Teknologi Augmented Reality (AR) saat ini sudah semakin banyak diterapkan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari media pemasaran hingga untuk membantu pekerjaan manusia jadi lebih mudah. Teknologi yang mampu membuat dunia visual hadir ke dunia nyata ini memiliki banyak sekali manfaat yang besar dalam membantu manusia di bidang apapun, termasuk di bidang militer. Jika sebelumnya untuk tujuan pelatihan simulasi serta perencanaan strategi perang, kini teknologi AR juga dapat diterapkan untuk pelatihan penembak jitu bagi angkatan bersenjata.

Terobosan pelatihan penembak jitu dengan teknologi AR ini dilakukan oleh ThirdEye dengan menggunakan perangkat MRI Gen X2 yang nantinya memungkinkan para pasukan menggunakan senjata mereka dalam situasi sedang dalam pertempuran.

X2 ThirdEye

Kacamata AR ini dilengkapi dengan PAWS (Processor Aided Weapon Sight) yang terdapat pada layar di kacamata pintar X1 atau X2 ThirdEye yang berfungsi untuk memberikan informasi kepada seseorang yang melihat melalui ruang lingkup, faktor-faktor perincian seperti kecepatan angin, ketinggian, kondisi cuaca, dan jarak ke target. Teknologi ini dikembangkan khusus bagi anggota militer dan bisa di akses melalui platform Android mobile.

ar untuk pelatihan penembak jitu

Image Source : img.reality

ThirdEye Gen melalui BANC3 juga telah menandatangani kesepakatan dengan berbagai lembaga pemerintah dan departemen pertahanan untuk menggunakan X2 sebagai alat bantu untuk mempermudah pelatihan, dukungan dari jarak jauh, dan kasus penggunaan yang khusus. Perusahaan ini juga telah mengunci perhatiannya pada Microsoft yang dianggap sebagai pesaing, mengingat peran utamanya sebagai solusi AR di ruang militer.

Baca juga: Angkatan Laut AS Gunakan AR Untuk Pelatihan Strategi Perang Gerilya

Selain kerja samanya dengan militer, Nick Cherukuri, pendiri ThirdEye Gen juga mengatakan bahwa perusahaan mereka saat ini memiliki pesanan X2 untuk digunakan dalam pembuatan Boeing, Raytheon, General Dynamics, Pangkalan Angkatan Udara Robbins, dan lainnya.

Mereka juga memiliki tujuan untuk membuat teknologi AR agar semakin dikenal dalam bidang militer serta memiliki kontribusi besar dengan memberikan berbagai fitur yang nantinya akan memudahkan untuk digunakan oleh pasukan militer agar dapat berlatih menembak dengan maksimal.

ar pelatihan penembak jitu

Image Source : media.giphy

Selain manfaat AR di bidang pelatihan penembak jitu, tentu masih banyak manfaat lainnya yang dampaknya bisa di rasakan oleh manusia, dan itu semua bisa di sesuaikan dengan masing-masing kebutuhan tertentu. Oleh karena itu para pengembang berlomba-lomba untuk mengembangkan fitur AR menjadi lebih baik lagi sehingga semakin banyak lagi manfaat yang bisa diberikan kepada manusia di masa depan.


Augmented Reality tingkatkan efektifitas simulasi dan pelatihan

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !