Virtual tour semakin menjamur meskipun badai COVID-19 sudah mereda di seluruh dunia. Penyedia jasa virtual tour terus berinovasi mengembangkan cara untuk bisa menjawab kebutuhan brand yang terus dinamis.

Salah satu andalan penyedia jasa virtual tour adalah penggunaan teknologi Virtual Reality atau VR. Melalui teknologi VR, pengguna dapat berinteraksi dalam lingkungan virtual 3 dimensi yang sangat detail dengan resolusi tinggi. Interaksi tersebut terjadi secara real time melalui simulasi perangkat komputer walau sebenarnya terpisah ruang dan waktu.

Virtual tour adalah jawaban sektor promosi dan pemasaran untuk bisa menjangkau berbagai tipe target konsumen, terutama generasi milenial. Brand activation saat ini sudah tidak lagi hanya bisa mengandalkan media sosial apalagi metode konvensional, seperti brosur. Virtual tour adalah jembatan antara brand dengan calon konsumen dalam banyak hal.

Apa itu virtual tour?

Seperti sudah disinggung di atas, virtual tour adalah tur di dunia maya. Dari segi bisnis, tur virtual ini mengusung tujuan komersial tertentu, tergantung kebutuhan. Berkat canggihnya teknologi, tur virtual kini bisa diakses oleh siapapun melalui berbagai platform, seperti PC dan smartphone berbasis Android dan iOS.

Bahkan, tur virtual semakin berkembang menjadi virtual tour 360 derajat dan Metaverse. Kedua jenis tur ini disediakan oleh MonsterAR, yang memang sudah berpengalaman menjadi penyedia jasa virtual tour.

Virtual tour memanfaatkan tren ketertarikan publik, baik lokal dan global, terhadap visual. Menyampaikan suatu pesan melalui visual menarik jauh lebih efektif dan cepat ketimbang melakukannya melalui teks.

Virtual tour melalui VR hingga Metaverse membawa strategi promosi ini selangkah lebih maju. Interaksi di dunia maya menjadi lebih imersif, bahkan untuk Metaverse, batas antara dunia nyata dan maya terasa kabur. Bagi pebisnis, ini menjadi peluang komersial menggiurkan tersendiri.

Contoh pemakaian jasa virtual tour

Penyedia jasa virtual tour memakai teknologi VR pada umumnya siap melayani berbagai jenis permintaan brand activation untuk aneka sektor. Contohnya adalah sebagai berikut:

  1. Museum digital
  2. Properti dan real estate
  3. Pariwisata
  4. Perhotelan
  5. Pendidikan
  6. Otomotif

contoh virtual tour

Dan di bawah ini merupakan pemakaian virtual tour Metaverse terbanyak:

  1. Perhotelan
  2. Kesehatan
  3. Militer
  4. Pemasaran
  5. Kantor virtual
  6. Online game
  7. Acara, seperti pameran dan konser

Baca juga: Sewa Photo Booth, Solusi Terbaik Ramaikan Boothmu di Event

Keuntungan menggunakan jasa virtual tour

Virtual tour Indonesia tetap menawarkan segudang manfaat meski kebijakan menjaga jarak dan menghindari kerumunan sudah berakhir. Berikut di antaranya:

1. Lebih ekonomis dan irit waktu

Memilih teknik promosi melalui tur virtual akan menghemat banyak biaya dan waktu. Bagi pebisnis, tur virtual tidak memerlukan sewa tempat yang biayanya bisa tinggi. Belum lagi, mereka harus mengikuti beberapa acara dengan biaya yang berbeda-beda untuk menjangkau calon konsumen.

Sedangkan dengan virtual tour Indonesia, brand dapat menghadirkan pengalaman ke calon konsumen secara lebih imersif dan irit. Konsumen dapat menikmati konten komersial dan seru kapan saja dan dimana saja. Baik bagi brand dan konsumen, konsep hemat biaya dan waktu bisa dirasakan. Bahkan konsumen dapat menikmati konten promotif tersebut tanpa merasa dibujuk secara berlebihan.

2. Memperbesar peluang konversi

Tidak hanya banyak, penyedia jasa virtual tour akan membantu mengerucutkan audiens menjadi calon konsumen. Ini dikarenakan tur virtual dibuat benar-benar sesuai permintaan klien. Sebagai contoh, klien dalam bidang properti yang mengharapkan tur virtual sesuai tujuan dan target konsumennya. Dengan isi konten yang pas, target konsumen akan lebih teryakinkan sehingga memperbesar konversi menjadi penjualan produk atau jasa.

4. Lebih efektif dalam mengunci perhatian audiens

Isi konten dalam virtual tour Indonesia dirancang sehidup dan sedalam permintaan klien. Konten tetaplah raja dan beberapa menit, bahkan detik awal, sangatlah berharga. Apabila konsep ini sudah terwujud maka akan lebih mudah bagi brand dalam menjaga fokus audiens. Dengan inovasi teknologi yang menarik di dalamnya, tujuan tersebut lebih mudah tercapai.

manfaat virtual tour tingkatkan jangkauan

3. Menjangkau lebih banyak calon konsumen

Penyedia jasa virtual tour akan membantu brand dalam menjangkau audiens lebih besar daripada memakai cara konvensional. Saat ini, hampir semua orang di seluruh dunia sudah mengakses Internet, bahkan menjadikannya bagian dari gaya hidup. Tur virtual akan memfasilitasi brand berinteraksi dengan audiens dimana saja. Konten dalam tur virtual umumnya mengandung informasi produk atau layanan dan manfaatnya bagi pengguna. Audiens dapat mengakses itu semua tanpa perlu secara fisik mendatangi lokasi tertentu.

5. Mendongkrak performa SEO

Semakin banyak audiens yang tertarik menjajal tur virtual, kian besar peluang Search Engine Optimization (SEO) meningkat di dunia maya. Ini hadir berkat durasi sesi yang lebih lama di dalam website, serta ulasan audiens tersebut menggunakan virtual tour. Secara otomatis, hal tersebut akan membuat brand Anda banyak dicari oleh warganet. Kinerja SEO akan sangat terbantu jika brand Anda memang sudah dikenal orang.

Apa lagi inovasi virtual tour setelah ini?

Tidak bisa memisahkan antara perkembangan teknologi dengan virtual tour. Penyedia jasa virtual tour menjadi yang terdepan dalam mengadopsi teknologi lalu memadukannya dengan kebutuhan dunia bisnis dan pemasaran. Beberapa contoh yang akan terus cerah di sektor ini adalah industri pariwisata. Bukan hanya meyakinkan calon pelancong, tur virtual akan membantu mereka yang tidak bisa ke suatu tempat menarik lantaran keterbatasan waktu atau biaya. Dengan berbekal headset VR, pengalaman serasa di tempat tersebut serasa nyata sehingga tidak perlu harus ke lokasi wisata tersebut.

Industri lainnya adalah tur virtual 360 derajat di sektor perhotelan. Untuk meningkatkan tingkat keterisian kamar, pengelola hotel dapat mengandalkan virtual tour untuk meyakinkan calon tamu menginap di sana. Ruangan demi ruangan atau jenis kamar dapat menjadi bahan konten yang “hidup” agar calon tamu merasa uang yang akan mereka bayar sesuai atau tidak dengan fasilitas yang akan didapatkan.

Apapun brand dan kebutuhan Anda tentang virtual tour Indonesia, percayakan semuanya ke MonsterAR. Kami adalah perusahaan Augmented Reality dan Virtual Reality terpercaya dan berpengalaman di Indonesia dan Asia. Dengan beragam produk dan layanan Augmented Reality atau AR/VR yang dapat menyukseskan semua kebutuhan promosi, branding maupun keperluan bisnis Anda lainnya. Tak hanya itu saja, MonsterAR juga mengembangkan berbagai macam aplikasi dan software yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan semua bidang industri yang ada. Ingin tahu lebih lanjut mengenai AR dan VR yang cocok untuk mendukung kebutuhan bisnis Anda? Hubungi kami di bawah ini untuk konsultasi selengkapnya.


Virtual Reality Tingkatkan Produktifitas, Kecepatan Kerja dan Omzet Bisnis Anda

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami