Di dalam dunia VR, kamu bebas melakukan apapun tanpa mengganggu dan mempengaruhi lingkungan di dunia nyata. Hingga kini terlahir beragam aplikasi seni VR yang memberikanmu kebebasan berekspresi dan berkreasi sesuai dengan keinginanmu tanpa batas.

Karya seni dapat disalurkan melalui berbagai macam media seperti alat musik, film, bahkan bangunan pun memiliki karya seni didalamnya. Seni merupakan sebuah imajinasi yang diciptakan oleh manusia dengan kreatif untuk mengungkapkan perasaan dari manusia itu sendiri.

Karya seni juga bisa diciptakan dengan memanfaatkan teknologi yang ada saat ini, salah satu teknologi yang dapat menciptakan karya seni adalah Virtual Reality (VR).

Teknologi VR memudahkan pengguna untuk bebas mengekspresikan diri dalam membuat karya seni. Seperti 9 aplikasi seni VR berikut yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya.

1. MasterpieceVR

aplikasi seni vr

Masterpiece VR adalah alat kreasi seni 3D yang menawarkan banyak fitur baru yang tidak dimiliki alat VR lain, seperti antarmuka multi-pengguna. Aplikasi ini memungkinkanmu untuk menggunakan lebih dari 20 alat dan kamu dapat bekerja secara kolaboratif dengan 3 teman. 

MasterpieceVR juga memberikan kemampuan untuk menggunakannya dalam mode jendela desktop saat berada dalam VR, memungkinkanmu untuk menonton gambar atau video di jendela lain untuk referensi. Kamu juga bisa membuat karya bersama teman dengan menggunakan Master Piece VR ini.

2. Kingspray Graffiti

aplikasi seni vr

Kingspray Graffiti adalah aplikasi seni VR yang membebaskan pengguna dalam membuat karya seni melalui sebuah Graffiti. Meski berbentuk virtual, namun hasil yang dihasilkan dalam video itu terlihat seperti gambar yang dibuat menggunakan tangan.

Pengguna tak hanya bisa melukis di tembok, tetapi juga dapat mengatur suasana sekitar menjadi gelap atau terang. Aplikasi ini sudah ada dalam bentuk non-VR, tetapi hanya berjalan pada HTC Vive.

3. Quill

Quill adalah aplikasi seni VR yang dapat menggunakan beberapa kategori sekaligus, yaitu interactive comic book, VR film, dan VR creation tool. Aplikasi tersebut juga bukan sebuah game, akan diawali dengan film pendek 360 derajat berjudul Dear Angelica yang menampilkan cerita yang cukup menarik. Meskipun demikian, film pendek ini belum selesai pada saat diresmikan di festival film Sundance.

Quill membuat pengguna bisa menggambar dan menghias gambar menggunakan alat editing dan pilihan layering yang memanfaatkan perangkat pengendali Oculus Touch. Aplikasi ini juga menawarkan fungsi serupa dengan Google Tilt Brush, yang saat ini hanya tersedia untuk HTC Vive.

4. Mindshow

Baca juga: 7 Jenis Cafe VR, Dengan Peluang Bisnis Senilai 45 Miliar Dolar di Tahun 2025

Jika kamu memiliki impian untuk membuat film, tetapi bingung memulainya dari mana, Mindshow bisa jadi solusinya. Mindshow adalah platform penyampaian cerita berbasis Virtual Reality karya startup asal Los Angeles, Visonary VR. Software ini dapat diibaratkan seperti Project Spark-nya film, dirancang sebagai kanvas dan palet virtual, serta tool buat ber-acting.

Pengguna bisa menikmati bagian terseru dari Mindshow. Pengguna bisa masuk ke dalam tubuh salah satu karakter kartun yang sudah disediakan. Penyajiannya mirip mengenakan kostum raksasa tanpa beban, dan pengguna melihat dunia virtual dari perspektif orang pertama. Dia bergerak mengikuti gerakan tubuh pengguna, serta mengucapkan kata-kata yang pengguna ucapkan. Kita tinggal mengubah ekspresinya lewat sentuhan di touchpad controller HTC Vive.

Setelah menyesuaikan diri dengan karakter tersebut dan siap ber-acting, pengguna hanya perlu mengaktifkan fungsi record. Selesai? Tekan tombol stop, dan adegan itu akan disimpan secara otomatis, siap menjadi salah satu bagian film pengguna. Pengguna dapat menggunakan sudut pandang first-person atau merekamnya dari sudut mana pun.

Aplikasi seni VR ini memberikan kendali penuh dalam berkreasi, memungkinkan pengguna berperan jadi aktor, animator, perancang adegan, sutradara serta editor. Di titik mana pun sang pengguna berada, mereka dibebaskan untuk mengakses fungsi start, stop, rewind dan fast forward, serta juga dapat mengulang scene hingga menghentikan waktu.

5. Gravity Sketch

aplikasi seni vr

Gravity Sketch adalah tool penciptaan 3D yang intuitif. Pengguna dapat menciptakan model 3D yang menakjubkan, scene, dan karya seni dengan cara yang menyenangkan. Pengguna dapat mengambil model dari scene dan mengimpornya langsung ke permainan atau alat pembuatan 3D lainnya. Pengguna juga dapat mengunggah kreasinya langsung dari aplikasi ke SketchFab untuk dibagikan dengan orang lain dalam hitungan detik. Gravity Sketch akan mengubah cara kita membuat dan berbagi konten 3D untuk beberapa tahun yang akan datang.

6. Tilt Brush

aplikasi seni vr

Google Tilt Brush membawa lukisan tiga dimensi kedalam Virtual Reality, Google merilis aplikasi bernama Tilt Brush, sebuah aplikasi seni VR yang memungkinkanmu melukis dari perspektif yang baru, sayangnya aplikasi ini hanya tersedia untuk perangkat virtual reality HTC Vive.

Tilt Brush membuat pengguna bisa melukis dalam ruang tiga dimensi. Cukup memilih warna dan kuas, dan pengguna bisa langsung menggerakan tangannya untuk mulai membuat karya seni yang indah. Pengguna bahkan dapat memilih untuk menggunakan asset yang sudah di sediakan seperti api, bintang atau kepingan salju yang dapat meperindah karya seni yang ingin dibuat oleh pengguna.

7. Google Blocks

Google Blok memungkinkan pemain untuk dengan mudah membuat objek 3D dalam realitas virtual, aplikasi ini dirancang dan dapat dipahami oleh semua orang, bahkan jika orang tersebut tidak banyak menyetahui tentang pemodelan sekalipun.

Aplikasi seni VR ini menawarkan enam alat sederhana yang dapat digunakan untuk menghidupkan kreasimu sendiri, membuat segala macam karya seni volumetrik, atau bersenang-senang membiarkan imajinasimu bebas bereskpresi.

8. Oculus Medium

Oculus Medium merupakan aplikasi yang memberikan pengalaman Realitas Virtual imersif serta memungkinkan pengguna untuk melukis, memahat, membuat model, dan membuat objek nyata di lingkungan virtual.

Oculus Medium memungkinkan siapa pun menciptakan karya seni ekspresif, jadi tak peduli apakah kamu seorang amatir, orang yang kreatif, atau seniman profesional, kamu bisa menggunakan aplikasi seni VR ini untuk mengekspresikan diri secara artistik. Oculus Medium menggunakan pengontrol sentuh untuk memungkinkan gerakan tangan yang intuitif untuk pengalaman dan sentuhan yang alami.

9. SculptrVR

SculptrVR adalah aplikasi seni VR yang bisa kamu gunakan untuk membuat, menjelajahi, dan berbagi dunia baru yang indah dalam Virtual Reality, dan kini telah tersedia untuk Daydream. 

SculptrVR menampilkan alat yang sangat intuitif yang memungkinkan pemain untuk membentuk dan mewarnai setiap karya yang sudah dibuat yang berdasarkan imajinasi kamu sendiri.

Berkat teknologi VR, kita kini dapat membuat karya seni yang berbeda dan memberikan pengalam baru bagi para penggunanya. Tidak hanya sampai di sini saja, teknologi masih akan terus berkembang untuk memberikan pengalaman yang jauh lebih hebat lagi ke depannya.

Virtual Reality memberikan interaktifitas tanpa batas kepada audience

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?