Mungkin tidak asing bagi kita apabila membicarakan augmented reality. Sebuah teknologi yang menampilkan konten digital secara real di dunia nyata. Dengan teknologi augmented reality, objek yang ingin ditampilkan bisa dibentuk dalam konten yang berisi informasi bagi traveller seluruh dunia untuk mengetahui mengenai hotel, objek wisata, museum di daerah tersebut dan bahkan kuliner disekitarnya.

Secara tidak sadar saat melakukan perjalanan, sering kita mengalami kesulitan dalam mencari hotel, tempat karya wisata, dan kuliner di daerah tersebut, dikarenakan informasi yang ada belum memadai dan tidak real time terupdate. Oleh karena itu dengan hadirnya AR bagi traveller, diharapkan bisa membantu kita mewujudkan semua itu dari aplikasi yang terintegrasi dengan semua hotel, tempat kuliner, tempat wisata yang ada di dunia.

Baca juga: 4 Kekuatan Dari Media Augmented Reality Sebagai Media Promosi

Di Indonesia sendiri, mungkin masih belum sepenuhnya menggunakan teknologi AR ini dan memanfaatkan sampai ke tempat tempat kunjungan wisata. Untuk mewujudkannya perlu dilakukan koordinasi dengan pemerintahan setempat, sehingga semua objek yang ada bisa di buat augmented reality dan bisa di realisasikan tanpa harus menggunakan market ( objek perantara ). Caranya dengan menggunakan GPS based Tracking. Teknologi handphone khususnya smartphone yang sudah berkembang pesat saat ini, mempermudah implementasi augmented reality dikarenakan setiap smartphone yang ada sekarang sudah diintegrasikan dengan GPS, yang kemudian GPS tersebut digunakan sebagai pengembangan metode augmented reality dalam memberikan navigasi terhadap lokasi sekitar. konten sendiri bisa di buat dalam bentuk informasi, video maupun animasi sesuai dengan keinginan.

Dengan Teknologi Augmented Reality di Indonesia, di harapkan memudahkan semua pengunjung lokal maupun internasional mendapatkan informasi yang sesuai dengan realita yang ada. Tidak hanya seputar tempat wisata yang ada, bahkan makanan khas serta promosi yang ada di daerah sekitar tempat wisata bisa dibuatkan dalam bentuk konten, sehingga semua turis yang berkunjung kedaerah wisata, bisa sesuai dengan harapan mereka.