Augmented reality atau biasa dikenal dengan AR, masihlah dalam masa pertumbuhan sebagai teknologi pemasaran lokal hingga saat ini, dan inovasi teknologi AR oleh berbagai merek belakangan ini jelas merupakan indikasi bahwa revolusi AR kini telah semakin dekat.

12% dari merek mengatakan bahwa mereka tertarik untuk mengeksplorasi AR dalam waktu dekat. Menurut survei Street Fight, angka tersebut diperkirakan akan meningkat secara eksponensial di tahun – tahun mendatang. Ini juga berkat pemikir inovatif dari berbagai ritel merek besar, yang menata dan mengatur inovasi teknologi AR dan menjadikannya sebagai milk mereka sendiri.

Berikut dibawah ini adalah lima merek besar yang berinovasi di bidang AR :

1. Target – Try Ons Rias Virtual, Inovasi Teknologi AR Untuk Produk Make-Up

augmented reality rias

Dalam rangka mengatasi banyak keraguan dari konsumen ketika membeli produk kecantikan secara online, target mengembangkan pengalaman AR sendiri untuk produk make-upnya, dengan nama Target Beauty Studio. Dengan menggunakan teknologi pemetaan wajah real-time tersebut, konsumen di situs web e-commerce Target dapat “mencoba” ratusan item make-up dan melihat seperti apa penampilan mereka ketika mengenakan make-up tertentu sebelum melakukan pembelian secara online. Studio kecantikan target dapat diakses di perangkat desktop dan seluler.

2. Lacoste – Menggabungkan AR dengan Pemindaian Produk 3D

augmented reality ritel

Lacoste dikenal sebagai merek dengan pakaian olahraganya yang mewah serta logo buaya hijaunya. Tetapi perusahaan tersebut membutuhkan inovasi baru untuk dapat menjangkau target pelanggan yang lebih muda. Akhirnya Lacoste bekerja sama dengan perusahaan pemasaran digital Engine Creative dalam pengembangan aplikasi mobile yang dapat menggabungkan teknologi AR dengan pemindaian produk 3D beresolusi tinggi. Terciptanya aplikasi ini memungkinkan pelanggan untuk mencoba produk secara virtual, dengan fitur yang dapat memungkinkan pelanggan untuk membagikan pengalaman virtualnya melalui social media.

3. Nike – Kolaborasi AR dan Bot Messenger

augmented reality sepatu nike

Di tahun 2017, Nike ikut menggunakan teknologi dalam upaya meningkatkan penjualan melalui media sosial. Baru – baru ini, nike menjalin kerja sama dengan Facebook melalui aplikasi Messenger di Facebook, sehingga konsumen aplikasi facebook messenger dapat mengobrol dengan bot SNKRS, dan memasukkan emoji khusus. Pembeli mendapatkan pandangan yang lebih jelas tentang apa yang terlihat seperti sepatu (3D), daripada dengan fotografi (2D).

4. Lowe – Menyatukan AR dan Data Geolokasi

bisnis augmented reality

Lowe sering disebut sebagai salah satu merek ritel paling inovatif, dan dengan alasan tersebut itulah lowe ingin mencoba bergabung dalam inovasi teknologi AR. Seperti Nike, Lowe adalah pengguna awal teknologi AR dalam pemasaran lokal. Hasilnya dalah fitur yang dijuluki “View in Your Space” yang memungkinkan pengguna android dengan perangkat yang mendukung ARCore untuk dapat melihat seperti apa produk yang dipilih, sepeti furniture dan alat pemanggang. Fitur ini dapat diakses melalui aplikasi konsumen Lowe.

5. Lego – Menempatkan Blok Digital di Lingkungan Dunia Nyata

lego augmented reality

Sudah bukan rahasia umum lagi, bahwa Lego merupakan salah satu merek mainan ikonik yang paling populer di seluruh dunia, terlebih lagi dengan banyaknya diluncurkan game-game dan film lego bertemakan film atau tokoh tertentu seperti film marvel dan DC ataupun sebaliknya, tentu membuat kepopulerannya semakin mendunia.

Dalam ranga menjawab tantangan perkembangan teknologi belakangan ini, Lego meluncurkan aplikasi AR Playgrounds untuk pengguna Iphone 6s ke atas. Mengandalkan dukungan multi user dari ARKit, aplikasi ini dapat menempatkan karakter Lego digital dan blok di lingkungan dunia nyata dan mendorong pengguna untuk bermain lego digital bersama dengan teman – temannya.

Baca juga: 5 Cara Augmented Reality Dalam Membantu UKM Meraih Kesuksesan Dalam Bisnis

Pengguna juga dapat membuat karakter lego digital untuk berinteraksi dengan set Lego dunia nyata untuk mengakses animasi dan efek khusus. Aplikasi ini memindai playset Lego nyata dengan keterampilan pengenalan objek ARKit.

Itulah inovasi teknologi AR oleh merek-merek besar dunia, cukup luas bukan? Kini, saatnya bagi bisnis Anda untuk ikut memanfaatkan teknologi AR dan meraih sukses.