Omzet dalam industri game meningkat sebesar 12% selama pandemi. Dari yang awalnya 120,1 miliar USD di tahun 2019, menjadi 139,9 miliar USD hingga akhir 2020. Data ini berdasarkan laporan dari SuperData. Namun untuk tahun 2021, SuperData memprediksikan pasar game hanya akan tumbuh 2%.

Bermain game dapat menjadi solusi bagi orang-orang untuk melawan kebosanan selama lockdown dan bekerja / belajar dari rumah, melarikan diri dari dunia nyata untuk mencari pengganti hiburan yang menjadi tidak tersedia, dan tetap berhubungan dengan teman dan keluarga atau bertemu orang baru dalam dunia virtual. Lebih dari setengah penduduk AS (55%) bermain game selama fase pertama lockdown COVID-19, karena acara seperti olahraga profesional dan menonton film di bioskop menjadi tidak tersedia.

Game free-to-play terus menghasilkan sebagian besar pendapatan (78%), dengan pasar Asia menyumbang 59% dari pendapatan free-to-play. Game seluler hardcore terus menarik para pemain di Asia. 2 game dari Tencent Honor of Kings dan Peacekeeper Elite, masing-masing menghasilkan lebih dari 2 miliar USD sepanjang tahun 2020.

Selain itu, konten video game (GVC) menjadi industri senilai 9,3 miliar USD pada tahun 2020, mencapai 1,2 miliar pemirsa. Video game untuk Among Us membantu game tersebut menjadi salah satu yang paling populer sepanjang masa. Secara keseluruhan, game digital saja menghasilkan 126,6 miliar USD pada tahun 2020, naik 12% dari tahun ke tahun. Untuk tahun 2020, omzet dalam industri game naik hanya 6% dari tahun ke tahun di bulan Januari dan Februari tetapi melonjak menjadi 14% untuk sisa tahun 2020. Karena lockdown COVID-19 berlaku di seluruh dunia pada bulan Maret, angka penjualan game melonjak dan tidak pernah berhenti.

game among us
Image source: HITC

Pasar seluler mengalami pertumbuhan 10% pada tahun 2020 dan menyumbang 58% dari total pasar game. Artinya, meskipun orang-orang terkunci, mereka memilih untuk menggunakan perangkat seluler daripada PC dan konsol saat berada di rumah.

Penghasilan seluler tetap stabil karena mayoritas pemain seluler (62% di Amerika Serikat) sudah menggunakan perangkat seluler sebagai platform game utama mereka. Gamer mobile di Amerika Utara dan Eropa terus memainkan judul-judul andalan seperti Pokémon Go dan Candy Crush Saga. Di Asia, seluler tetap menjadi platform pilihan bagi banyak gamer hardcore dan judul seperti Free Fire berkinerja lebih baik dari sebelumnya pada tahun 2020.

Pendapatan konsol premium adalah segmen yang tumbuh paling cepat. Amerika Utara menyumbang 57% dari pasar konsol premium dan dampak signifikan COVID-19 di Amerika Serikat memicu peminat konsol yang lebih tinggi, mendorong peningkatan pendapatan di seluruh dunia. Animal Crossing: New Horizons milik Nintendo menjadi salah satu hit terbesar pada tahun 2020, memecahkan rekor konsol untuk unduhan peluncuran premium.

Industri Game VR Akan Mengejar ketertinggalan

Half Life
Image source: Half Life

Omzet dalam industri game realitas virtual menghasilkan 589 juta USD pada tahun 2020 karena headset mandiri seperti Oculus Quest dan Oculus Quest 2 menjadi perangkat pilihan bagi sebagian besar pengguna. Sementara keseluruhan pengiriman headset VR turun 15% pada tahun 2020, penjualan perangkat mandiri tumbuh 19% sepanjang tahun.

Oculus Quest 2 yang mandiri (tanpa membutuhkan perangkat tambahan) mendorong adopsi VR di antara konsumen arus utama. Sebaliknya, segmen ponsel premium yang dulu populer secara efektif mati selama tahun 2020 karena pemegang platform membatalkan dukungan untuk Samsung Gear VR dan Google Daydream. Penjualan PlayStation VR juga menurun yang di akibatkan kurangnya konten baru karena Sony fokus pada peluncuran PlayStation 5.

Baca juga: 7 Jenis Cafe VR, Dengan Peluang Bisnis Senilai 45 Miliar Dolar di Tahun 2025

Pendapatan game VR naik 25% dari tahun ke tahun sebagian besar berkat rilis Half-Life: Alyx. Sebagai entri eksklusif VR dalam waralaba besar, Half-Life: Alyx memulihkan minat pada teknologi di antara para gamer hardcore. Game PC ini terjual 1,9 juta unit digital dalam enam bulan pertama dan menghasilkan lebih banyak pendapatan sendiri daripada gabungan semua game PC VR pada tahun 2019.

Tetapi masalah pasokan menahan pertumbuhan belanja VR yang dipicu pandemi. Dampak COVID-19 pada jalur produksi membuat headset seperti Oculus Quest dan Valve Index terjual habis sepanjang tahun 2020. Namun, mereka yang sudah memiliki headset lebih sering menggunakannya. Pada musim semi, COVID-19 menyebabkan 71% pemilik headset VR AS menghabiskan lebih banyak waktu dengan perangkat mereka dibanding di masa sebelumnya.

Prediksi Industri Game di Tahun 2021

Meskipun ada peningkatan aktivitas game karena COVID-19, SuperData juga mengatakan peluncuran vaksin diperkirakan tidak akan menyebabkan industri game menurun drastis. Meskipun pendapatan game digital diproyeksikan akan rata-rata datar pada tahun 2021, kebiasaan jangka panjang yang terbentuk selama lockdown akan tetap ada. Khususnya, pasar free-to-play dan premium di Asia naik dari tahun ke tahun masing-masing sebesar 11% dan 20%, meskipun beberapa negara, terutama China, menangani COVID-19 lebih cepat dan efektif daripada pasar lainnya.

Strategi “tiga besar” pembuat konsol akan terus berubah. Microsoft berfokus untuk mengubah Xbox Game Pass menjadi Netflix game yang berjalan di segala hal mulai dari ponsel hingga TV pintar. Pendapatan dan jumlah pelanggan Microsoft masing-masing naik 179% dan 175% dari tahun lalu pada November 2020. Sementara itu, Sony dan Nintendo akan terus fokus pada platform eksklusif yang mendorong penjualan perangkat keras.

SuperData mengatakan konsolidasi industri akan berlanjut pada 2021 karena pengembang dan penerbit berjuang untuk mendapatkan tempat di pasar yang kompetitif. Pada tahun 2020, akuisisi yang diumumkan termasuk ZeniMax Media (Bethesda) oleh Microsoft, Codemasters oleh Electronic Arts, dan Daybreak Games oleh EG7.

Edukasi produk lebih powerful dan efektif melalui gamification AR/VR

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

One Response

  1. Hi there! This is my first visit to your blog! We
    are a collection of volunteers and starting a new initiative in a community in the same niche.
    Your blog provided us valuable information to work on.
    You have done a wonderful job!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?