Ruang kerja digital terbilang mengalami perubahan terbesar sepanjang sejarah. Pada 20 tahun mendatang, Anda mungkin tidak lagi menggunakan keyboard dan mouse, melainkan sudah digantikan teknologi yang lebih mutakhir. Begitu juga dengan berbagai platform online untuk urusan pekerjaan. Dengan hadirnya pandemi COVID-19, semakin membuktikan bahwa tempat kerja digital sangatlah penting dan dibutuhkan oleh bisnis.

VR Menggantikan Keyboard dan Mouse

Pada pergelaran CES 2021, Mudra Band, sebuah strap untuk Apple Watch hadir dan menunjukan bahwa tangan virtual dapat menggantikan joystick yang dipadukan dengan headset. Tangan virtual ini merupakan cerminan dari tangan Anda sendiri. Anda bisa melakukan berbagai hal dalam dunia VR dengan gerakan sederhana. Secara alami, gerakan tangan ini dilengkapi sarung tangan yang memiliki teknologi haptic. Tenologi tersebut memungkinkan Anda untuk mensimulasikan perasaan.

Contoh lainnya adalah Siri Apple atau Google Assistent. Keduanya menggantikan semua input yang biasanya dilakukan mealui keyboard. Anda hanya perlu mengatakan apa yang Anda perlukan dan kedua asisten Anda akan melakukan apa yang Anda minta.

Dalam industri kreatif, seniman menggunakan tab gambar khusus yang menghasilkan gambar dengan detail yang jauh lebih baik dibandingkan dengan mouse. Saat ini dunia digital juga sudah memasuki ranah tiga dimensi, bahkan empat dimensi.

Baca juga: Strategi Marketing Properti Cerdas Melalui Penerapan Teknologi AR/VR

Selain itu, untuk mengoperasikan mouse dan keyboard, dibutuhkan serangkaian keterampilan motorik dan dua lengan yang berfungsi dengan baik. Sayangnya, ada beberapa orang yang tidak memilikinya sehingga mungkin saja tertinggal. Oleh karena itu, diperlukan penyesuaian khusus untuk hal ini.

Dalam VR, Anda akan memiliki avatar dan metode input untuk hal-hal yang tidak relevan. Selama software yang digunakan bisa menerjemahkan input menjadi sesuatu yang dapat divisualisasikan, maka semuanya akan baik-baik saja.

Dengan alat seperti Mudra Band, gerakan yang Anda lakukan bisa diubah menjadi tindakan. Artinya, Anda hanya membutuhkan satu tangan untuk membantu Anda menyelesaikan semua pekerjaan.

Pengembangan alat seperti Mudra Band ini ke depannya akan sangat membantu ruang kerja digital, termasuk untuk orang-orang yang kesulitan mengoperasikan mouse dan keyboard.


AR/VR Tingkatkan Produktifitas, Kecepatan Kerja dan Omzet Bisnis Anda

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami