuan yakni tidak benar-benar menggunakan teknologi tersebut.

Baca Juga: Prospek NFT Indonesia yang Sangat Menjanjikan, Content Creator Simak Ini!

illustrasi (iStock)

Inovasi nano teknologi untuk kesehatan sendiri adalah salah satunya untuk membantu agar pengobatan suatu pasien dengan riwayat tertentu dapat dilakukan dengan mudah. Contohnya untuk pasien yang mengharuskan terapi kanker, dengan melakukan kemoterapi kemungkinan besar akan memiliki efek toksik terhadap sel tumor sebagaimana terjadi pada sel normal lain maka untuk menghantarkan obat akan terkendali oleh lokasi penyakit yang mengharuskan menambahkan dosis untuk meningkatkan efek terapinya.

Tentu dengan penghantaran obat akan terkendala oleh karakter obat dan penyakit yang dideritanya. Oleh karenanya dibutuhkan obat yang diproduksi dengan menggunakan teknologi tersebut. Karena sifat obat yang mampu menembus hingga ke dalam sistem saraf dan juga mampu melepaskan efek obat dari degradasi.

Berikut ini beberapa manfaat teknologi tersebut untuk bidang kesehatan:

  1. Mendiagnosa suatu penyakit penyakit
  2. Pemberian obat sesuai dengan diagnosa
  3. Guideline untuk kegiatan operasi
  4. Inducing anestesi
  5. perbaikan Gigi
illustrasi (iStock)

Konsep targeting obat dan penghantaran obat secara terkendali telah digunakan untuk memperbaiki indeks terapeutik obat dengan meningkatkan lokalisasinya terhadap organ yang spesifik, sel-sel jaringan dan dengan menurunkan potensinya untuk menyebabkan toksisitas atau efek samping pada lokasi normal yang sensitif.

Adapun teknologi untuk menghantarkan obat supaya lebih terkendali adalah untuk memperbaiki organ yang spesifik dan juga sel-sel jaringan di dalam tubuh supaya tidak terjadi toksitisitas atau efek samping yang akan menyebabkan hal yang buruk bagi sang pasien. 

Dengan banyaknya manfaat di bidang kesehatan tersebut, maka bisa dipastikan nano teknologi adalah revolusi masa depan bagi dunia medis atau kesehatan.

MonsterAR selaku perusahaan AR dan VR ternama di Indonesia, juga mempunyai beragam produk serta layanan AR dan VR yang dapat mensukseskan semua kebutuhan promosi ataupun keperluan perusahan lainnya. Tak hanya itu saja, MonsterAR juga mengembangkan berbagai macam aplikasi dan juga software yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan semua bidang industri yang ada. Mau tahu lebih banyak tentang AR dan VR? Hubungi kami di sini ya!

Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR/VR
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?