Teknologi 3D Box Hologram mungkin masih banyak yang belum tahu akan hal ini. Tapi pernahkah Anda menonton film fiksi ilmiah Hollywood dengan kecanggihan teknologinya yang menceritakan tentang teknologi ini dan perwujudannya yang tentu saja bikin kita ternganga! Ya benar, dalam film Hollywood diceritakan jika pengaplikasian teknologi 3D box hologram dapat menciptakan manusia virtual namun dapat berinteraksi baik secara virtual namun juga secara nyata.

Namun apakah benar kenyataannya seperti itu? Apakah kita dapat memiliki teman virtual hologram seperti dalam film yang dikisahkan oleh masyarakat film hollywood? Nyatanya memang hal tersebut dapat menjadi kenyataan meskipun belum seratus persen dapat terealisasi dengan menggunakan headset virtual reality seperti kacamata VR. 

Perlu Anda ketahui jika 3D Box Hologram bekerja dengan cara memproyeksikan gambar di dalam prisma plexiglass berlapis, yang memungkinkan kita untuk melihat karakter virtual dan konten dari sudut pandang yang berbeda. 3D box hologram menggabungkan beberapa elemen proyeksi 3D dengan trik optikal yang disebut “Pepper’s Ghost,” di mana objek didalamnya tercermin pada panel kaca.

Nah, dengan teknologi 3D Box Hologram ini maka hal tersebut sangat mungkin terjadi, dan luar biasanya kita dapat berinteraksi dengan teman hologram kita itu. Bahkan kita dapat memberi perintah kepadanya untuk melakukan hal tertentu dari jarak jauh seperti pada contoh video berikut ini!

Sebuah proyektor di dalam box akan memancarkan empat gambar dari objek yang sama ke dinding prisma, membentuk suatu gambar sehingga tampak seolah berupa objek tiga dimensi.

Dalam beberapa kesempatan, beberapa pengguna juga dapat mengontrol gambar dengan smartphone yang sudah terhubung melalui Bluetooth atau Wi-Fi, melalui komputer tablet atau laptop yang terpasang ke kotak untuk menjalankan aplikasi yang memasukkan gambar ke dalam proyektor, dan menyesuaikan apa yang akan dilihat berdasarkan input dari pengontrol tersebut. Teknologi tersebut dihadirkan oleh perusahaan H+Technologies asal Kanada yang memang mampu mewujudkan impian banyak orang untuk mendapatkan teman virtual melalui tampilan hologram, lewat sebuah perangkat kotak kaca dengan teknologi pemancar hologram 3D yang disebut dengan Holus.

Holus sendiri adalah perangkat yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi bernama H+ asal Kanada yang dikabarkan mampu menembus target pengumpulan dana untuk pembuatannya di situs crowd funding Kickstarter sekitar US$ 40,00 atau jika dirupiahkan sekitar Rp530 jutaan dalam waktu dua jam saja. 

Baca Juga: Virtual Tour Museum yang Tetap Populer Meski Pandemi Mulai Surut

Holus 3D Hologram (Image: H++ Technologies)

Untuk mekanismenya sendiri, Anda diharuskan untuk menyematkan suatu perangkat tablet di bagian bawah teknologi ini, setelah itu maka piramida yang ada di dalam kotak akan menyalakan suatu tampilan hologram berdasarkan tampilan yang Anda buka di perangkat tablet Anda melalui sebuah aplikasi.

Teknologi Holus sendiri mempunyai dua versi yakni versi Pro dan versi Home. Untuk versi Pro sendiri memiliki bentuk yang lebih besar, tetapi melalui lisensi SDK (Software development kit) untuk dapat membuka beberapa lisensi di dalam kotak tersebut.

Tetapi H+Technologies telah menerangkan jika mereka telah mengembangkan SDK tersebut untuk mendukung kualitas gaming berformat Unity3D dan Unreal, dan juga beberapa plugins seperti Leap Motion (Motion Control) dan juga Occipital (3D Scanning).

Holus sendiri memang dirancang untuk bermain game dengan tampilan hologram yang sangat interaktif. Namun seiring dikembangkannya teknologi ini maka fitur video chat telah dihadirkan untuk dapat menjadi media edukasi dan interaksi yang lebih komunikatif seperti untuk dapat menonton film bersama keluarga tercinta.

Selain sebagai media hiburan, teknologi 3D Box Hologram juga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, atau sebagai media branding dalam event-event dan pameran. Salah satu contoh penerapan hologram di Indonesia dapat dijumpai di Bintaro Plaza Residence, dengan menampilkan model rumah tinggal dalam 3D Box Hologram. Teknologi ini kami rancang dengan tujuan supaya pengunjung bisa melihat bentuk rumah secara keseluruhan dari semua sudut secara realtime, dengan berbagai animasi yang tentunya bisa menambah ketertarikan konsumen untuk melihat, dan secara otomatis menambah value dari sisi marketing dan branding.

Teknologi 3D Box Hologram Mampu Menghadirkan Produk dengan Cara yang Lebih  Inovatif

illustrasi (Image: www.mikevisiontech.com)

Teknologi  3D Hologram Box merupakan cara yang benar-benar baru dan inovatif dalam menghadirkan produk dengan cara mengesankan kepada pelanggan secara tiga dimensi. Tidak seperti bentuk presentasi konvensional yang mengandalkan proyektor dan power point, maka dengan 3D Box Hologram ini, pelanggan akan mendapatkan kesan yang jauh lebih realistis dan lebih detail mengenai produk yang ditampilkan dan akan dipresentasikan. 

Tidak hanya itu, teknologi hologram diklaim dapat berguna untuk menampilkan aneka jenis produk tiga dimensi dan juga menampilkan efek visual seperti api, hujan, kabut, atau asap yang seolah-olah nyata dan tentu saja hal ini tidak dapat dibuat dengan menggunakan presentasi biasa.

Belum ada teknologi lain yang secara bersamaan dapat menyajikan keunggulan produk seperti 3D Box Hologram. Pelanggan merasakan bahwa mereka dapat langsung tertarik secara emosional pada tampilan produk yang disajikan melalui tampilan teknologi 3D Hologram Box.

Teknologi 3D Box Hologram menjadi cara ideal untuk menyajikan materi kompleks dengan cara yang ilustratif dan langsung. Menyajikan sebuah produk tidak hanya cukup dengan menggunakan sketsa, gambar, foto, video, atau presentasi PowerPoint saja. 

3D Box Hologram (Image: www.windonscreen.com)

Dengan 3D box hologram, maka untuk bidang marketing dapat menawarkan pilihan baru untuk menjelaskan informasi yang agak rumit kepada pelanggan potensial dengan cara yang lebih efektif dan futuristik. Target akhirnya bagi suatu perusahaan tentu saja tak hanya menguntungkan, tetapi juga menjadi suatu keunggulan kompetitif yang tidak ternilai.

Dengan 3D Box Hologram, Anda dapat mengeksploitasi elemen-elemen kejutan lain yang tidak mungkin disajikan dalam presentasi konvensional, karena 3D Box Hologram mampu menghasilkan perhatian yang akan mengesankan pelanggan Anda dalam jangka waktu yang panjang.

MonsterAR selaku perusahaan AR dan VR ternama di Indonesia, juga mempunyai beragam produk serta layanan AR dan VR yang dapat mensukseskan semua kebutuhan promosi ataupun keperluan perusahan lainnya. Tak hanya itu saja, MonsterAR juga mengembangkan berbagai macam aplikasi dan juga software yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan semua bidang industri yang ada. Mau tahu lebih banyak tentang AR dan VR? Hubungi kami di sini ya!

Metaverse & NFT Indonesia, industri senilai triliunan dollar dengan peluang keuntungan tak terbatas

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?