Game AR Android masih merupakan konsep yang baru. Game AR serius populer pertama yang dimainkan pada gawai adalah Ingress dan Pokemon Go. Sebelumnya, mayoritas yang ada hanyalah game perwujudan konsep dan semacamnya.

Itupun belum banyak berubah. Mayoritas game AR masih berupa konsep dan sangat cocok untuk mengisi waktu luang. Akan tetapi, ARCore dari Google dan kalangan yang tertarik tampak melakukan terobosan. Terdapat banyak potensi dalam bidang ini yang belum diwujudkan, termasuk industri game Augmented Reality (AR). Sambil menunggu inovasi game AR, cek dulu yuk 10 game AR Android terbaik tahun ini:

1. Angry Birds AR: Isle of Pigs

Aplikasi Augmented Reality dalam game yang sukses di pasaran adalah Angry Birds: Isle of Pigs. Game ini memberikan teka-teki tentang meja terdekat menggunakan kamera Anda. Gunakan ketapel untuk memunculkan burung pada strukturnya agar bisa mengalahkan babi. Game ini menghadirkan 70 level, sedikit karakter klasik Angry Birds, dan lainnya. Sayangnya, versi terbaru belum diperbaharui dalam beberapa tahun belakangan. Bagian AR bisa terkadang cukup merepotkan tetapi secara umum berjalan baik.

2. Draconius GO

Game Android AR berikutnya yang sukses adalah Draconius GO. Game ini adalah contoh Augmented Reality yang menyerupai Pokemon GO. Hanya saja, dalam game ini yang digunakan adalah karakter berupa ular naga bukan Pokemon. Pemain di dalamnya berkeliaran di dunia nyata, mencari ular naga, menangkapnya, lalu menggunakannya untuk melawan pemain lainnya. Unsur mekanik dan grafis sangat mirip  dengan Pokemon Go, hingga ke peta yang dipakai untuk berjalan-jalan. Hal ini tidak selalu buruk sebab Pokemon GO mempunyai grafis yang memang bagus.

3. Five Nights at Freddy’s AR

Five Nights at Freddy’s (FNAF) AR adalah satu dari game penyeberangan memakai AR dengan mutu lebih baik. Game ini bermain layaknya game FNAF tradisional dimana Anda harus berfokus pada animatronik yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Walau demikian, game ini memiliki animatronik yang akan melompat ke luar dari dinding menuju ke Anda ketika Anda mengejutkan mereka agar bisa tetap di tempatnya. Game ini tidak benar-benar berakhir jadi Anda bisa memainkannya kapan saja dan dimana saja. Terdapat beberapa benda koleksi untuk membangun animatronik sendiri.

4. Ingress Prime

Ingress Prime menjadi salah satu game AR Android pertama yang benar-benar bagus. Game ini dikembangkan oleh Niantic. Saat pertama kali muncul, game ini sangat viral. Cara bermainnya adalah Anda akan melangkah ke dunia nyata. Game lalu menunjukkan beberapa portal dimana Anda harus menerjangnya untuk tim Anda. Lalu, kalian harus membentuk sendiri agar tim lain tidak bisa melakukannya.

Baca juga: Jasa Game Developer di Indonesia dengan Harga Terjangkau

Anda akan bisa memilih satu dari dua tim dan di sinilah tantangan muncul. Game ini mengalami perubahan besar akhir 2018 lalu dikemas ulang menjadi Ingress Prime. Mekanik inti masih utuh tetapi bagian aplikasi dirombak habis-habisan. Anda masih bisa memainkan versi klasik dengan mencari Ingress (REDACTED) di Google Play. Lakukan ini jika tidak menyukai Ingress Prime tetapi masih ingin memainkan Ingress yang reguler.

5. Jurassic World Alive

Jurassic World Alive adalah game AR yang secara mekanik menyerupai game seperti Harry Potter: Wizards Unite dan Pokemon Go. Pemain berkeliaran di dunia nyata untuk mencari beragam dinosaurus agar bisa dikoleksi. Dari situ, pemain bertarung dengan yang lain, bahkan bisa menciptakan dinosaurus hibrida dalam mode laboratorium di dalamnya. Game ini mempunyai beberapa bug saat awal pengembangannya, yang membuatnya sulit untuk menjadi rekomendasi. Tetapi, game ini tetap layak dicoba untuk membuktikan keunikannya dimana Anda bisa berlangganan untuk memperoleh hadiah tambahan daripada bergantung penuh pada pembelian di dalam aplikasi.

6. NBA All-World

NBA All-World menjadi yang terbaru dari Niantic dengan bulan rilis pada Januari 2023. Game AR Android ini memakai mekanik inti dari sebagian besar game buatan Niantic, seperti Ingress dan Pokemon Go. Anda dapat menjelajahi dunia, mengumpulkan barang, dan menantang pemain lain dalam PvP. Game ini menggunakan bola basket, bukan monster yang harus dikoleksi atau menghadang. Ada pemain NBA yang sesungguhnya dalam permainan ini jadi Anda bisa melawannya langsung atau melakukan latihan mini.

7. Orna

Orna merupakan salah satu game AR Android terbaik untuk gawai mobile. Orna menyebut diri sebagai GPS RPG. Pemain menjelajahi dunia nyata dan game ini memperlakukannya seperti penjelajahan bawah tanah. Pertarungan menurut giliran, seperti JRPG lama dari tahun 1990an, jadi mudah untuk dipilih dan dimainkan. Game ini turut mencakup lebih dari 1.000 benda dalam game, 50 kelas karakter, dan PvP. Game dimulai sedikit lambat tetapi begitu mulai berjalan, sulit untuk berhenti memainkannya. Bersama dengan Niantic dan Dragonius GO, Orna mungkin menjadi contoh game AR Android terbaik.

8. Pokemon GO

Pokemon GO menjadi salah satu mobile game terbesar sepanjang masa. Game ini juga menjelma menjadi salah satu game AR terbesar yang pernah ada. Seperti Ingress, premis awalnya adalah Anda menjelajahi dunia nyata. Anda akan menangkap Pokemon, memukul Pokestops, dan melawan Gyms.

Game ini masih dalam pengembangan besar-besaran. Yang artinya, fiturnya akan berubah. Saat pertama kali muncul, game ini langsung melejit. Sekarang, popularitasnya memang tidak sebesar dulu tetapi ia masih mempunyai penggemar yang setia. Pembaharuan terakhir dilakukan pada 2018 dimana ada pertarungan pelatih, jual-beli Pokemon dan fitur lain yang banyak diminta. Game AR lainnya seringkali dibanding-bandingkan dengan Pokemon GO.

9. Egg, Inc

Egg, Inc merupakan game peternakan yang pas untuk mengisi waktu luang. Ketuk layar untuk menghadirkan ayam. Ayam ini mendatangkan pendapatan untuk membangun peternakan sendiri. Game ini bisa membuat santai sembari menunggu pembaharuan berikutnya. Mayoritas UI game ini ada di layar smartphone dan tidak dalam AR. Akan tetapi, ada sedikit elemen AR dalam gameplay yang menggunakan ARCore. Beberapa mungkin tidak mempertimbangkan game ini sepenuhnya game AR tetapi kami tetap memasukkannya ke dalam daftar ini sebab mengandung aspek AR.

10. Zombies, Run!

Zombies, Run adalah game kebugaran. Ia menyebut diri sebagai game petualangan audio yang imersif. Cara bermainnya adalah Anda pertama-tama berjalan atau berlari. Sembari melakukannya, Anda akan menyingkap beragam bagian dari cerita game. Drama di dalamnya melibatkan Anda dalam cara yang kreatif agar memotivasi untuk terus bermain. Game ini bahkan bisa dilakukan dalam treadmill seandainya Anda tidak ingin keluar ruangan. Game ini termasuk populer dan bisa membantu agar tetap bugar. Anda bisa memainkannya secara gratis dalam empat misi utama lalu bisa menyingkap misi baru setiap minggunya. Atau, Anda bisa membayar layanan berlangganan dan memainkan semuanya.

Jika saat ini perusahaan Anda ingin membuat game AR Android, pertimbangkan MonsterAR sebagai perusahaan Augmented Reality yang akan mewujudkan rencana Anda. Kami sudah berpengalaman lama menangani beragam proyek berbasis teknologi AR yang tentunya sesuai dengan kebutuhan komersial lintas sektor. Hubungi kami untuk konsultasi gratis terlebih dahulu!

Penerapan AR dan VR di sekolah tingkatkan kualitas pendidikan dan minat belajar anak
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?