Cara Kerja XR

Cara Kerja XR dan Penerapannya untuk Usaha Anda

Dengan potensi pemakaian tidak terhitung jumlahnya, cara kerja XR atau Extended Reality menjadi penting untuk dipahami. Dalam beberapa tahun terakhir, topik tersebut termasuk salah satu yang menyita perhatian berkat kemampuan dan kehadirannya dalam berbagai metode.

Sebelum sampai ke tema cara kerja XR, kita perlu memahami terlebih dahulu pengertian XR itu sendiri. Tidak kalah pentingnya adalah kapan penggunaan teknologi ini mulai populer di masyarakat hingga tentunya apa saja yang bisa dihasilkan dari teknologi ini.

Pengertian Extended Reality (XR)

Extended Reality (XR) merupakan istilah umum yang mencakup Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), dan Mixed Reality (MR) selain dari tipe lingkungan apa saja yang memadukan dunia nyata dengan virtual selama membuka jalan interaksi melalui perangkat digital jenis apa saja.

XR mewakili perubahan mendasar tentang bagaimana pengguna bisa berinteraksi dengan media dan platform melalui cara yang lebih interaktif dan fleksibel.

Virtual Reality

Virtual Reality (VR) membantu kita menempatkan penggunanya di dalam dunia atau ekosistem yang dihasilkan melalui software. Inilah yang membuat kita menyebut VR sebagai dunia virtual tersendiri, benar-benar berbeda dari kenyataan sesungguhnya. Perlu ditekankan bahwa teknologi VR menyediakan interaksi alami dengan menggunakan gerak-isyarat dengan controller, tangan, atau jari, dan ucapan sebagai masukannya.

Pengguna VR tidak bersinggungan dengan obyek apa pun di luar dunia virtual tersebut. Sebagai contoh, seorang pengguna bisa menempati ruang tengah mereka atau ruang game dan dengan menggunakan alat yang tepat, seperti headset dan controller, lalu benar-benar terbenam di lingkungan simulasi.

Penggunaan VR meliputi banyak sekali contoh penerapan di berbagai sektor, mulai dari industri besar hingga hiburan sehari-hari untuk individual. Berikut beberapa contohnya:

Video games: mayoritas video games dengan VR sangat imersif sehingga sensasi bermain game VR dapat berlipat ganda rasanya.

Mesin/robot: penciptaan berbagai prototipe dan simulasi elemen jamak di ruang aman.

Pendidikan/pembelajaran: dimana situasi bisa disimulasikan di ruang yang jauh lebih aman bagi pelatih dan murid.

Augmented Reality/AR

Teknologi AR membantu terciptanya elemen virtual yang bisa berinteraksi dengan aspek di dunia nyata. Elemen AR dapat dilihat dengan menggunakan berbagai perangkat dan platform, seperti mobile phone, tablet, atau piranti khusus, seperti kacamata AR. Alat bantu inilah yang membawa pengalaman interaktif baru ke penggunanya. Dengan teknologi ini, kami mengimbuhkan informasi digital di atas elemen dunia nyata.

Contoh paling jelas yang membedakan AR dengan VR adalah game POKEMON GO buatann Niantic. Game ini mengajak penggunanya berjalan-jalan sembari menangkap monster lucu dalam game ini melalu ponsel masing-masing. Dengan kata lain, kita berinteraksi dengan elemen yang diciptakan secara virtual sementara berjalan-jalan di dunia nyata.

Baca juga: AR marketing, segmen jasa branding produk yang datangkan cuan besar

Adapun penggunaan teknologi AR bisa dibaca di bawah ini:

Desain: AR bisa digunakan untuk membantu dalam desain interior, aplikasi mobile, laman web, hingga konstruksi atau arsitektur bangunan.

Pariwisata: Beberapa proyek interaktif terkait pengalaman dapat memanfaatkan teknologi AR. Pelancong dapat merasakan pengalaman unik ketika mengunjungi suatu kota, museum, atau galeri, dengan teknologi AR.

Ilmu kedokteran: Pengelolaan dan perbaikan perlengkapan bagi gaung magnetik atau pengerjaan operasi yang rumit akan terbantu dengan teknologi AR.

Mixed Reality

Mixed Reality berbeda dengan Augmented Reality meski sama-sama menggabungkan dunia nyata dan virtual. Pada teknologi AR, elemen tambahan diimbuhkan ke dunia nyata sehingga obyek yang dihasilkan oleh komputer dapat berinteraksi dengan lingkungan fisik.

Sedangkan teknologi MR memberikan informasi digital real-time ke penggunanya sehingga mereka bisa mempergunakannya untuk berinteraksi dengan lingkungan nyata. Metode ini memberikan imersi atau pembenaman pada level yang lebih mendalam dengan mempertimbangkan pengalaman pengguna.

Cara Kerja XR

Cara kerja XR bergantung pada kombinasi perangkat yang membantu pengguna mencapai tujuan. Contoh alat XR adalah berbagai merk handset yang ada di pasaran, seperti HoloLens 2 dan HTC Vive Pro, yang menggunakan berbagai jenis sensor berbeda untuk melacak pergerakan dalam derajat yang tepat. Perangkat keras lainnya adalah Quest 2 buatan Meta yang menyediakan pengalaman imersif luar biasa dalam video games dan acara daring. 

Contoh alat XR lainnya adalah Magic Leap One, yang menggunakan kamera luar untuk memproyeksikan dunia digital ke permukaan nyata. Selain itu, pengalaman imersif di metaverse kemungkinan akan mempengaruhi mayoritas industri dan segala jenis interaksi pengguna.

Masa Depan XR

Dampak teknologi XR pada industri akan terlihat pada peningkatan pengalaman pengguna, aksesibilitas, dan kebutuhan pemakai. XR akan mempunyai efek besar terhadap cara kita bekerja, berinteraksi, dan bermain dengan yang lain. Dengan teknologi baru tersebut secara fisik lokal tetapi pada saat bersamaan menjangkau dunia global secara digital.

Dengan teknologi XR yang lebih mudah diakses, lebih baik dan matang, pengalaman pengguna akan lebih terevolusioner sehingga menciptakan lingkungan yang sepenuhnya imersif dan interaktif.

Dalam 15 tahun kemungkinan tercipta kampus virtual dimana banyak murid dari seluruh belahan dunia berpartisipasi dalam lingkungan virtual, laga olahraga, dan acara lainnya. Konser dan pengalaman bepergian akan berubah pula.

Tentunya, tidak perlu menunggu saat itu tiba agar perusahaan Anda berbenah mentransformasi bisnis yang ada sekarang. Mengingat penerapan teknologi XR membutuhkan waktu yang tidak singkat, mengapa tidak mulai mempersiapkannya dari sekarang?

Kami dari MonsterAR siap mendampingi proses transformasi bisnis Anda mulai dari nol. Tim kami telah berpengalaman lebih dari satu dekade menggarap berbagai proyek XR, AR, VR, dan MR untuk klien dari banyak sektor. Konsultasikan kebutuhan dan strategi bisnis Anda dari sekarang dengan menghubungi tim sales kami.

Teknologi XR Tingkatkan Produktifitas, Kecepatan Kerja dan Omzet Bisnis Anda
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *