Ketatnya persaingan usaha membuat brand awareness membutuhkan brand activation sesegera mungkin. Contoh brand activation yang tepat akan sukses mendekatkan suatu brand dengan publik melalui pengalaman interaktif yang nyata.

Contoh brand activation sejauh ini paling kerap kita saksikan adalah saat brand menjadi sponsor acara olahraga atau musik. Ini merupakan contoh yang tradisional tetapi masih terbukti efektif untuk memperkenalkan atau memperkuat posisi brand tersebut.

Seiring dengan perkembangan teknologi, contoh kegiatan brand activation kini lebih beragam. Disebut sebagai promosi 2.0, brand activation menargetkan hubungan emosional yang lebih dekat antara brand dengan audiens.

Bagi audiens, berpartisipasi dalam kegiatan brand activation menjadi ajang untuk menguji janji promosi suatu brand. Oleh karenanya, brand tidak boleh asal-asalan dalam merancang kegiatan brand activation sebab di sinilah kesan positif akan tercipta.

Tujuan brand activation terbagi ke dalam dua: jangka pendek dan jangka panjang. Untuk jangka pendek, brand dapat berharap memperoleh umpan balik dari peserta kegiatan mengenai produk atau layanan mereka sebelumnya. Data pribadi peserta bisa diperoleh untuk menyampaikan konten promosi di kemudian hari. Dengan rancangan kegiatan brand activation yang tepat, brand dapat meraih penjualan produk atau jasa yang lebih tinggi dari hari biasanya. Tentunya, acara offline tersebut akan mendongkrak tingkat pendapatan.

Sedangkan untuk jangka panjang, target yang ditetapkan dapat berupa penguatan brand di kalangan konsumen yang sudah ada. Mereka akan menjadi pelanggan yang setia di masa depan. Bagi calon konsumen, keterlibatan mereka akan memberikan pengalaman positif sebagai bentuk brand awareness yang berdampak panjang.

Brand akan ditantang untuk menyajikan acara brand activation yang unik agar bisa menarik pelanggan brand lain agar beralih ke mereka. Ini menjadi tugas yang tidak kalah sulit dengan sasaran calon konsumen dan konsumen yang sudah ada sekarang. Pengalaman berbeda dari satu kegiatan brand activation tertentu akan menjadi pembeda antara satu brand dengan brand yang lain meski bergerak pada sektor yang sama. Kreativitas dan keseruan lah yang akan menjadi pendorong konsumen suatu brand berpindah ke brand pesaing.

Contoh brand activation yang bisa dijajal

Lalu bagaimana cara menggabungkan aspek promosi dengan elemen pengalaman interaktif dalam brand activation? Berikut contoh brand activation yang bisa Anda coba dengan menyesuaikan dengan brand dan tujuan yang ingin dicapai. 

1. Berpartisipasi dalam konser, seminar dan pameran

Contoh kegiatan ini pada umumnya bermaksud untuk menarik minat konsumen sekaligus memperkenalkan suatu produk atau jasa dari brand yang berpartisipasi.

2. Memberikan contoh produk secara cuma-cuma

Pancing minat calon pembeli dengan menawarkan contoh produk tanpa bayaran. Anda masih sering melihat contoh ini di supermarket hingga di gerai tertentu. Dengan menjajal secara langsung, calon pembeli dapat memutuskan saat itu juga apakah ingin membeli atau tidak.

3. Membuat konten yang kreatif

Mirip seperti strategi soft-selling, cara ke-3 ini sangat populer diterapkan saat ini berkat adanya media sosial. Brand bisa menuangkan ide kreatif menjadi konten menarik sehingga pengikut atau audiens menjadi tertarik bahkan membeli produk atau layanan tertentu seperti yang ditawarkan oleh konten tersebut.

4. Mensponsori acara tertentu

Brand Anda dapat menjangkau audiens yang lebih spesifik melalui acara atau program yang tentunya pas dengan produk yang ditawarkan. Peluang menggaet konsumen baru akan lebih besar dengan cara seperti ini.

Baca juga: Harga Augmented Reality Terbaik, Lipat Gandakan ROI Bisnis Anda

5. Menaruh iklan pada televisi atau film

Tergolong cara lama tetapi kegiatan brand activation ini merupakan teknik promosi yang cukup efektif. Dengan jangkauan audiens sangat luas, brand dapat memperkenalkan merk mereka ke pasar yang besar sekaligus memperkuatnya.

6. Membuat pengalaman interaktif

Teknologi mutakhir, seperti Augmented Reality dan Virtual Reality, merupakan medium menciptakan pengalaman yang berbeda. Kesan inovatif dan modern seketika akan terbenam di benak audiens begitu mereka menjajal kegiatan brand activation yang dibuat. Anda dapat menggandeng kami, MonsterAR, yang sudah berpengalaman menciptakan kegiatan brand activation dalam beragam konsep sesuai permintaan klien. Kami memiliki teknologi AR dan VR dengan dukungan tenaga ahli yang kompeten untuk menjembatani kebutuhan promosi brand Anda.

7. Membuat mural, grafiti, dan seni jalanan

Pada dinding di fasilitas publik, kita bisa melihat mural yang sangat unik dan indah. Siapa saja pasti akan melirik mural semenarik ini yang bisa menjadi referensi bagi brand Anda untuk melakukan brand awareness.

Tipe strategi brand activation

Dari contoh brand activation dalam bentuk kegiatan di atas, berikut strategi brand activation yang bisa Anda pertimbangkan mendatang.

1.Promosi

Promotion activation atau aktivasi promosi sering dimanfaatkan untuk membuat pengalaman interaktif dengan konsumen. Contoh yang kerap dijumpai adalah toko ritel yang mengajak pembeli untuk memindai barang di daftar belanja untuk memperoleh diskon tertentu.

Strategi ini cukup efektif sebab berhasil menciptakan rasa ingin melakukan segera bagi konsumen. Mereka pun akan membeli dalam jumlah banyak sehingga bisa mendapat potongan harga atau memperoleh barang tertentu secara gratis.

2. Menjadi sponsor

Sponsorship activation atau aktivasi dengan menjadi sponsor tidak kalah kerap dipakai oleh perusahaan hingga sekarang. Target yang dipatok lazimnya adalah peningkatan penjualan, penguatan brand yang menjadi sponsor dan brand awareness itu sendiri. Contoh brand activation ini dapat menenun hubungan jangka panjang antara brand dengan konsumen mereka.

3. Memberikan contoh produk

Praktis dan efektif cocok dengan contoh brand activation yang satu ini. Ambil contoh adalah staf toko kue yang memberikan contoh kue gratis ke calon pembeli. Dengan mencicipi rasanya secara langsung, mereka akan langsung bisa memutuskan akan membeli atau tidak.

Saat ini, memberikan contoh produk tidak hanya bisa dilakukan secara luring melainkan melalui media sosial. Untuk platform daring ini, brand dapat membuat konten untuk mendemonstrasikan produk mereka atau video tutorial. Cara seperti ini akan bisa merangsang rasa keingintahuan mereka membeli atau menjajal produk yang ditawarkan.

4. Pemasaran melalui acara

Konsep contoh brand activation ini adalah melibatkan target konsumen dengan brand. Acara ini bisa dilakukan di banyak tempat, mulai dari pusat perbelanjaan hingga pinggir jalan. Target yang dicanangkan biasanya untuk menarik minat konsumen hingga menambah tingkat penjualan.

Contoh kegiatan yang bisa dipilih yakni live event, peluncuran produk, peragaan busana, dan lainnya, sesuai brand Anda. Buat seunik mungkin agar banyak yang mampir.

5. Social media activation

Media sosial menjadi plaform yang semakin ramai digunakan. Tidak heran, kegiatan brand activation via media sosial kian marak. Contoh kegiatannya dapat berupa penawaran hadiah, tiket, hingga diskon tertentu. Anda dapat meminta pengikut untuk melakukan tantangan tertentu yang berpotensi menciptakan efek viral.

Virtual Reality menjadikan pelatihan lebih hemat biaya, efisien, dan tanpa risiko cidera

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?