Teknologi Face Recognition

Penerapan dan Manfaat Teknologi Face Recognition AR

Teknologi face recognition atau pengenalan wajah memakai Augmented Reality (AR) saat ini merevolusioner cara kita berinteraksi dengan dunia. Piranti canggih ini digunakan pada banyak industri, termasuk tanpa terbatas pada sektor ritel, perawatan kesehatan, pemasaran, dan lainnya. Dari sektor tersebut, ritel selalu menjadi pengadopsi teknologi terbaru yang paling terdepan.

Brand fashion gegas mengadopsi teknologi imersif untuk memenuhi permintaan pengguna yang semakin menuntut dan mengharapkan menikmati pengalaman berbelanja daring menggunakan teknologi imersif. Salah satu contoh terbaik teknologi imersif adalah aplikasi tata rias AR yang membantu pemakainya mencoba tata rias secara virtual memakai smartphone atau laptop dari rumah mereka.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskann konsep teknologi face recognition AR dalam dunia bisnis dan contoh penggunaannya.

Apa Itu Teknologi Face Recognition AR

Seringkali deteksi wajah, pengenalan wajah, dan pelacakan wajah digunakan secara bergantian. Akan tetapi, tiga istilah tersebut berbeda dalam aspek tertentu.

Pengenalan wajah AR merupakan perangkat lunak yang “mengenali” kehadiran wajah manusia di kamera untuk menghasilkan wajah 3D yang saling bertautan. Lalu, teknologi ini menimpakan pengalaman AR dan memproduksi modifikasi wajah secara real-time. Teknologi ini mendeteksi ekspresi wajah penggunanya dan menerapkan produk berbeda ke muka mereka.

Anda bisa memahami pengenalan wajah AR sebagai filter wajah Instagram dan Tiktok yang mengetahui fitur wajah dan menimpakan obyek pada wajah di dunia virtual. Secara singkat, teknologi face recognition menggunakan baik deteksi wajah dan kemampuan pelacakan.

Contoh Penggunaan Teknologi Face Recognition yang Populer

Menurut prediksi Gartner, sekitar 80% smartphone mempunyai kemampuan kecerdasan buatan di dalamnya. Itulah mengapa bisnis mulai menggunakan platform AR untuk terhubung dengan konsumen mereka untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan. Berikut sedikit contoh alat percobaan virtual yang menggunakan teknologi face recognition AR.

Baca juga: Augmented Reality Adalah Kunci Bisnis Berkembang Pesat

1. Iklan AR

Brand yang berhasil menciptakan pengalaman belanja daring seru dan interaktif bagi konsumen mereka mempunyai peluang besar memimpin persaingan. Karenanya, perusahaan kini mengintegrasikan aplikasi AR dengan fitur pengenalan wajah. Dengan bantuan filter wajah AR, pengguna bisa mengubah wajah mereka menjadi karakter film atau menerapkan ratusan produk tata rias memakai smartphone masing-masing. Saat konsumen diizinkan mencoba produk di dunia virtual selama iklan ini, besar kemungkinan mereka akan membeli produk dan menurunkan biaya pengembalian produk bagi brand.

2. Ritel

Pelacakan wajah AR merupakan alat coba virtual yang bisa menyelesaikan masalah besar yang sering terjadi pada pengalaman belanja daring tradisional. Dengan aplikasi AR memakai pelacakan wajah, pengguna bisa melihat sendiri bagaimana mereka menggunakan produk tata rias, perhiasan, kacamata, dan lainnya. Hal ini membantu mereka dalam menjajal ratusan produk memakai kamera ponsel masing-masing tanpa perlu meninggalkan rumah. Seiring dengan kesan nyata konsumen paska menjajal produk, metode ini membantu brand mengurangi pengembalian barang dan menghemat uang.

3. Perombakan Virtual

Membeli produk secara daring menghadirkan kerepotan tersendiri bagi konsumen. Akan tetapi, dengan menggunakan teknologi AR, brand fashion akan dapat menghilangkan stres dari benak konsumen selama belanja daring. Dengan alat coba secara virtual, pengguna bisa menggunakan perona bibir, eyeshadow, perona pipi, dasar bedak, dan lainnya saat itu juga dengan memakai perangkat digital.

Saat MAC cosmetics dan Sephora meluncurkan alat coba mereka, keduanya menikmati angka penjualan yang bertambah. Jika Anda pengusaha sektor kecantikan dan kosmetik dan ingin mengimplementasikan alat coba virtual pada web Anda, MonsterAR bisa menjadi pilihan terbaik. Kami bisa memproduksi aplikasi intuitif agar pengguna dapat berselancar pada berbagai jenis produk, mengambil swafoto lalu membagikannya ke akun media sosial mereka hanya dalam beberapa kali klik.

4. Games

Banyak games yang akhir-akhir ini dikembangkan menggunakan teknologi face recognition AR agar jauh lebih interaktif dan seru. Filter AR diterapkan pada wajah pemakainya agar bertransformasi menjadi avatar 3D yang nyata. Selain di lapangan, pemain bisa menggunakan avatar 3D di ruang percakapan dan video percakapan langsung saat itu juga.

5. Panggilan Video AR

Pengenalan wajah AR turut membuka jalan bagi industri telekonferensi via video. Teknologi lanjut ini menolong pengguna mengubah atau menghapus latar selama panggilan video. Selain itu, teknologi kecantikan AR atau perombak wajah membuat pengguna bisa secara otomatis meningkatkan penampilan mereka dengan menghaluskan kulit, metamorfosa wajah, memutihkan gigi, dan pilihan pemercantik lainnya. Filter wajah ini menambahkan obyek animasi atau digital ke muka mereka sekaligus membuat pengguna bisa terhubung dalam waktu lama.

Mengintegrasikan Aplikasi AR ke dalam Brand Fashion

Teknologi pelacakan wajah dan pengenalan wajah telah ada selama beberapa waktu untuk membantu brand meningkatkan layanan konsumennya. Memaksimalkan kekuatan teknologi canggih AR akan menolong brand mengakses analisa data secara real-time tentang konsumen. Sejarah pembelian pengguna ini bisa digunakan untuk meningkatkan upaya pemasaran dan menambah volume penjualan.

MonsterAR telah lebih dari satu dekade memberikan layanan AR, Virtual Reality, Mixed Reality untuk berbagai jenis sektor. Layanan dan produk kami menyajikan hasil yang optimal dari sisi bisnis, kreativitas atau konten, dan teknologi. Tiga komponen penting tersebut kami kerahkan agar hasil benar-benar sesuai ekspektasi klien. Apakah untuk meningkatkan layanan konsumen, pengalaman produk, MonsterAR siap menyesuaikannya dengan kebutuhan bisnis Anda saat ini. Hubungi tim kami untuk konsultasi awal tanpa biaya apapun.

Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR/VR
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *