Interactive Wall

Seluk Beluk Interactive Wall dan Pemanfaatannya untuk Usaha Anda

Interactive wall atau dinding interaktif sudah bukan barang baru di dunia pameran bisnis. Semakin banyak pameran, ruang pajang, dan gerai dalam ajang bisnis atau titik penjualan yang menggabungkan dan memakai dinding inovatif ini.

Awal mulanya, dinding ini menarik perhatian dari jarak jauh. Informatif dan seru begitu melekat dengannya berkat interaksi yang ditawarkannya. Lebih lanjut lagi, interactive wall menghemat ruang serta terlihat keren. Tidak  mengherankan banyak perusahaan ingin mengambil manfaat sebesar mungkin dari terobosan ini.

Untuk membantu memahami teknologi ini, berikut informasi penting beserta tips mengenai desain dan penggunaannya.

Empat Teknologi untuk Interactive Wall

Ada banyak cara berbeda untuk merancang dan membuat dinding interaktif. Tembok jenis ini bisa dibuat dari apa saja antara kombinasi elemen analog dengan fitur interaktif selingan tambahan, seperti sampul produk atau pajangan, dan dinding video multi sentuhan interaktif yang ekstensif. Di bawah ini rincian teknologi di balik interactive wall:

1. Dinding LED

Dinding interaktif yang menggunakan teknologi LED mengandung cahaya paling benderang sehingga paling mudah dilihat dari jarak jauh. Bahkan dalam gedung yang besar dengan penerangan maksimal, dinding interaktif bisa dilihat dari jarak jauh serta masih bisa menarik perhatian.

2. Pajangan Multi Sentuhan Individual

Pajangan multi sentuhan capacitive tidak hanya cocok untuk meja multi sentuhan melainkan juga bisa dipasang di tembok. Dengan memperhatikan interaksi sentuhan, pajangan ini merupakan pilihan terbaik. Sensor capacitive yang terintegrasi pada pajangan tersebut mempermudah pengenalan sentuhan yang akurat dan bisa diandalkan. Penggunanya pun bisa secara mudah menavigasikan dan menjelajahi konten sembari menikmati keunggulan resolusi tingginya (4K) dan pencahayaannya yang terang.

3. Dinding video multi sentuhan

Dinding video multi sentuhan alias touch wall atau touch-videowalls terdiri dari jala pajangan pasif dengan hanya kerangka minimal. Dengan mengurutkan pajangan ukuran yang berbeda secara horizontal dan atau vertikal, Anda bisa membuat permukaan dinding interaktif dalam berbagai dimensi dan dengan aspek rasio berbeda. Sensor interaktif bisa dipasang kembali, misalnya dengan menambahkan kerangka infrared atau tirai laser pada pajangan selanjutnya. Jari pengguna memecahkan lapisan cahaya tidak terlihat ini sehingga memicu tangan untuk menyentuh. Hasilnya diketahui dari tingkat kecerahan maksimal, ketepatan tinggi, dan interaksi yang bagus.

4. Proyeksi dinding interaktif

Pilihan lain untuk merancang dan mewujudkan area permukaan interaktif terdiri dari proyeksi dinding yang bereaksi terhadap gerakan sentuhan pengunjungnya. Dengan pilihan perangkat keras yang cermat, penciptaan dinding interaktif yang luas menjadi hal yang mungkin. Dampak kejutan khusus akibat hal ini muncul dari ketepatan proyeksi dengan analog nyata dinding atau elemen yang berkenaan dengan peraba yang disebut dengan projection mapping.

Kombinasi Teknologi yang Berbeda

Keberhasilan proyek interactive wall tergantung pada mutu konsepnya. Sehingga, Anda mungkin perlu bertanya ke diri sendiri efek apa yang ingin Anda dapatkan dari dinding ini untuk diberikan ke audiens yang menjadi target dan lingkungan apa yang menjadi pilihan. Contoh efek yang diinginkan yakni:

Baca juga: Hitung-Hitungan Harga Augmented Reality Agar Bisnis Lebih Cepat Balik Modal

  • Menarik perhatian pengunjung dan membujuk mereka menghadiri gerai Anda di pameran
  • Permukaan presentasi untuk audiens grup dalam ruang peragaan
  • Membantu pengunjung individual dalam menjelajahi konten
  • Pemasaran dan/atau penjelasan produk dan layanan bisnis oleh anggota staf.

Kabar baiknya adalah pada umumnya Anda tidak harus membatasi diri hanya pada teknologinya. Percampuran seringkali memang tidak masuk akal dan mempunyai efek samping positif terhadap pengiritan biaya untuk perangkat kerasnya.

Sebagai contoh, ubahlah satu dinding berukuran 5 m x 3 m pada ruang peraga menjadi interactive wall.

Kerangka LED atmosfer yang mengelilingi dinding bekerja sendiri untuk terintegrasi secara harmonis dengan konsep ruang tersebut. Konten atau video animasi ekstensif diproyeksikan ke permukaan ruang dengan hubungan cepat ke elemen desain analog, seperti wall print dan obyek/produk nyata yang terpajang. Dari situ, konten individual bisa diubah secara halus menjadi pajangan multi sentuhan tersembunyi untuk mempermudah pemeriksaan lebih dekat atau pemrosesan lebih lanjut. Contoh konfigurasi ini tidak memakai dinding video multi sentuh sehingga mengurangi biaya perangkat kerasnya. Jika dipasangkan dengan suara dan konsep cerdas, tipe perpaduan teknologi ini bercampur dengan interactive wall lalu akan menciptakan pengalaman luar biasa yang jarang dialami oleh pengunjung Anda.

Lima tips merencanakan interactive wall

1. Mengurangi jumlah PC

Upayakan jumlah PC untuk mengendalikan dan memutar kembali konten untuk ditunjukkan di dinding sekecil mungkin. Idealnya, hanya satu PC untuk satu tembok agar biaya dan upaya teknis menjadi minimum.

2. Memaksimalkan interaksi

Perpaduan teknologi sensor yang bermacam-macam meningkatkan interaksi. Sebuah kamera atau sensor orang bisa mendeteksi pengunjung dari jarak beberapa meter saja lalu memicu reaksi yang diprediksi di dinding. Interaksi dalam jarak dekat bisa diperoleh melalui kendali sentuhan atau gerakan.

3. Penyesuaian yang fleksibel

CMS sebaiknya memfasilitasi integrasi dan pembaharuan konten yang gampang. Dengan sedikit usaha, Anda bisa mensinkronkan dinding dengan konteks aplikasi baru, seperti acara pameran berbeda, atau produk baru.

4. Perencanaan yang memperhitungkan harga

Selama fase pembuatan konsep, selain memikirkan kesuksesan proyek, pertimbangkan pula perihal harga. Semakin jelas tujuan dan persyaratannya, semakin baik Anda memutuskan perangkat keras yang tepat.

Baca juga: Sewa PhotoBooth, Solusi Terbaik Ramaikan Boothmu di Event

5. Kesan maksimum

Yang bahkan lebih penting dibandingkan perangkat keras interactive wall adalah kontennya, terutama software. Jika konsep bagus dan software disesuaikan dengan kebutuhan maka dinding yang lebih kecil sekali pun bisa memberikan efek menakjubkan.

Interactive wall untuk bisnis Anda

MonsterAR siap melayani kebutuhan Anda memanfaatkan keunggulan interactive wall untuk menggaet perhatian sebanyak mungkin calon konsumen. Segera hubungi tim pemasaran kami melalui website ini untuk mendapatkan konsultasi gratis di awal. Di antara topik yang bisa Anda bagikan dengan kami adalah konsep, anggaran, dan target bisnis yang ingin dicapai. Yuk, tunggu apalagi?

Edukasi produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi interactive wall
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *