Ketika hendak membeli mobil baru, Anda tentu sering dihadapkan dengan pilihan tak terbatas dalam hal merek, model, dan kustomisasi. Cara terbaik untuk memilih mobil dengan tepat adalah dengan melihatnya secara langsung baik exterior maupun interior, serta melakukan test drive atau mencoba mengemudikannya sendiri untuk merasakan pengalaman mengendarai kendaraan tersebut. Teknologi AR/VR dapat bantu bisnis otomotif untuk menyajikan produk dan memberikan pengalaman berkendara secara virtual, sehingga dapat memudahkan calon pembeli.

Iklan gambar statis melalui media cetak atau online tentu tidak akan cukup, karena selain tampilan dari luar, nilai utama yang di tonjolkan oleh merek kendaraan bermotor biasanya termasuk pengalaman berkendara. Menyajikan pengalaman memilih dan membeli mobil melalui Augmented Reality (AR) atau Virtual Reality (VR) dapat membantu mengatasi keraguan dari pelanggan tentang kendaraan yang akan di beli, dan memberikan keyakinan lebih bahwa mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Realitas Virtual dalam Tes Mengemudi Mobil

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil, pelanggan biasanya ingin mencoba test drive untuk merasakan pengalaman berkendara. Alih-alih harus datang ke dealer yang memakan waktu, dan bahkan setelah test drive belum tentu pelanggan suka dengan performa mobil tersebut, Virtual Reality dapat menghemat banyak waktu dengan memungkinkan pembeli untuk menguji coba mobil dari rumah yang nyaman.

Dengan VR yang realistis, memberikan pengalaman  kepada calon pembeli layaknya sedang benar-benar mengendarai mobil di jalan raya dalam kehidupan nyata, serta memberikan akses untuk mencoba beberapa fitur yang ditawarkan kepada pengguna.

VR juga dapat memungkinkan pelanggan untuk melakukan kustomisasi desain exterior dan interior untuk memberikan pilihan lebih luas sesuai dengan gaya dan kenyamanan pengguna. Teknologi ini juga dapat berguna bagi para enjiner yang membuat prototipe kendaraan. Proses ini membutuhkan pengukuran dan banyak detail lainnya dengan tepat, dan VR dapat membantu mereka lebih memahami bagaimana semua bagian kendaraan cocok satu sama lain.

Balap Mobil VR

Dunia otomotif VR sangat beragam dan termasuk balap mobil juga. Banyak orang bermimpi menjadi pengemudi NASCAR profesional dan bahkan menikmati beberapa video game populer. Namun, simulator mobil VR dapat memberikan pengalaman yang sama sekali baru bagi kita. Anda dapat menyajikan solusi realitas virtual kustom yang memungkinkan orang untuk balapan dengan teman mereka di sirkuit atau acara lainnya dan membenamkan diri untuk merasakan sendiri pengalamannya.

Pengemudi profesional bisa mendapatkan keuntungan dari simulator mobil realitas virtual karena mereka dapat menghabiskan waktu latihan yang diperlukan tanpa mengambil risiko cedera pada diri mereka sendiri atau kerusakan pada mobil. Mereka juga bisa berlatih dimanapun mereka berada karena tidak perlu benar-benar datang ke trek balap.

Showroom Mobil Augmented Reality

Membuka dealer mobil bisa jadi sangat mahal, dan menjadikannya ramai dikunjungi pembeli tidaklah mudah.  Belum lagi Anda harus membayar sewa tempat, membeli furnitur, mempekerjakan karyawan, dan banyak biaya lainnya. Augmented Reality menjadi solusi untuk memangkas semua pengeluaran tersebut secara signifikan. Dengan menggunakan AR, Anda dapat menyewa lokasi yang lebih kecil karena mobil dapat dilihat dalam tampilan AR, dan Anda juga dapat mempekerjakan lebih sedikit karyawan karena AR mampu meningkatkan pengalaman pelanggan.

Baca juga: Virtual Tour Museum, Solusi Terbaik Bagi Museum di Saat Pandemi

Dengan memanfaatkan teknologi AR/VR untuk bantu bisnis otomotif, Anda mendapat keuntungan sangat besar atas uang yang Anda belanjakan karena menawarkan pengalaman pelanggan yang lebih baik sambil menurunkan biaya operasional.

Selain menjual mobil, dealer juga sering kali harus memperbaiki mobil, dan pemeliharaan otomotif augmented reality dapat membantu Anda dalam hal ini. AR dapat menunjukkan mekanisme, langkah, dan urutan untuk perbaikan yang cepat dan tanpa kesalahan. Ini juga dapat membantu pelanggan memahami apa yang salah dengan kendaraan dengan memvisualisasikan suku cadang mobil dan menunjukkan kepada mereka masalah yang memengaruhi mesin.

Solusi AR/VR Bantu Bisnis Otomotif Saat Pandemi

AR/VR Bantu Bisnis Otomotif

Pembeli kendaraan bermotor semakin sepi di masa pandemi? Ini solusinya.

Introducing VIRTUOTO, platform mobile apps sebagai solusi bagi seluruh dealer kendaraan di Indonesia. Calon konsumen dapat menggunakannya dari rumah, sehingga tetap mengikuti protokol kesehatan COVID-19, dan memberikan rasa aman dan nyaman bagi setiap calon konsumen.

VIRTUOTO menggunakan teknologi Virtual Reality (VR) 360°  dengan resolusi tinggi, sehingga calon konsumen dapat merasakan pengalaman explorasi beragam pilihan kendaraan secara nyata dan mendalam seolah berada di dalamnya, dan berikan pengalaman baru mengendarai mobil secara virtual.

Melalui VIRTUOTO, calon konsumen akan mendapatkan gambaran produk lebih jelas dan detail. Di dukung beragam fitur interaktif dan informatif mulai dari virtual customization, real authentic sound capturing, dan live chat dengan sales dealer.

Hubungi kami untuk konsultasi dan solusi selengkapnya dengan klik tombol di bawah ini.


Visualisasi produk lebih powerful dan efisien melalui simulasi AR/VR

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami