Pada generasi yang akan datang, akan ada saatnya teknologi Augmented Reality yang disingkat AR dapat memeberikan pengalaman yang imersif di Indonesia. Coba bayangkan, ketika anda sedang berjalan di kota yang tidak Anda kenal dan akhirnya memutuskan untuk pergi makan siang. Itu dapat terjadi berkat kombinasi teknologi AR dan cloud.

Dengan Anda yang memakai kacamata AR, pastinya bisa melihat di sekitar kota tersebut dan melihat apa yang ada di sekitar restoran tempat Anda makan. Dan dengan bentuk yang persis ketika anda berada di dunia nyata. 

Jadi rasanya sepeti Anda sedang makan di kota lain dan dihidangkan makanan secara virtual. Hal ini disebut juga sebagai teknologi AR cloud. Teknologi ini memungkinkan penyatuan dunia nyata dan digital, untuk menciptakan pengalaman yang imersif atau menarik. 

Teknologi ini menggunakan antarmuka untuk menyampaikan konten digital secara persisten, kolaboratif dan kontekstual kepada manusia, objek dan lokasi. Dan teknologi ini dapat memberi informasi layanan yang terkait dengan lingkungan di sekitar pengguna. 

Gartner memperkirakan pada tahun 2025, 15% organisasi dengan pendapatan lebih dari 1 milliar USD akan menggunakan teknologi AR cloud untuk bisa memonetisasi dunia nyata melalui interaksi dengan teknologi tersebut.

Untuk mempersiapkan peluang teknologi AR cloud dimasa depan, para pemimpin teknologi sudah harus fokus terhadap pembangunan fitur, fungisionalitas dan ekosistem yang diperlukan untuk membangun teknologi ini.

Perencanaan & Prediksi AR Cloud di Masa Depan

Potensi teknologi AR cloud, akan mendapatkan support menggunakan kamera ponsel, aplikasi Apple, kode QR atau NFC. Dimana itu semua menambahkan fitur untuk memberikan pengalaman lebih interaktif secara digital. 

Dan penerapan AR cloud juga akan membutuhkan ekosistem penyedia atau vendor yang bersedia bekerja sama untuk membangun pengalaman yang lebih persisten, kolaboratif dan dapat diskalakan.

Baca juga: Pemasaran Produk Melalui AR, Selamatkan Bisnis Anda di Masa Pandemi

Pada teknologi ini, di prediksi sektor-sektor seperti hiburan, ritel, pendidikan dan kesehatan akan lebih berguna untuk menambah pengalaman konsumen dan karyawan mereka. Karena apa ? dengan alasan berikut ini :

  1. Banyak teknologi yang dikembangkan saat ini, seperti 5G, edge AI dan IoT. Itu semua akan berkolaborasi dengan teknologi AR cloud.
  2. Sebagian besar, pengalaman menggunakan AR banyak melalui tablet dan smartphone saja, dengan teknologi ini mereka akan menggunakan perangkat khusus dan menggunakan handsfree dengan layar yang dipasang di kepala. Agar lebih terlihat gaya dan ergonomis.
  3. Infrastruktur yang mendukung, memungkinkan pengalaman ini akan terjadi. Karna pembuatannya yang menghubungkan dunia nyata dengan digital. 

Saatnya Mencoba AR Cloud

Dengan perkembangan jaman yang lebih maju dengan internet, dipastikan teknologi ini akan membantu bisnis di sektor yang sudah disebutkan diatas. Yaitu hiburan, pendidikan, kesehatan dan lain-lain. Menjadikannya investasi yang layak bagi bisnis Anda dalam jangka panjang.

Tertarik untuk berinvestasi di AR Cloud?


Augmented Reality media efektif untuk pemasaran dan branding bisnis Anda

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami