Apakah Anda tertarik dengan kamera 360 derajat tetapi tidak tahu cara kerja serta manfaatnya? Kamera 360 derajat adalah kamera yang bisa memotret semua pemandangan dan ruang yang mengelilinginya. Dilengkapi dengan dua lensa sudut lebar yang dapat memotret 180 derajat atau lebih, setiap lensa memotret pada waktu yang sama, dan kamera menyatukan gambar secara otomatis untuk menghasilkan foto dan video 360 derajat yang lengkap. Yang membuatnya unik adalah, kamera ini secara otomatis melakukan penggabungan gambar yang memungkinkan Anda memotret foto 360 derajat dalam satu bidikan.

Kenapa Harus Kamera 360 Derajat

Tidak hanya DSLR dan kamera mirrorless, tetapi bahkan smartphone dapat mengambil foto berkualitas tinggi yang mengejutkan akhir-akhir ini. Lantas, apa saja keuntungan menggunakan kamera 360 derajat?

Hasil Gambar Tampak Realistis

Perbedaan besar antara DSLR/smartphone dan kamera 360 adalah bahwa kamera 360 derajat menangkap seluruh ruang ke segala arah alih-alih memotong sebagian ruang. Melihat kembali foto-foto bersama keluarga dan teman-teman Anda memang menyenangkan, tetapi akan lebih seru dan realistis jika foto-foto tersebut menunjukkan pemandangan 360 derajat penuh, seolah-olah Anda benar-benar ada di sana.

Berikut beberapa keunggulannya:

Sulit untuk menangkap seluruh ruang dalam satu bidikan bahkan dengan smartphone terbaru atau DSLR dengan lensa sudut lebar.

Keuntungan utama dari kamera 360 derajat adalah dapat memotret ruang di sekitar Anda dan melihatnya kembali dengan cara yang lebih mendalam.

Mudah Digunakan

Saat mengambil gambar dengan kamera seperti DSLR, perlu memikirkan komposisi dalam frame persegi, serta pengaturan seperti zoom, fokus, eksposur, dan sebagainya. Tentu saja, itu salah satu bagian menyenangkan dari kamera, tetapi jika Anda tidak terbiasa memegang kamera, Anda mungkin kehilangan momen sekali seumur hidup.

Kamera 360 derajat tidak memiliki batasan atau gagasan tentang bingkai dalam komposisi karena mampu merekam sekeliling sekaligus ke segala arah. Jadi, Anda tidak perlu khawatir tentang komposisi seperti saat menggunakan kamera biasa. Selain itu, kamera 360 menggunakan eksposur otomatis serta fokus pan, yang berarti seluruh pemandangan dalam fokus. Jadi, tidak perlu pengetahuan khusus atau mengoperasikan kamera dengan dial atau ring. Dengan hanya menekan satu tombol rekam, Anda dapat secara otomatis mengambil gambar terbaik dengan pengaturan kamera terbaik.

Baik Anda mengambil foto grup atau selfie, cukup hidupkan daya dan tekan tombol. Desainnya yang ringkas memungkinkan pengambilan gambar dengan satu tangan tanpa mengoperasikan pengaturan tambahan apa pun. Segala sesuatu di sekitar Anda dapat dipotret dalam satu klik, dengan cepat dan mudah mendapatkan segalanya dan semua orang dalam bidikan.

Baca juga: Arti Augmented Reality Menurut Para Ahli dan 4 Kasus Penggunaannya

Bagi mereka yang memiliki anak kecil atau yang ingin mengabadikan kenangan dalam perjalanan atau di luar ruangan, ada baiknya memiliki kamera 360 derajat sehingga Anda dapat memotret tanpa mengkhawatirkan komposisi atau pengaturan, dan juga menjaga satu tangan yang lain tetap bebas melakukan aktifitas. Dengan mobilitas, desain yang ringkas dan mudah dipotret, serta eksposur otomatis sehingga Anda dapat sepenuhnya merasakan fitur dan pesona kamera 360 derajat.

Tips Memilih Kamera 360

Berikut adalah beberapa poin yang perlu diperhatikan saat memilih kamera 360 untuk pertama kalinya.

Perjelas fungsi yang diinginkan untuk tujuan Anda

Pertama, pikirkan baik-baik tentang jenis kamera yang Anda butuhkan berdasarkan tujuan dan lingkungan pemotretan Anda. Dengan memperjelas tujuan dan gambar yang ingin Anda ambil, Anda akan tahu kamera mana yang Anda butuhkan. Dalam beberapa kasus, kamera yang dapat dikenakan dengan lensa sudut lebar mungkin lebih baik daripada kamera 360.

Portabilitas dan pengoperasian yang baik

Penting untuk memikirkan dengan cermat tentang kegunaan dan portabilitas kamera 360. Mulai dari cara mengaktifkan apakah mudah untuk langsung digunakan saat ingin memotret, dari bobot dan ukuran apakah nyaman untuk di bawa dan dimasukan ke dalam tas atau saku, hingga desain, tekstur dan variasi warna apakah nyaman untuk digunakan.

Kamera 360 derajat memiliki pesona unik yang tidak dapat diberikan oleh kamera lain. Jika Anda tertarik, silakan coba dan rasakan momen menarik yang tidak biasa dan berbeda dengan kamera standard pada umumnya. Anda bisa membelinya di marketplace kesayangan Anda, selamat mencoba.

Virtual Reality menjadikan pelatihan lebih hemat biaya, efisien, dan tanpa risiko cidera

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?