fitur arkit

Diminati Para Pengembang Game, Ini Dia Fitur ARKit Yang Bikin Geleng-geleng Kepala Pengguna Apple

Teknologi ARKit milik Apple tengah menjadi buah bibir para pengguna sistem operasi iOS. Bagaimana tidak, Apple melalui sistem operasi terbarunya iOS 11 baru saja menyisipkan teknologi terbaru yakni ARKit yang tentu saja memungkinkan banyak pengembang untuk membuat inovasi berbasis Augmented Reality (AR) yang dapat dimanfaatkan untuk aplikasi maupun games yang menggunakan teknologi tersebut.

Bahkan setelah hampir dirilis selama sebulan, sistem operasi milik Apple iOS 11 aplikasi yang berada di App Store telah diserbu oleh para penggemar dengan mengunduh sekitar 3 juta unduhan. Dan posisi teratas untuk unduhan dipegang oleh games. Kemudian disusul oleh aplikasi Utilities, Entertainment, Photo & Video, Education, Lifestyle dan lainnya. 

Dengan menggunakan teknologi ARKit milik Apple, maka dua orang dapat secara bersamaan terhubung dan berinteraksi meskipun menggunakan perangkat AR yang berbeda. Demonstrasi kemampuan multiplayer ARKit tersebut dengan menggunakan permainan Lego. Hal itu dipraktekkan oleh Lego Innovation Director Martin Sanders yang memainkan permainan Lego dengan menggunakan teknologi ARKit. 

Baca Juga:6 Strategi Marketing Online Jitu yang Wajib Dimiliki Setiap Bisnis

Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) di San Jose, California, AS, pada Senin, 4 Juni 2018. (Image: Getty Images/Meg Roussos/Bloomberg)

Apple menyelenggarakan acara tahunan yang berjuluk Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) pada 2018 ini. Acara tersebut menjadi salah satu acara yang paling ditunggu-tunggu oleh Apple fanboy (julukan untuk para pengguna apple garis keras).

Hal tersebut  menjadi salah satu hal yang ditunggu, sebab apple kerap kali mengungkap dan mengenalkan produk-produk dan perangkat canggih miliknya di gelaran bergengsi tersebut. 

Menurut pernyataan dari pihak Apple di WWDC 2018, mereka sengaja telah menambahkan fitur unggulan terbaru yakni teknologi ARKit milik Apple tersebut untuk aplikasi augmented reality untuk mobile di musim gugur ini. Para developer Apple telah bekerja sangat keras dalam mengupayakan suatu pelayanan yang lebih dalam dan imersif melalui pengenalan objek 3D.

Ternyata, banyak sekali lho Aplikasi Mobile AR yang bisa dikembangkan lebih jauh dan lebih baik lagi dengan pemanfaatan dari keunggulan fitur ARKit 2.0 ini. Berikut daftarnya.

1. POKEMON GO

Teknologi ARKit Milik Apple

illustrasi (Image: Getty Images)

Hampir 2 tahun sejak diluncurkannya game berbasis AR yang satu ini, tetap saja game Pokemon Go telah menjadi suatu trend setter permainan game masa depan yang mengkombinasikan antara dunia virtual dan kenyataan. Meskipun menjadi pioneer untuk game mobile yang benar-benar memanfaatkan kedigdayaan AR dengan sangat baik, Pokemon Go telah mampu memanfaatkan fitur-fitur keren dari ARKit 2.0 milik apple. Game ini bahkan dapat menjadi lebih mumpuni lagi. Contoh game AR serupa pada saat ini adalah Jurassic Park, dan akan menyusul Walking Dead dan Ghostbuster.

Tidak seperti Pokemon Go, saat ini yang menjadi pertarungan di layar smartphone dengan salah satu fitur ARKit yaitu shared experience, pertarungan tersebut dapat dibawa ke lingkungan nyata. Ketika kita sedang melakukan raid battle, pemain lain dapat melihat pertarungan yang kita lakukan di lokasi yang sama melalui layar perangkat mereka masing-masing. 

Pilihan Niantic hanya 2, antara memanfaatkan fitur tersebut pada Pokemon Go, atau tidak mengambil tindakan dan membiarkan para penirunya mendahului dan meninggalkannya jauh dibelakang.  

2. IKEA PLACE

Aplikasi yang memungkinkan calon pembeli untuk melihat bagaimana furnitur terpasang di rumah mereka sebelum membeli. Untuk saat ini, setelah calon menutup aplikasi, tampilan sofa yang mereka dambakan akan menghilang. Persistent AR merupakan fitur ARKit unggulan yang dapat menyimpan model-model desain 3D, untuk ditampilkan kapanpun ketika dibutuhkan. Jadi pengguna tidak perlu repot-repot lagi memasukkan ulang model-model 3D dari interior yang sebelumnya dimasukkan untuk melihat bagaimana tampilan keseluruhan ruangan setelah ditambahkan salah satu item. Aplikasi ini sangat memudahkan seseorang yang membutuhkan suatu gambaran ketika hendak membeli suatu perabot rumah tangga atau produk-produk furniture tetapi belum memiliki gambaran seperti apa dan bagaimana nanti peletakannya.

3. ZOMBIE GUNSHIP REVENANT

Zombie Gunship Revenant adalah game Augmented Reality yang bekerja di sistem perangkat iOS dan mengandalkan ARKit untuk dapat dipergunakan. Gim ini akan menempatkan pengguna layaknya pilot helikopter perang yang berpengalaman. Pengembangnya sendiri yakni Limnik Software menempatkan grafis overlay yang baik sehingga pengguna gim akan merasa nyaman dan puasa dengan tampilannya. Pengguna akan diajak untuk menyerbu kumpulan zombie dari udara dengan menggunakan helikopter tempur yang dahsyat. Memainkan gim ini maka pengguna akan berasa seperti seorang tentara yang sedang mendapatkan tugas di zaman perang menghadapi monster zombie.

4. GIPHY WORLD

Ada banyak aplikasi untuk menempatkan konten 3D di dunia nyata. Namun biasanya, setelah sesi berakhir maka konten akan hilang. Fitur ARKit 2.0 dapat membuat pengalaman ini bertahan selamanya. Misalnya, gifs dari Giphy World dapat disematkan di objek dunia nyata melalui gambar dan pengenalan objek, dan AR persisten dapat menyimpan pengalaman untuk bisa ditampilkan kembali ketika aplikasi dibuka lagi. Giphy World mampu menjembatani komunikasi antara pengguna AR hanya dengan menambahkan beberapa GIF di sekitar pengguna, selain itu pengguna juga dapat memposting video buatan sendiri dalam web untuk dapat dibagikan kepada pengguna yang lain.

5. NBA AR

National Basketball Association (NBA) meluncurkan sebuah game berbasis AR untuk mendapatkan pengalaman bermain basket secara profesional. Gim ini tersedia di aplikasi NBA AR yang memungkinkan penggemar basket untuk merasakan momen di balik layar mengenai peristiwa-peristiwa tak terlupakan dari pertandingan NBA 2018 Playoff dan Final. Aplikasi NBA AR, yang diluncurkan untuk iPhone pada Oktober lalu dapat didapatkan di apps store. Di dalam gim ini, penggemar NBA akan diajak untuk mengikuti persiapan tanding termasuk berkenalan dengan semua tim dari club-club yang ada di NBA. Aplikasi NBA AR tersebut dapat membuat gamer  bermain HORSE atau bahkan permainan 21 dengan banyak pemain dan menyimpan permainan dengan AR persistence.  Jadi, bagi penggemar olahraga basket, disarankan untuk mencoba gim ini, dijamin puas!

6. SATELLITE AUGMENTED REALITY

Jika Anda adalah seseorang yang ingin mengetahui posisi satelit, maka Anda wajib menggunakan aplikasi yang dikembangkan oleh Blue Orange Apps Limited ini. Aplikasi berbasis Augmented Reality ini dapat membantu Anda mengetahui letak ataupun posisi satelit dengan hanya mengarahkan gadget Anda ke arah langit saja. Maka dengan cara tersebut, proses identifikasi terhadap satelit akan langsung tampak di layar handphone Anda seketika.

7. SKYLANDERS REVIVAL

Game berbasis Augmented Reality ini tetap menjadi favorit banyak penggemarnya. Dengan muatan yang sederhana serta strategi kedalaman permainan yang sangat menarik dan atraktif, tentu saja membawa penggemar gim ini menjadi setia untuk selalu mengikuti jalan cerita serta mengikuti setiap update terbarunya. Selaras dengan fasilitas yang terdapat di iOS11 yakni ARKit terbarunya, game Skylander Revival menjadi dinanti-nanti untuk dimainkan bersama komunitas ataupun keluarga tercinta.

Teknologi ARKit menjadi salah satu fitur andalan Apple untuk meningkatkan ketertarikan masyarakat terhadap teknologi Augmented Reality, sehingga Apple dapat meningkatkan jumlah penggunanya.

Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR/VR
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *