Bisnis produk gaya hidup mewah bisa raup untung berlimpah apabila sukses dalam menjalaninya. Tetapi, pasar yang bisa di jangkau hanya sedikit karena harganya yang selangit. Dibutuhkan cara baru yang atraktif untuk bisa menonjolkan keistimewaan produk. Teknologi AR dan VR memiliki keunggulan yang dapat soroti keistimewaan produk Anda, menjadikan calon pembeli yakin dan tidak ragu untuk merogoh kocek dalam demi membawa pulang produk mewah Anda.

Salah satu brand yang memanfaatkan keunggulan teknologi AR dan VR untuk promosi produknya adalah Solgaard. Solgaard adalah perusahaan fashion design yang menciptakan beragam perlengkapan gaya hidup mewah bagi individu yang sering bepergian. Lini produk mereka dimulai dengan tas punggung, hingga akhirnya mereka menciptakan produk yang revolusioner yaitu sebuah lemari pakaian portable yang bisa di bawa ke mana saja saat bepergian, dan mengemasnya ke dalam sebuah koper dengan design mewah.

Seperti yang kita ketahui bahwa hanya sedikit yang dapat di komunikasikan melalui gambar 2D. Jika foto menunjukkan koper terbuka dan foto lain menunjukkan koper tertutup, itu tidak menjelaskan bagaimana koper itu berubah dari A ke B.

keunggulan ar dan vr

Di situlah teknologi AR akan membantu Solgaard, dimana pembeli dapat melihat koper secara nyata dalam tampilan 360 derajat, melihat produk dari setiap sudut secara detail, dengan skala ukuran nyata, serta dapat mengetahui fungsi serta keunggulannya. Augmented Reality mampu menghadirkan produk Anda ke hadapan calon pembeli secara virtual bahkan sebelum produk di buat.

Di masa pandemi COVID-19 saat ini, kebanyakan bisnis terkena dampak dan merugi khususnya brand untuk produk mewah. Salah satu solusinya adalah dengan go online yaitu dengan menggunakan eCommerce untuk menjual produk. Namun Solgaard tidak perlu terlalu khawatir karena sejak awal mereka sudah menggunakan platform eCommerce. Selain sebagai solusi mengatasi pandemi, eCommerce juga memiliki keunggulan jangkauan skala pasar yang lebih luas dibanding hanya mengandalkan toko fisik, bahkan bisa menjangkau dunia.

Dengan menambahkan teknologi AR ke dalam platform eCommerce, Solgaard dapat mengkomunikasikan detail dan keistimewaan produk mereka, serta merasakan pengalaman istimewa memiliki lemari pakaian bawaan kreasi Solgaard walah hanya melalui berbelanja online. Sudah jelas bahwa AR memiliki keunggulan yang dapat menutupi kekurangan eCommerce, menjadikannya lebih sempurna, sehingga ideal untuk di terapkan oleh semua bisnis, termasuk dengan bisnis Anda.

Baca juga: Pemasaran Produk Melalui AR, Selamatkan Bisnis Anda di Masa Pandemi

Penerapan AR dalam eCommerce secara efektif menghilangkan hambatan komunikasi yang dihadapi merek eCommerce, serta menutupi kekurangan jika dibandingkan dengan pengalaman berbelanja melalui toko ritel secara fisik. Dengan demikian, AR dapat membantu mempercepat keputusan pembelian dan meningkatkan konversi dari kunjungan situs web menjadi penjualan.

Selain untuk kebutuhan penjualan produk, Solgaard juga menggunakan teknologi VR untuk merancang desain produknya. Tidak heran, mengingat keunggulan AR dan VR yang dapat mewujudkan ide menjadi realita dan membawanya tepat ke hadapan penggunanya secara detail dan mendalam, lengkap dengan animasi gerak yang dapat memvisualisasikan fungsionalitas produk dalam ukuran asli.

Khususnya bagi produk yang kompleks dan sulit untuk digambarkan melalui gambar 2D yang statis, teknologi AR / VR bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda, memungkinkan pelanggan untuk mencoba produk Anda secara virtual dengan mudah dan menyenangkan. Aplikasi VR / AR dapat menjadi keunikan tersendiri yang dibutuhkan suatu merek untuk menonjol, mendorong keterlibatan pelanggan, dan meningkatkan angka penjualan.


Virtual Reality menjadikan pelatihan lebih hemat biaya, efisien, dan tanpa risiko cidera

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami