Kenangan masa kecil merupakan hal yang melekat di pikiran kita. Pizza Hut’s memanfaatkan hal tersebut dengan meluncurkan “Newstalgia”, kotak pizza edisi terbatas. Menyajikan permainan retro Pac-Man yang didukung teknologi Augmented Reality (AR) untuk strategi pemasaran Pizza Hut’s. Kampanye iklan ini tentu akan menyentuh hati masyarakat mulai dari generasi 80an.

Menurut kepala pemasaran Pizza Hut, George Felix, ide di balik kampanye ini adalah untuk “membangun kembali identitas merek yang kuat yang berakar pada inovasi yang berani selama beberapa dekade, sebagai pionir dalam industri, dan hubungan emosional nostalgia” dengan memasukkan elemen merek yang dapat langsung dikenali di masa lalu, seperti Book It! pin, cangkir merah, lampu kaca patri, dan taplak meja kotak-kotak merah-putih.

Ini termasuk Pac-Man, game arcade labirin klasik tahun 1980 yang legendaris dari Bandai Namco Entertainment. Pelanggan akan segera memiliki kesempatan untuk menemukan kembali kecintaan mereka pada franchise game ikonik ini dengan memindai kotak pizza yang didukung AR sambil menikmati satu atau dua potong pizza hangat.

Image Credit: Pizza Hut’s

Setiap kotak edisi terbatas ini memiliki kode QR yang ketika dipindai dengan ponsel cerdas pembeli, maka akan menghasilkan versi WebAR dari game labirin Pac-Man lengkap dengan aset 3D asli Pac-Man, Inky, Blinky, Pinky, dan Clyd. Dikontrol melalui joystick virtual, game ini memiliki tiga tingkat kesulitan yang dirancang untuk melayani pemain kasual hingga hardcore. Ada juga papan peringkat online dimana pemain dapat membandingkan statistiknya dengan orang lain dan bersaing untuk gelar juara teratas.

Baca juga: Pemasaran Produk Melalui AR, Selamatkan Bisnis Anda di Masa Pandemi

Menurut Yutaka Fuse, kepala lisensi dan branding Bandai, Pac-Man secara alami cocok untuk jaringan restoran Amerika, “Desain dan kreasi Pac-Man terinspirasi oleh bentuk pizza dengan potongan yang diambil. Karena alasan tersebut, menjadikan kemitraan ini sangat sesuai untuk merek Pac-Man. “

“Ide di balik Newstalgia lahir dari mendengarkan pelanggan kami dan merayakan semua hal yang mereka asosiasikan dan sukai tentang merek tersebut,” tambah Felix. “Baik itu lampu Tiffany, game arcade, cangkir merah, taplak meja kotak-kotak merah-putih atau pizza ikonik kami – dan menggabungkan ekuitas abadi dengan inovasi modern, seperti yang terlihat dari kemitraan dengan Pac-Man dan kotak AR edisi terbatas untuk strategi pemasaran Pizza Hut’s. ”

Teknologi AR memang sangatlah powerful dalam menjaring keterlibatan penggunanya, seperti dalam kasus Newstalgia box ini yang mampu mengajak pembeli untuk terlibat dengan kotak pizza yang biasanya langsung dibuang setelah pizza habis di makan.


Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui gamifikasi AR/VR

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami