Projection Mapping adalah sebuah teknologi yang memadukan antara gambar dan juga video. Projection Mapping merupakan sebuah teknologi yang juga menjadi sebuah karya seni interaktif yang mengubah gambar dan video ke permukaan menjadi sebuah tampilan seni yang dinamis.

Teknologi ini hanya membutuhkan dinding atau permukaan langit-langit datar untuk memproyeksikan gambar dan video. Projection Mapping mempunyai banyak manfaat yang salah satunya untuk tujuan pendidikan. Dengan memanfaatkan teknologi tersebut, dalam menjelaskan suatu bidang ilmu tentu saja akan lebih interaktif dan juga mudah untuk dicerna.

Dengan menggunakan software khusus, objek dua atau tiga dimensi dipetakan secara virtual dan meniru lingkungan sebenarnya yang diproyeksikan. Software ini dapat berinteraksi dengan proyektor agar sesuai dengan gambar yang diinginkan ke permukaan objek. Teknik ini biasanya digunakan oleh seniman atau 3D artist untuk menambahkan dimensi ekstra, pergerakan objek dengan didukung audio visual yang memadai.

Baca juga: Virtual Event Indonesia lebih Menguntungkan dari Event Tradisional

illustrasi (Getty Images)

Teknologi ini sebenarnya telah digunakan sejak tahun 1990-an, tetapi untuk perkembangannya baru di rasakan sekarang seiring dengan peningkatan teknologi dan research yang ada, sehingga teknologi ini bisa dikembangkan dengan teknologi Augmented reality. Contoh perkembangan projection mapping adalah drone mapping, di mana setiap area objek yang ingin diproyeksikan diambil dengan drone, dan dibutuhkan beberapa alat untuk membuat teknologi seperti : drone, kamera beresolusi tinggi untuk menangkap objek dengan jernih, dan 3D animator yang handal dalam membuat desain proyeksinya.

Dengan memanfaatkan teknologi Projection Mapping, maka akan membuat Audiens semakin percaya jika konten yang dibuat tersebut memang berada di sana. Selain itu beberapa manfaatnya adalah:

  1. Memberikan pengalaman imersif: Ketika suasana yang dibangun begitu hidup, maka tidak ada jarak antara penonton dengan apa yang mereka tonton. Sehingga hal itu akan membawa penonton teknologi ini lebih mengenal dan memahami brand yang disampaikan. (Apabila projection mapping itu mengenai suatu brand).
  2. Dapat disesuaikan bentuknya: Customer dapat memilih tema, bentuk dan juga jenis teknologi mapping seperti apa yang akan diproyeksikan.
  3. Alat proyeksi mudah dibawa dan diatur: Untuk memproyeksikan suatu mapping proyek, maka tidak perlu membawa alat yang rumit. Alat proyeksi ini cukup ringan dan mudah dibawa dan dipindahkan kemana saja.
  4. Memberikan nilai kesan futuristik dan bonafit: Memberikan gambaran yang lebih menarik dan jelas mengenai kelebihan brand yang akan diproyeksikan. 
  5. Dapat dimanfaatkan untuk aneka industri: Proyeksi mapping ini dapat dipergunakan untuk segala jenis aneka industri dan menambah nilai lebih brand yang akan diperkenalkan melalui teknologi tersebut.

Tidak kalah penting, projection mapping dapat dipergunakan untuk memperkenalkan bisnis di suatu perusahaan. karena drone mapping ini biasanya digunakan untuk memetakan suatu area tertentu untuk mendapatkan informasi dan data penting, dan melihat potensi yang ada di area tertentu untuk meningkatkan parameter spesifik pada bisnis.

MonsterAR selaku perusahaan AR dan VR ternama di Indonesia, juga mempunyai beragam produk serta layanan AR dan VR yang dapat mensukseskan semua kebutuhan promosi ataupun keperluan perusahan lainnya. Tak hanya itu saja, MonsterAR juga mengembangkan berbagai macam aplikasi dan juga software yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan semua bidang industri yang ada. Mau tahu lebih banyak tentang AR dan VR? Hubungi kami di sini ya!

Virtual Reality Tingkatkan Produktifitas, Kecepatan Kerja dan Omzet Bisnis Anda

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?