Dengan bermain game VR, kita bisa memasuki dunia virtual, melihat segalanya yang berada di dunia game secara langsung, dan merasakan diri kita sendiri sebagai tokoh dari game tersebut. Dengan monitor PC, kita dapat menunjukkan kepada teman apa yang sedang kita mainkan, sama seperti fungsi social screen dari PlayStation VR. Tetapi, bisakah kita melihat ke dunia game yang, katakanlah sedang dimainkan oleh orang lain dari perspektif kita sendiri (perspektif penonton, bukan pemain)?

Dengan ViewR, kita dapat melakukannya.

Jika dari layar monitor atau social screennya PSVR kita bisa melihat dunia game dari perspektif pemain yang sedang bermain game VR tersebut. Dengan ViewR, kita bisa melihat dunia game yang sedang orang lain mainkan melalui perspektif kita sendiri. Dalam artian, alih-alih melihat dunia game dari sudut pandang pemain, kita bisa bebas menyusuri dunia game VR tersebut melalui sudut pandang kita sendiri. Selain bisa melihat dan menonton permainan VR seseorang, ViewR ini juga tentu akan sangat berguna bagi pengembang game VR untuk bisa mengawasi dan memperhatikan bagian ‘dunia game VR’ tertentu, sehingga bisa mengetahui  apabila ada yang salah dan kurang sempurna, untuk kemudian memperbaikinya dengan segera.

ViewR bekerja dalam 2 tahapan, pertama host PC mengalirkan konten VR ke perangkat seluler, kemudian aplikasi seluler akan menampilkan konten tersebut. Pada perangkat high-end, perangkat lunak dapat melacak posisi yang memungkinkan kita berjalan dengan bebas. Sedangkan pada perangkat low-end akan memerlukan tracker untuk menyediakan fungsi tersebut.

virtual reality game

Virtual Reality adalah pengalaman yang sangat menarik dan menyenangkan, tetapi sangat sulit untuk membagikan apa yang terjadi di dalam headset VR dengan cara yang bermakna. Melihat apa yang pemain lihat melalui layar komputer atau TV tidak memberi kita informasi khusus yang cukup berarti untuk bisa menikmati pertandingan game VR secara nyata. Katakanlah kita sedang menonton pertandingan bola, lebih asik jika menontonnya dari perspektif kita sendiri dan bisa melihat pertandingan secara keseluruhan kan? alih-alih menontonnya dari perspektif pemain yang sedang bertanding. Begitupun dengan pertandingan game VR.

Dengan ViewR, game VR kini menjadi lebih dari sekedar pengalaman yang bisa dinikmati oleh satu orang saja dengan begitu mudah, semua tanpa tambahan biaya, dan pengaturan yang rumit. Kita cukup terhubung ke komputer melalui aplikasi dan menggunakan ponsel kita sebagai kamera untuk melihat apa yang dilakukan teman yang sedang bermain game VR.

viewr

ViewR akan menjadi portal saku bagi semua orang untuk bisa mengintip ke dalam dunia game VR, dengan antarmuka yang instan antara kita dan dunia maya. Selain untuk game VR, teknologi ini juga dapat dimanfaatkan sebagai tools untuk bisa lebih memaksimalkan potensi penggunaan teknologi VR dalam bisnis. Potensi untuk teknologi baru ini sungguh menarik ya?

ViewR kini sudah tersedia dan bisa kita akses sebagai mod untuk game yang dikembangkan dengan Unity, bisa di download di sini. Pengembang dapat menambahkan API ke dalam video game mereka secara gratis, sementara pemain game dapat menjalankan installer untuk menambahkan ViewR ke judul yang telah tersedia. Hingga sejauh ini, ViewR sudah mendukung untuk game Superhot VR, Beat Saber dan Budget Cuts.