Augmented Reality Tourism? Pasti masih asing dengan istilah tersebut bukan? Memang Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menampilkan konten digital secara real time di dunia nyata. Penerapan AR sendiri, saat ini dipergunakan di berbagai bidang, seperti pendidikan, game, film, pabrik, kesehatan, militer, hingga penerapan Augmented Reality Tourism untuk pariwisata yang akan dibahas kali ini.

Melihat banyaknya bidang yang telah menggunakan teknologi tersebut, AR dianggap mampu untuk memberikan kemudahan dan berbagai manfaat yang positif bagi kehidupan manusia.

Dengan teknologi AR, konten yang hendak ditampilkan, dapat dimasukkan dengan berbagai informasi pariwisata  yang tentu dapat bermanfaat bagi para traveller di seluruh dunia. Konten yang disajikan akan berisikan informasi mengenai hotel terdekat, objek wisata, museum di daerah tersebut dan bahkan kuliner di sekitarnya.

illustrasi (Shutterstock)

Secara tidak sadar pada saat melakukan perjalanan, terkadang kita mengalami kesulitan dalam mencari hotel, tempat wisata, dan kuliner di sekitar tempat yang diinginkan. Hal tersebut terjadi karena informasi yang ada masih belum memadai dan tidak diperbarui secara otomatis. Oleh karena itu, dengan hadirnya Augmented Reality Tourism, diharapkan akan mengatasi kesulitan-kesulitan yang dialami oleh banyak traveller di manapun mereka berada.

Indonesia sendiri belum sepenuhnya menerapkan teknologi AR ini dan memanfaatkannya hingga ke tempat-tempat kunjungan wisata. Untuk mewujudkannya, perlu dilakukan koordinasi dengan pemerintahan setempat. Hal tersebut tentu saja akan membuat objek wisata yang ada di tempat tersebut dapat diberdayakan dan didesain sedemikian rupa untuk dibuat modelingnya ke dalam bentuk augmented reality dan dapat direalisasikan tanpa harus menggunakan market (objek perantara).

Untuk melakukan itu, caranya adalah dengan menggunakan GPS based Tracking. Teknologi handphone khususnya smartphone yang sudah berkembang pesat saat ini. Teknologi ini dapat mempermudah implementasi augmented reality sebab setiap smartphone yang ada sekarang, telah ditanamkan dengan teknologi GPS, yang mana GPS tersebut digunakan sebagai pengembangan metode AR dalam memberikan navigasi terhadap lokasi sekitar.

Baca juga: Virtual Tourism? Sejarah dan Manfaatnya bagi Bisnis Anda

Image Source : miro.medium.

Untuk konten sendiri dapat dibuat dalam bentuk informasi, video maupun animasi sesuai dengan keinginan, hanya dengan menggunakan smartphone saja, maka kita dapat mengetahui lokasi mana saja yang hendak dikunjungi. Ketika dipadukan dengan teknologi AR, tentu saja pengalaman travelling kiat menjadi mudah dan berkesan.

Dengan hadirnya Teknologi Augmented Reality di Indonesia, diharapkan memudahkan semua wisatawan lokal maupun internasional mendapatkan informasi mengenai potensi wisata dan hal yang berkaitan dengan dunia tersebut.

Hal itu akan memiliki dampak positif yang sangat besar bagi pengembangan pariwisata, karena membuat para wisatawan mendapatkan suatu hal yang baru dan juga dapat meningkatkan minat mereka untuk kembali berkunjung ke Indonesia, dan membuat perjalanan wisata mereka akan jauh lebih menarik ketika berkunjung.

MonsterAR selaku perusahaan AR dan VR ternama di Indonesia, juga mempunyai beragam produk serta layanan AR dan VR yang dapat mensukseskan semua kebutuhan promosi ataupun keperluan perusahan lainnya. Tak hanya itu saja, MonsterAR juga mengembangkan berbagai macam aplikasi dan juga software yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan semua bidang industri yang ada. Mau tahu lebih banyak tentang AR dan VR? Hubungi kami di sini ya!

Virtual Reality tingkatkan minat pengguna untuk berkunjung ke destinasi wisata

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?