Memiliki ide dan konsep game yang brilian adalah modal awal untuk memulai bisnis video game di Indonesia, tetapi selanjutnya Anda juga harus mengerti tentang cara pembuatannya serta biaya untuk pengembangan yang dibutuhkan sebelum menikmati omzet bisnis video game Anda. Namun jangan khawatir, Anda bisa menggunakan jasa game developer untuk handle semua proses dan teknis pembuatan game yang di inginkan, sehingga Anda bisa lebih fokus pada inti bisnis Anda.

Harga jasa game developer bisa sangat terjangkau tergantung dari kompleksitas game yang Anda inginkan. Walaupun kisaran harga ini dapat memberikan gambaran menyeluruh tentang berapa banyak biaya yang perlu Anda keluarkan, banyak faktor lainnya yang memengaruhi biaya pengembangan game. Dalam artikel ini, kita akan membahas tuntas tentang beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat menghitung biaya pengembangan video game.

Jenis dan Kompleksitas Game

Sebelum pekerjaan pengembangan dapat dimulai, perusahaan pengembang akan mempelajari semua aspek dan persyaratan permainan, yang biasanya dalam bentuk Game Design Document (GDD). Mereka juga akan membahas dokumentasi teknis dan semua aset game. Dan tentu semakin kompleks gamenya, semakin tinggi biaya yang harus dikeluarkan:

Faktor Tambahan yang Mempengaruhi Biaya Pengembangan Game

Baca juga: Harga Augmented Reality Terbaik, Lipat Gandakan ROI Bisnis Anda

Perusahaan yang menyediakan jasa game developer perlu mempertimbangkan beberapa faktor saat menghitung harga, di antaranya:

Memasarkan Game Anda

Bahkan ketika Anda akhirnya membuat game yang menyenangkan dan interaktif, apa gunanya jika tidak ada yang mengetahuinya? Oleh karena itu, selain berinvestasi dalam pengembangan video game, Anda juga perlu berinvestasi dalam pemasaran. Berapa banyak game yang tersedia untuk pengguna di App Store dan Android Marketplace? Menurut data terbaru, pada kuartal pertama tahun 2021, sekitar 316.802 aplikasi game seluler tersedia di AppStore. Di Google Play Store, angka ini mencapai 477.877. Dengan begitu banyak opsi yang tersedia bagi pengguna, Anda perlu memikirkan cara memasarkan game agar jadi pusat perhatian.

Jasa Game Developer Sajikan Pengembangan Custom

Selanjutnya, perlu dipertimbangkan juga apakah penyedia jasa game developer yang Anda pilih menyediakan pengembangan custom atau tidak? Bagi kami, budget Anda bukanlah hal yang utama. Yang terpenting adalah memastikan kepuasan dan tujuan bisnis klien terpenuhi. Katakanlah budget Anda terbatas tetapi menginginkan gamifikasi yang bisa mendukung pemasaran produk Anda. Kami bisa menyajikan game dengan spesifikasi menyesuaikan dengan budget Anda namun tetap efisien dalam mengoptimalkan pemasaran produk Anda.

Bermitra dengan Penyedia Jasa Game Developer Profesional

Anda bisa menyewa beberapa pekerja lepas untuk membantu dalam pengembangan video game, tetapi ini mungkin bukan ide yang bagus jika proyek Anda sangat kompleks. Lagi pula, dibutuhkan lebih dari sekadar memiliki keterampilan pengembangan yang tepat untuk mendapatkan hasil terbaik. Anda akan memerlukan pembuatan prototipe, desain UI/UX, pengujian, dan banyak hal lainnya. Menemukan orang yang tepat untuk menangani semua tugas ini bisa sangat memakan waktu dan dapat menghabiskan biaya lebih banyak, terutama jika terjadi beberapa kesalahan dan Anda harus memulai lagi dari awal.

Inilah alasan kenapa Anda harus bermitra dengan perusahaan penyedia jasa game developer profesional karena kami akan dapat menunjukkan kepada Anda portofolio game yang telah kami buat, dan tentunya memiliki staf ahli yang tersedia untuk memandu Anda. Juga, salah satu manfaat terbesar di sini adalah bahwa kami akan bertanggung jawab untuk perekrutan dan biaya overhead lainnya untuk mempekerjakan tim pengembang. Jika Anda memutuskan untuk bermitra, ini dapat menghilangkan banyak beban sehingga Anda dapat fokus pada fungsi bisnis inti Anda.

Terlepas dari seberapa kompleks atau imajinatifnya ide Anda, konsultan dan pengembang kami memiliki keterampilan yang diperlukan untuk mewujudkan ide Anda. Ini tidak hanya mencakup game seluler, tetapi juga game AR dan VR. Kami juga akan membantu Anda mengoptimalkan semua manfaat dari sistem outsourcing yang kami miliki. Klik tombol di bawah untuk konsultasi dan solusi selengkapnya.

Edukasi produk lebih powerful dan efektif melalui gamification AR/VR

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?