Mungkin tidak asing bagi kita apabila membicarakan Augmented Reality (AR). Sebuah teknologi yang menampilkan konten digital secara real time di dunia nyata. Penerapan AR sendiri saat ini sudah mulai banyak digunakan untuk berbagai bidang, seperti pendidikan, game, film, pabrik, kesehatan, militer, hingga penerapan Augmented Reality Tourism untuk pariwisata yang akan kita bahas kali ini. Melihat banyaknya bidang yang sudah menggunakan teknologi ini, AR dianggap mampu untuk memberikan kemudahan dan berbagai manfaat yang positif bagi kehidupan manusia.

Dengan teknologi AR, konten yang ingin ditampilkan bisa di isi dengan berbagai informasi pariwisata  yang tentunya dapat bermanfaat bagi para traveller di seluruh dunia. Konten yang di sajikan bisa berupa informasi tentang hotel terdekat, objek wisata, museum di daerah tersebut dan bahkan kuliner di sekitarnya.

Secara tidak sadar pada saat melakukan perjalanan, seringkali kita mengalami kesulitan dalam mencari hotel, tempat karya wisata, dan kuliner di daerah tersebut, dikarenakan informasi yang ada masih belum memadai dan tidak real time terupdate. Oleh karena itu dengan hadirnya Augmented Reality Tourism, diharapkan bisa membantu kita mewujudkan semua itu dari aplikasi yang terintegrasi dengan semua hotel, tempat kuliner, hingga tempat wisata di dunia.

Baca juga: 4 Kekuatan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Branding dan Marketing

Image Source : miro.medium.

Di Indonesia sendiri, mungkin masih belum sepenuhnya menerapkan teknologi AR ini dan memanfaatkannya hingga ke tempat-tempat kunjungan wisata. Untuk mewujudkannya perlu dilakukan koordinasi dengan pemerintahan setempat, sehingga semua objek yang ada bisa dibuat augmented reality dan bisa direalisasikan tanpa harus menggunakan market (objek perantara). Caranya dengan menggunakan GPS based Tracking. Teknologi handphone khususnya smartphone yang sudah berkembang pesat saat ini, mempermudah implementasi augmented reality dikarenakan setiap smartphone yang ada sekarang sudah diintegrasikan dengan GPS, yang kemudian GPS tersebut digunakan sebagai pengembangan metode AR dalam memberikan navigasi terhadap lokasi sekitar. Konten sendiri bisa dibuat dalam bentuk informasi, video maupun animasi sesuai dengan keinginan. Hanya dengan menggunakan smartphone, Anda dengan mudah dapat mengetahui lokasi mana saja yang ingin dikunjungi. Tak hanya itu, di padukan dengan teknologi AR, tentu pengalaman travelling Anda akan menjadi semakin mudah dan berkesan.


Augmented Reality jadikan pengalaman berwisata lebih mudah dan berkesan

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Dengan hadirnya Teknologi Augmented Reality di Indonesia, di harapkan memudahkan semua pengunjung lokal maupun internasional mendapatkan informasi yang sesuai dengan realita yang ada. Tidak hanya seputar tempat wisata yang ada, bahkan makanan khas serta promosi yang ada di daerah sekitar tempat wisata bisa dibuatkan dalam bentuk konten, sehingga semua turis yang berkunjung ke daerah wisata, bisa sesuai dengan harapan mereka. Hal ini akan memiliki dampak yang sangat besar, karena membuat para turis mendapatkan hal yang baru, meningkatkan minat mereka untuk kembali berkunjung ke Indonesia, dan membuat perjalanan wisata mereka akan jauh lebih menarik ketika berkunjung.