Mengikuti event bisnis memunculkan tantangan tersendiri, yakni bagaimana pengunjung tertarik mendatangi gerai Anda. Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan jasa rental photobooth dari MonsterAR dengan teknologi AR.

Photobooth sendiri hingga sekarang masih menjadi alat efektif untuk menarik kerumunan, terutama kalangan milenial dan generasi Z. Tentu saja, photobooth bukan sekadar gimmick. Untuk mengemasnya sebagai alat promosi brand, Anda wajib merumuskan strategi agar konten dalam photobooth memang tepat mewakilkan identitas brand.

Agar lebih mutakhir dari photobooth konvensional, MonsterAR mengajak Anda menciptakan photobooth yang berbeda. Metode ini memanfaatkan teknologi Augmented Reality atau AR dengan teknik real-time rendering serta cloud storage. Saat ini, rental photobooth berbasis AR sudah banyak dilirik berbagai brand. Anda pun dapat mempertimbangkannya dengan terlebih dahulu mengetahui manfaat dan fitur di dalamnya seperti dijelaskan di bawah ini.

Enam Keuntungan Memakai Jasa Rental Photobooth

1. Menarik minat orang mendatangi stand

Seperti event bisnis pada umumnya, terdapat puluhan bahkan ratusan stand yang berpartisipasi. Tidak jarang, banyak stand yang membidik pangsa pasar yang sama. Photobooth sendiri bukanlah barang baru jadi tidak mengherankan apabila banyak stand yang menawarkan photobooth agar publik tertarik mampir.

Agar “menang” dari persaingan tersebut, manfaatkan jasa rental photobooth berteknologi AR. Photobooth AR berbeda dari photobooth pada umumnya. Anda bisa memasukkan karakter animasi lucu yang secara otomatis muncul lalu tampil pada muka setiap pengunjung yang mencobanya. Jangan lupakan logo brand atau tagline kampanye produk pada setiap foto yang akan dijepret. Setiap foto nantinya bisa dicetak dalam bentuk hard copy lalu dikirim ke pengunjung dalam bentuk soft file.

2. Menciptakan potensi viral

Dengan keseruan dan rasa penasaran yang tercipta, pengunjung akan dengan sendirinya membicarakan stand Anda. Bukan hanya perbincangan saat di lokasi tetapi juga di dunia maya. Mereka tidak akan segan membuat konten menarik di media sosial, seperti di Instagram dan TikTok. Pengalaman mereka berswafoto atau selfie dan wefie akan bersliweran di media sosial. Photobooth Anda akan menjadi bahan konten yang menyenangkan dan inovatif. Kreativitas mereka akan terpantik begitu menjajal photobooth AR buatan Anda bersama MonsterAR. Dengan dua arah ini, potensi viral marketing terbuka lebar. Promosi dan penjualan akan sangat terbantu jika ini terjadi. Makanya, photobooth berbasis AR harus digarap secara serius.

3. Menawarkan pengalaman interaktif

Menggunakan jasa rental photobooth dari MonsterAR berarti “menghidupkan” brand Anda. Pengunjung tidak hanya membaca brand melalui brosur atau melihat iklan melainkan benar-benar “hidup” di dalam brand itu. Tidak harus menjajal produk secara langsung, photobooth AR lebih berfokus pada penyampaian citra brand. Pertama-tama, tentukan citra brand yang ingin diingat oleh publik. Sebagai contoh, Anda ingin agar brand diingat sebagai yang paling terdepan dari segi inovasi promosi.

Setelahnya, wujudkan citra khusus tersebut ke dalam efek, bingkai, filter, latar belakang foto dan alat peraga digital. Tambahkan pilihan untuk membuat video pendek atau animasi GIF serta tawarkan ke mereka tampilan yang bisa dipersonalisasi. Dengan gabungan elemen “wajib” serta privat tersebut maka interaksi mendalam bisa tercipta.

4. Mendekatkan brand dengan konsumennya

Interaksi seru seperti tergambar pada poin ke-3 akan secara langsung mendekatkan brand dengan calon pembelinya. Namun untuk mencapai tujuan ini pastikan nilai brand sudah benar-benar terwujud ke dalam konten photobooth. Jika visi ini sudah tercapai akan lebih bagi Anda dalam mempromosikan manfaat produk, proses produksi, hingga akhirnya menjualnya.

Baca juga: Strategi Pemasaran Produk Efektif Dengan Teknologi AR dan VR

Setelah publik yang menjajal photobooth AR tertarik, Anda bisa meminta izin mengirimkan materi promosi nantinya melalui kontak yang mereka secara sukarela berikan. Informasi kontak ini bisa berupa alamat email, media sosial, hingga nomor telepon. Jika tidak untuk mengirimkan bahan promosi, informasi mereka akan bermanfaat untuk mempelajari kecenderungan mereka terhadap produk atau layanan tertentu.

5. Memberikan poin ekstra dibandingkan pesaing

Selalu ada ruang untuk menjadikan brand Anda lebih baik dibandingkan pesaing meski bergerak pada sektor yang sama. Memasukkan elemen AR ke dalam photobooth akan meningkatkan nilai brand Anda di mata publik. Mereka akan melihat brand Anda lebih inovatif dan terdepan dari segi teknologi dan kreativitas. Secara tidak langsung, hal ini akan menaikkan citra brand di depan publik.

6. Menjadi obyek konten yang unik

Manfaat ke-6 ini terkait erat dengan poin ke-2. Kali ini potensi viral akan lebih didukung oleh influencer media sosial. Begitu melihat photobooth Anda begitu unik dengan sendirinya mereka akan meliput dan membuat konten. Sudah bisa dipastikan brand Anda semakin naik. Anggap saja mereka mempromosikan brand Anda secara gratis.

Elemen dalam AR Photobooth

Ke-6 manfaat AR photobooth di atas dimungkinkan dengan optimalisasi fitur yang biasa ditemukan dalam inovasi ini. Fitur tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Model 3D
  2. Animasi 3D dan 2D
  3. Latar belakang yang bisa diganti
  4. Grafik 2D

Sedangkan elemen eksternal yang membentuk AR photobooth mencakup sensor di dalam mesin yang nanti memunculkan obyek virtual dan animasi untuk ditangkap oleh foto. Dengan metode ini, pengguna seakan-akan berinteraksi dengan brand. Foto pun bisa langsung dicetak setelahnya.

Anda bisa lebih lanjut menggunakan teknologi untuk menghilangkan latar belakang foto di dalamnya meski green screen tidak tersedia. Pengunjung pun bisa berfoto dengan latar apa saja. Sebelum mengajak pengunjung stand untuk menjajal photobooth AR, persiapkan pendukung di bawah ini:

  1. Elemen yang dipersiapkan oleh brand atau EO sebagai klien
  2. Perangkat khusus untuk mencetak foto
  3. Cloud untuk menampung foto pengunjung
  4. Pratinjau foto sebelum mencetaknya
  5. Pengubah latar foto
  6. Pilihan pengiriman foto memakai surat elektronik
  7. Pilihan publikasi foto ke media sosial

Baca juga: Cara Branding Produk Lebih Powerful Melalui Augmented Reality

Pilihan Lokasi Meletakkan AR Photobooth

Selain acara atau pameran bisnis, Anda bisa meletakkan AR photobooth di tempat rekreasi, hotel, museum digital, pusat perbelanjaan, dan lokasi strategis lainnya. Carilah lokasi yang memang ramai dilewati oleh masyarakat agar brand Anda cepat dikenal. Foto yang bisa dicetak dapat dimanfaatkan sebagai bahan promosi offline.

Rental Photobooth oleh MonsterAR

Kami menyewakan AR photobooth dengan harga terjangkau tanpa sedikit pun mengurangi kualitas layanannya. AR photobooth dari kami bisa menyesuaikan dengan nilai brand dan kampanye pemasaran yang ingin dicapai untuk event yang diikuti. Anda juga bisa menggunakan AR photobooth untuk meletakkannya di titik strategis seperti dicontohkan di atas. Selain dari segi konten, AR photobooth kami bisa disesuaikan dengan anggaran pemasaran perusahaan Anda.

Tidak perlu khawatir jika kekurangan ide kreatif kekinian untuk mendongkrak nilai brand. Selain tim teknis dan tim kreatif, kami didukung oleh tim bisnis yang akan membantu merumuskan konsep AR photobooth yang efektif mencapai target bisnis Anda. Yuk, hubungi tim kami sekarang juga!

Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR/VR
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?