Memiliki ide dan konsep game yang brilian adalah modal awal untuk memulai bisnis video game di Indonesia, tetapi selanjutnya Anda juga harus mengerti tentang cara pembuatannya serta biaya untuk pengembangan yang dibutuhkan sebelum menikmati omzet bisnis video game Anda. Namun jangan khawatir, Anda bisa menggunakan jasa game developer untuk handle semua proses dan teknis pembuatan game yang di inginkan, sehingga Anda bisa lebih fokus pada inti bisnis Anda.

Harga jasa game developer bisa sangat terjangkau tergantung dari kompleksitas game yang Anda inginkan. Walaupun kisaran harga ini dapat memberikan gambaran menyeluruh tentang berapa banyak biaya yang perlu Anda keluarkan, banyak faktor lainnya yang memengaruhi biaya pengembangan game. Dalam artikel ini, kita akan membahas tuntas tentang beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat menghitung biaya pengembangan video game.

Jenis dan Kompleksitas Game

Sebelum pekerjaan pengembangan dapat dimulai, perusahaan pengembang akan mempelajari semua aspek dan persyaratan permainan, yang biasanya dalam bentuk Game Design Document (GDD). Mereka juga akan membahas dokumentasi teknis dan semua aset game. Dan tentu semakin kompleks gamenya, semakin tinggi biaya yang harus dikeluarkan:

  • Game kecil — Game ini tidak memiliki opsi rumit seperti menerima pembayaran dari pengguna, juga kontrol dasar dan grafik 2D. Tim pengembang yang berpengalaman dapat membuat game sejenis ini dalam hitungan minggu atau bahkan beberapa hari dalam beberapa kasus. Karena itu, katakanlah Anda ingin menambahkan lebih banyak level atau antarmuka 3D dan beberapa opsi lagi, biaya yang harus Anda keluarkan bisa meningkat hingga beberapa kali lipat. Untuk menurunkan risiko, kami sarankan untuk membuat game prototipe untuk memvalidasi ide Anda dan kemudian membangunnya berdasarkan prototype tersebut.
  • Game sedang — Game ini akan menampilkan banyak level berbeda dan lebih sulit untuk dilalui pemain. Anda mungkin juga ingin menambahkan cerita yang kompleks, UI yang mudah digunakan, suara, dan hal lainnya. Karena fitur tambahan, biaya pengembangan video game akan meningkat namun masih relatif terjangkau.

  • Game besar — ​​Game besar akan memberi pengguna konten yang kaya dan alur cerita yang menarik. Game-game ini biasanya gratis untuk diunduh, tetapi akan memiliki sistem monetisasi yang terencana dengan sangat baik. Biaya pengembangan game seluler jenis ini memakan biaya paling tinggi namun sebanding dengan ROI yang bisa Anda dapat.

Faktor Tambahan yang Mempengaruhi Biaya Pengembangan Game

  • Proses pra-produksi — Kita telah menyebutkan tentang pengumpulan persyaratan dan pembuatan dokumen GDD. Ini adalah dasar untuk keseluruhan proyek yang menjadikannya sangat penting, tetapi membutuhkan waktu untuk membuatnya. Biaya tersebut biasanya dihitung berdasarkan tarif per jam.
  • Single-player atau multiplayer — Game multipemain akan lebih mahal karena ada persyaratan tambahan yang harus dipenuhi. Ini bisa berupa hal-hal seperti interaksi pemain satu sama lain dan kekuatan koneksi internet yang dibutuhkan untuk bermain.
  • Game engine — Unity dan Unreal Engine adalah pilihan paling populer dan tidak menambah biaya pengembangan aplikasi game sendirian, tetapi jika persyaratan Anda ternyata terlalu rumit untuk mesin yang Anda gunakan, dan Anda perlu mengubah ke sesuatu yang lain, ini akan menyebabkan biaya naik.

Baca juga: Strategi Promosi Film Efektif Melalui Augmented Reality

Perusahaan yang menyediakan jasa game developer perlu mempertimbangkan beberapa faktor saat menghitung harga, di antaranya:

Memasarkan Game Anda

Bahkan ketika Anda akhirnya membuat game yang menyenangkan dan interaktif, apa gunanya jika tidak ada yang mengetahuinya? Oleh karena itu, selain berinvestasi dalam pengembangan video game, Anda juga perlu berinvestasi dalam pemasaran. Berapa banyak game yang tersedia untuk pengguna di App Store dan Android Marketplace? Menurut data terbaru, pada kuartal pertama tahun 2021, sekitar 316.802 aplikasi game seluler tersedia di AppStore. Di Google Play Store, angka ini mencapai 477.877. Dengan begitu banyak opsi yang tersedia bagi pengguna, Anda perlu memikirkan cara memasarkan game agar jadi pusat perhatian.

Custom Development

Selanjutnya, perlu dipertimbangkan juga apakah penyedia jasa game developer yang Anda pilih menyediakan pengembangan custom atau tidak? Bagi kami, budget Anda bukanlah hal yang utama. Yang terpenting adalah memastikan kepuasan dan tujuan bisnis klien terpenuhi. Katakanlah budget Anda terbatas tetapi menginginkan gamifikasi yang bisa mendukung pemasaran produk Anda. Kami bisa menyajikan game dengan spesifikasi menyesuaikan dengan budget Anda namun tetap efisien dalam mengoptimalkan pemasaran produk Anda.

Bermitra dengan Penyedia Jasa Game Developer Profesional

Anda bisa menyewa beberapa pekerja lepas untuk membantu dalam pengembangan video game, tetapi ini mungkin bukan ide yang bagus jika proyek Anda sangat kompleks. Lagi pula, dibutuhkan lebih dari sekadar memiliki keterampilan pengembangan yang tepat untuk mendapatkan hasil terbaik. Anda akan memerlukan pembuatan prototipe, desain UI/UX, pengujian, dan banyak hal lainnya. Menemukan orang yang tepat untuk menangani semua tugas ini bisa sangat memakan waktu dan dapat menghabiskan biaya lebih banyak, terutama jika terjadi beberapa kesalahan dan Anda harus memulai lagi dari awal.

Inilah alasan kenapa Anda harus bermitra dengan perusahaan penyedia jasa game developer profesional karena kami akan dapat menunjukkan kepada Anda portofolio game yang telah kami buat, dan tentunya memiliki staf ahli yang tersedia untuk memandu Anda. Juga, salah satu manfaat terbesar di sini adalah bahwa kami akan bertanggung jawab untuk perekrutan dan biaya overhead lainnya untuk mempekerjakan tim pengembang. Jika Anda memutuskan untuk bermitra, ini dapat menghilangkan banyak beban sehingga Anda dapat fokus pada fungsi bisnis inti Anda.

Terlepas dari seberapa kompleks atau imajinatifnya ide Anda, konsultan dan pengembang kami memiliki keterampilan yang diperlukan untuk mewujudkan ide Anda. Ini tidak hanya mencakup game seluler, tetapi juga game AR dan VR. Kami juga akan membantu Anda mengoptimalkan semua manfaat dari sistem outsourcing yang kami miliki. Klik tombol di bawah untuk konsultasi dan solusi selengkapnya.


Edukasi produk lebih powerful dan efektif melalui gamification AR/VR

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami