Ingat ketika Pokémon Go release pada tahun 2016? Itu merupakan kesan pertama sebagian besar orang tentang masa depan yang menjanjikan, membuat kita merasa seolah benar-benar berada di dunia pokemon.

Augmented Reality (AR) sedang menjadi sentral dan akan segera menjadi industri blue chip bagi wirausaha, di industri mulai dari pemasaran hingga perawatan kesehatan hingga navigasi.

Berikut adalah tiga cara augmented reality akan menemukan jalan ke dalam hidup Anda lebih cepat dari yang Anda duga:

1. Sepasang kacamata yang akan membuatmu tidak bisa hidup tanpanya

Masalah dengan AR dalam beberapa tahun terakhir adalah karena kacamata AR yang powerful sangatlah besar dan mahal. Dan yang lebih sederhana yang dirilis untuk penggunaan konsumen, seperti Google Glass, memiliki kekuatan pemrosesan yang jauh lebih rendah, jadi Anda tidak dapat melakukan terlalu banyak hal dengannya.

Tentu saja, Microsoft dapat melakukan beberapa perbaikan sebelum HoloLens dirilis ke masyarakat umum, tetapi terlepas dari semua kekurangan ini, HooLens tetap saja keren.

Kami juga melihat beberapa perusahaan augmented reality baru dengan sasaran ambisius muncul di layar. Magic Leap baru-baru ini memperbarui situs webnya untuk memamerkan headset MR baru, Lightwear. Tetapi ada beberapa peringatan di sini: Tidak ada video yang menyertainya, dan orang yang skeptis percaya bahwa headset yang ditampilkan mungkin hanya merupakan pra-render dari produk yang belum selesai.

Sementara itu, di Cina, Rokid adalah perusahaan augmented reality lain yang muncul untuk ditonton. Perusahaan agmented reality ini memiliki sejarah dalam membangun produk-produk yang mendukung AI untuk pasar Cina (dengan kemitraan Alibaba untuk boot). Dan baru-baru ini mengumumkan Rokid Glass untuk 2018. Juga, tidak seperti kebanyakan kompetisi, Rokid bermaksud untuk merilis Rokid Glass langsung kepada konsumen. Produk ini akan debut dalam beberapa minggu di CES 2018 di Vegas.

Kita hanya tinggal menunggu hingga kacamata AR menjadi nyaman, terjangkau dan diadopsi secara luas, dan keajaiban yang nyata akan terjadi.

2. Pemasaran yang lebih mendalam (dan dipersonalisasi)

Pikirkan setiap film fiksi ilmiah yang Anda lihat dalam 10 tahun terakhir dan Anda mungkin akan mengingat setidaknya satu adegan di mana terlihat media iklan holografik (contoh Blade Runner 2049).

Seberapa jauh kita dari masa depan dimana iklan-iklan holografik mendominasi billboard kita? Cek video berikut dari portal interdimensional yang dibuat dengan ARKit, dan anda akan tersadar bahwa masa depan tersebut sudah sangatlah dekat.

3. Berkurangnya main tebak-tebakan dalam bidang kesehatan

Meskipun para pemasar dan pengiklan pasti akan menjadi pengguna teknologi terobosan AR yang paling awal, rumah sakit dan klinik tidak akan tertinggal jauh. Banyak ahli sudah memprediksi bahwa AR akan benar-benar merevolusi perawatan kesehatan.

Cara utama AR akan mengubah perawatan kesehatan adalah dengan menawarkan penyedia layanan kesehatan dan pasien pintas yang sangat dibutuhkan dan bantuan real-time untuk mulai dari diagnosa hingga bedah ruang gawat darurat.

Misalnya, sebagian besar ibu baru akan memberi tahu Anda bahwa menyusui bukanlah hal yang termudah di dunia. Banyak sekali buku dan video tutorial yang membahas topik ini. Tetapi mereka belum memecahkan masalah. Itu sebabnya, pada tahun 2014, Google Glass bermitra dengan Asosiasi ASI Australia untuk melakukan uji coba menyediakan konseling video langsung dan portal informasi untuk ibu menyusui.

Dan bagaimana dengan komunitas medis yang mengambil darah dan memberikan vaksin? Hingga 40 persen perawat kehilangan pembuluh darah pasien pada upaya pertama mereka, dan kemungkinannya lebih buruk ketika pasien tersebut adalah anak-anak atau orang tua. Sekarang, bagaimanapun, ada pemindai AR genggam yang disebut AccuVein, yang menyoroti pembuluh darah di tubuh pasien. Pabrikan mengklaim bahwa tingkat “kehilangan” secara efektif menjadi nol.

Bahkan yang lebih ambisius, perusahaan augmented reality Medsights Tech sedang mengembangkan perangkat lunak yang menunggu paten yang akan bekerja dengan kacamata AR untuk memungkinkan ahli bedah melihat secara langsung melalui kulit pasien secara real time selama operasi.

Augmented Reality di Masa Depan

Masa depan iklan holografik dan kesehatan yang dibantu AR tidak sejauh yang Anda kira. Bahkan, 24 juta headset realitas digital akan dijual pada tahun 2018. Pada 2025, jumlah itu diperkirakan akan melonjak menjadi 500 juta. Tidak mengherankan jika para insinyur Facebook mengatakan bahwa perangkat AR akan menggantikan ponsel pintar dalam waktu lima tahun.