Augmented Reality perkembangannya di Indonesia sangat pesat. Perlu diketahui proses pembuatan AR tidaklah begitu susah, karena sudah ada program untuk pembuatan augmented reality android ini yaitu dengan unity. Dengan program unity, hasil pengerjaan marker yang akan digunakan bisa diintegrasikan dan dibuat efek efek tambahan. Perlu diketahui bahwa unity merupakan game engine yang dikembangkan oleh perusahaan unity technology, dan sekaligus merupakan program utama untuk pembuatan tiga dimensi dan dua dimensi untuk game console, simulasi untuk komputer dan perangkat mobile.

Karena games sangat berkembang, sehingga kebanyakan program ini digunakan untuk membuat aplikasi game. Tetapi seiring perkembangan jaman, program unity tidak hanya digunakan untuk game saja, tetapi sudah di gunakan untuk mengembangkan augmented reality. Banyak sekali perusahaan di Indonesia menggunakan program unity dalam membuat aplikasi augmented reality android dan biasanya diintegrasikan kedalam program android. Bahkan beberapa perusahaan pengembang aplikasi seperti MonsterAR, menggunakan aplikasi ini untuk membuat AR guna membantu perusahaan dalam promosi dan branding. Seperti salah satu program yang dibuat oleh MonsterAR yaitu museum BPK yang merupakan salah satu proyek garapan perusahaan ini.

Dari hasil penggabungan objek 3D dengan program unity, menghasilkan produk yang sangat interaktif dan membantu pengunjung dalam melihat asal mula terbentuknya museum, visi dan misi museum serta konten yang memberikan informasi hanya dengan program ini. Untuk itu program ini sangat bermanfaat bagi para pengembang AR untuk berkreasi dan inovasi produk produk yang ingin dikenalkan ke masyarakat luas.

Baca juga: Teknologi AR Selamatkan Bisnis Event Organizer di Masa Pandemi

Tidak hanya augmented reality, MonsterAR juga telah menambahkan berbagai teknologi inovatif lainnya ke dalam museum BPK RI yaitu mulai dari interactive directory yang menunjukan seluruh denah dan tata letak museum, interactive floor, teknologi hologram, dan banyak lagi.

Walau populer sebagai aplikasi pembuatan game, Unity bisa digunakan juga untuk kebutuhan produksi film. Beberapa film yang menggunakan Unity untuk proses pembuatannya seperti John Wick 3 dalam scene ruangan penuh kaca, Mogli, hingga Star War yang menggunakan Unity untuk proses design set adegan dan di dukung oleh teknologi Virtual Reality (VR).