Selama beberapa tahun terakhir, para profesional medis telah menunjukkan bagaimana HoloLens dapat membantu dalam operasi, mulai dari perbaikan tulang selangka, operasi tulang belakang hingga prosedur kosmetik. Sekarang, rumah sakit anak terbesar di Inggris juga telah siap memanfaatkan hologram untuk pembedahan.

Alder Hey Children’s Hospital, sebuah fasilitas yang berbasis di Liverpool yang menangani lebih dari 270.000 anak per tahun, hologram untuk pembedahan dilakukan dengan cara membantu ahli bedah memvisualisasikan gambar anatomi 3D dan informasi pasien, seperti ultrasound, CT scan, dan angiogram, selama operasi sambil tangan mereka tetap bebas untuk fokus pada prosedur yang rumit.

“Mencitrakan hati pasien dari dalam dan dari luar sangat penting. Saya harus memvisualisasikan pandangan 3D di kepala saya untuk melakukan operasi ini,” kata Rafael Guerrero, seorang ahli bedah jantung di Alder Hey, dalam sebuah posting blog.

hologram untuk pembedahan hologram untuk pembedahan

“Di masa depan, Microsoft HoloLens dan mixed reality akan memungkinkan saya untuk memindai pasien di depan saya ketika saya sedang melakukan operasi,” kata Guerro. “Jika saya bisa menggunakan teknologi untuk mendapatkan informasi itu, untuk melihat gambar-gambar itu di depan saya, itu sangat membantu saya dan meningkatkan peluang hidup bagi pasien saya.”

Rumah sakit telah meminta mitra Microsoft Black Marble untuk mengembangkan aplikasi untuk menampilkan informasi dan menyebarkan sistem, yang juga mencakup layar lebar Microsoft touchscreen, komputer Surface Hub dan penyimpanan Azure cloud untuk memfasilitasi berbagi informasi dan kolaborasi antara dokter dan ahli bedah.

“HoloLens memiliki kemampuan visualisasi yang kuat. Ditambah dengan Surface Hub, yang sangat baik untuk mengubah pengalaman kolaboratif, kami melihat berbagai peluang untuk menciptakan pengalaman pengguna yang menarik,” kata Robert Hogg, CEO Black Marble.

hologram untuk pembedahan hologram untuk pembedahan

Baca juga: Wow! Teknologi Microchip TNT ini Dapat Menumbuhkan Sel Otak yang Cedera

“Faktor umum untuk kedua perangkat ini adalah bahwa mereka dikirimkan pada Universal Windows Platform (UWP), yang memungkinkan kami untuk menulis aplikasi sekali, namun masih dapat memanfaatkan fitur terbaik dari kedua perangkat itu.”

Ini bisa dijadikan sebagai contoh dimana headset augmented reality dapat meningkatkan kinerja dan efektifitas pekerjaan, dan bahkan dalam beberapa kasus dapat mempermudah sehingga karyawan bisa membagi waktunya untuk mengerjakan hal lain yang berarti lebih produktif. Dan disisi lain bisa juga dimanfaatkan sebagai media promosi karena kemampuannya untuk menarik keterlibatan audience.