Cara Kerja Hologram

Penasaran dengan Cara Kerja Hologram? Temukan Rinciannya Berikut Ini

Jika ingin melihat hologram, tidaklah perlu jauh-jauh mencarinya. Coba lihat dompet Anda. Ada hologram pada mayoritas surat izin mengemudi, KTP, dan kartu kredit. Di balik pemakaiannya yang sudah ramai, pernahkah Anda penasaran dengan cara kerja hologram itu sendiri?

Selain pemakaian di atas, hologram bisa Anda lihat dalam CD, DVD dan kemasan software. Pada dasarnya, apa saja yang dijual sebagai “cinderamata resmi” mengandung elemen hologram di dalamnya.

Hologram berfungsi untuk mempersulit adanya pemalsuan. Sayangnya, hologram seperti ini kurang begitu berkesan. Anda bisa melihat perubahan warna dan bentuk saat menggerakkannya ke depan dan belakang. Tetapi, hologram lebih berupa gambar berkilau atau noda pada warnanya. Bahkan hologram yang diproduksi secara massal dengan visual berupa film dan pahlawan buku komik bisa terlihat seperti foto berwarna hijau ketimbang gambar 3D yang memukau.

Di sisi lain, hologram berskala besar yang disinari dengan laser atau dipajang di ruangan gelap dengan pencahayaan cermat sungguhlah hebat. Hologram ini berupa permukaan dalam dua dimensi yang menunjukkan gambar tiga dimensi yang akurat dari obyek nyata. Anda bahkan tidak perlu mengenakan kacamata khusus atau melihat melalui View-Master untuk melihat gambar dalam 3D.

Jika Anda melihat hologram ini dari sudut yang berbeda, Anda akan melihat obyek dari sudut pandang yang berbeda pula, seperti jika Anda memandang obyek aslinya. Beberapa hologram bahkan tampak bergerak ketika Anda melewatinya dan melihatnya dari sudut yang berbeda. Beberapa berubah warna atau memasukkan pandangan dari obyek yang benar-benar berbeda tergantung bagaimana Anda melihatnya.

Hologram mempunyai sifat lain yang mengejutkan pula. Jika Anda memotongnya setengah, setiap setengah bagian mengandung keseluruhan gambar holografisnya. Hal ini berlaku sama jika Anda memotong satu bagian kecil, bahkan fragmen mungil masih bisa mengandung keseluruhan gambar. Jika Anda membuat hologram kaca pembesar, versi holografis akan memperbesar obyek lainnya dalam hologram, sama dengan versi aslinya.

Begitu Anda mengetahui prinsip di balik hologram, memahami cara kerja hologram menjadi mudah. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana hologram, cahaya, dan otak Anda bekerjasama membuat gambar 3D yang jelas. Keseluruhan properti hologram berasal secara langsung dari proses yang digunakan untuk membuatnya. Kita mulai dari ikhtisar tentang yang dibutuhkan untuk membuat hologram itu sendiri.

Membuat Hologram

Tertarik membuat hologram sendiri? Membuat hologram tidak membutuhkan banyak alat. Sediakan di bawah ini untuk membuat hologram:

1. Sebuah laser

Laser merah, umumnya laser helium-neon (HeNe), menjadi yang paling umum dipakai dalam holografi. Beberapa percobaan home holography bergantung pada dioda dari penanda sinar laser merah tetapi cahaya dari penanda laser cenderung kurang koheren dan kurang stabil sehingga membuat sulit mendapatkan gambar yang bagus. Beberapa tipe hologram memakai laser yang menghasilkan warna cahaya berbeda. Dengan mempertimbangkan jenis laser yang Anda pakai, shutter tetap dibutuhkan untuk mengontrol pencahayaannya.

2. Sejumlah lensa

Holografi seringkali disebut sebagai “fotografi tanpa lensa” tetapi holografi tetaplah membutuhkan lensa. Akan tetapi, lensa kamera berfokus pada sinar sedangkan lensa dalam holografi menyebabkan sinar menyebar.

3. Sebuah pemisah sinar

Inilah piranti yang menggunakan cermin dan prisma untuk memecah satu sorotan cahaya menjadi dua sinar.

4. Sejumlah cermin

Sorotan cahaya langsung ini diarahkan oleh cermin ke lokasi yang tepat. Bersama dengan lensa dan pemisah sinar, cermin ini harus benar-benar bersih. Kotoran dan noda bisa menurunkan mutu gambar akhirnya.

5. Film holografis

Film holografis dapat merekam cahaya pada resolusi sangat tinggi, yang penting untuk menciptakan sebuah hologram. Film holografis merupakan lapisan senyawa yang sensitif terhadap cahaya pada permukaan transparan, seperti film fotografis. Perbedaan antara holografis dan film fotografis adalah film holografis haruslah bisa merekam perubahan sekecil apapun dalam cahaya yang terjadi pada jarak mikroskopik. Dengan kata lain, film holografis haruslah mempunyai bulir yang sangat bagus. Pada beberapa kasus, hologram yang menggunakan laser merah bergantung pada emulsi yang bereaksi paling kuat terhadap sinar merah.

Terdapat banyak cara berbeda untuk menyusun alat-alat di atas. Berikut penyusunan transmisi hologram yang paling dasar:

  • Laser mengarah pada pemisah sinar yang membagi sorotan sinar ke dalam dua bagian.
  • Cermin mengarahkan jalur dua sorotan tersebut agar pas pada target yang ditentukan.
  • Setiap dari dua sorotan tersebut melewati lensa divergen dan menjadi petak cahaya luas ketimbang cahaya sempit.
  • Satu sinar, yang merupakan sinar obyek tersebut, terpantulkan dari obyek itu dan ke emulsi fotografis.
  • Sedangkan sinar yang lain, yakni cahaya referensi, menyentuh emulsi tanpa terpantulkan dari hal lain selain dari cermin tadi.

Transmisi dan Pantulan

Cara kerja hologram tidak terpisahkan dari dua kategori dasar hologram, yakni transmisi dan pantulan. Transmisi hologram menciptakan gambar 3D yang terjadi ketika cahaya satu warna atau cahaya dimana berupa satu panjang gelombang melewatinya. Pantulan hologram menciptakan gambar 3D saat cahaya laser atau sinar putih memantul dari permukaannya. Agar sederhana, artikel ini membahas transmisi hologram yang dilihat dengan memakai laser kecuali ada keterangan yang berbeda.

Ruang Kerja yang Dibutuhkan

Mendapatkan gambar yang bagus membutuhkan ruang kerja yang sesuai. Dalam beberapa kondisi, persyaratan ruangan ini lebih ketat daripada peralatan itu sendiri. Semakin gelap ruangannya, semakin baik. Pilihan baik untuk menambahkan sedikit cahaya ke ruangan mempengaruhi hologram yang selesai merupakan cahaya yang aman seperti yang dipakai dalam ruangan gelap. Dikarenakan cahaya aman dalam ruangan gelap seringkali merah dan holografi acapkali memakai sinar merah maka ada cahaya aman berupa hijau dan biru-hijau yang secara khusus dibuat untuk holografi.

Holografi juga membutuhkan permukaan kerja yang bisa menjaga agar perlengkapan benar-benar tegak, tidak bergetar saat Anda berjalan di dalam ruangan atau saat mobil melintas di luar ruangan. Laboratorium holografi dan studio profesional seringkali menggunakan meja dengan rancangan khusus dengan lapisan pendukung berbentuk sarang madu pada kaki pneumatiknya. Lapisan ini berada di bawah permukaan atas meja dan sanggup memperkecil getaran.

Baca juga: 7 Manfaat Hologram ini Membantu Kehidupan Manusia Jadi Lebih Baik

Anda bisa membuat meja holografi sendiri dengan meletakkan ban dalam yang menggembung pada meja rendah ketimbang meletakkan sebuah kotak yang penuh dengan lapisan pasir tebal di atasnya. Pasir dan ban dalam akan memainkan peran profesional yang biasanya dilakukan oleh lapisan berbentuk sarang madu dan dukungan pneumatik tadi. Jika Anda tidak mempunyai cukup tempat untuk meja yang besar, gunakan cangkir berisikan pasir atau gula untuk memegang setiap perlengkapannya tetapi ini tidak akan setegak dan sestabil susunan yang lebih besar.

Untuk membuat hologram yang jelas, Anda perlu mengurangi getaran di udara. Sistem pemanasan dan pendinginan udara bisa menghembuskan udara ke sekitar berikut gerakan badan Anda, pernapasan dan bahkan panas yang terbuang percuma dari badan Anda.

Untuk alasan itulah Anda akan perlu untuk mematikan sistem pemanasan dan pendinginan lalu menunggu beberapa menit setelah menyusun perlengkapan membuat hologram.

Jangan lupa untuk menjaga lensa selalul bersih saat Anda mengambil gambar memakai kamera. Tips lainnya kontrollah level pencahayaan dan pegang kamera tetap stabil. Hal ini dikarenakan membuat hologram sangat menyerupai dengan mengambil gambar atau foto dengan level yang teramat sangat mendetail.

Cara Kerja Hologram

Sulit untuk memisahkan hologram dengan fotografi. Seperti halnya fotografi, hologram merupakan dokumentasi dari pantulan cahaya. Membuat hologram menempuh langkah-langkah yang mirip dengan bagaimana membuat foto. Berikut penjelasannya:

  1. Sebuah alat pengatur cahaya terbuka atau berpindah dari jalur laser. (Pada beberapa pengaturan perlengkapan, laser yang berdenyut melesatkan satu detak cahaya sehingga tidak membutuhkan alat pengatur cahaya.)
  2. Cahaya dari sorotan obyek terpantulkan dari suatu obyek. Cahaya dari sorotan referensi mengelilingi obyek secara keseluruhan.
  3. Cahaya dari dua sorotan bersinggungan dengan emulsi fotografi dimana senyawa yang sensitif terhadap cahaya bereaksi dengannya.
  4. Alat pengatur cahaya tertutup sehingga memblokir sinar tersebut.

Seperti halnya sebuah foto, hasil proses ini berupa sepotong film yang telah merekam cahaya yang masuk. Akan tetapi, saat Anda mengembangkan piring holografis dan melihatnya, apa yang Anda lihat sedikit berbeda dari biasanya. Film yang dikembangkan dari sebuah kamera menunjukkan pandangan negatif dari kondisi aslinya, wilayah dimana cahaya sebelumnya gelap dan berkebalikannya. Saat Anda melihat ke pandangan negatif tersebut, Anda masih bisa mendapatkan gambaran kondisi aslinya.

Saat Anda memandang sepotong film yang telah dikembangkan dipakai untuk membuat hologram, Anda tidak melihat hal yang menyerupai kondisi aslinya. Malahan, yang kemungkinan Anda lihat merupakan kerangka gelap film atau pola acak garis dan putaran. Mengubah kerangka film ini menjadi foto membutuhkan pencahayaan yang tepat.

Dalam transmisi hologram, cahaya monokromatik menembus hologram agar menghasilkan suatu foto atau gambar. Dalam pantulan hologram, cahaya monokromatik atau cahaya putih yang terpantulkan dari permukaan hologram akan menghasilkan gambar. Mata dan otak Anda menginterpretasikan cahaya yang menembus atau terpantulkan dari hologram sebagai perwakilan obyek tiga dimensi. Hologram yang Anda lihat pada kartu kredit dan sticker merupakan pantulan dari hologram.

Anda membutuhkan sumber cahaya yang tepat untuk melihat hologram sebab ia merekam fase cahaya dan amplitudonya seperti sebuah kode. Bukannya merekam pola sederhana dari cahaya yang terpantul dari suatu lokasi, hologram menangkap percampuran antara sorotan referensi dan sorotan obyek. Setiap tepi bisa menjadi lebih kecil dari satu panjang gelombang sinar yang digunakan untuk membuatnya. Membaca kode pencampuran tersebut membutuhkan kunci berupa sinar yang tepat.

Itulah kurang lebih aspek penting terkait cara kerja hologram. Semoga menambah wawasan Anda.

Teknologi hologram memiliki manfaat tak terhingga dalam mendukung bisnis Anda
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *