Perusahaan Augmented Reality mempunyai andil yang sangat besar terhadap perkembangan teknologi dan manfaatnya kepada manusia. Adanya inovasi yang terus berkembang dalam berbagai bidang industri dan kepentingan manusia, tentunya menjadi suatu terobosan yang masif tapi baik untuk keberlangsungan umat manusia di masa depan. 

Namun jika menengok puluhan tahun yang lalu, manusia telah dihibur dengan berbagai gim produksi manusia yang diperkenalkan di awal tahun 1970-an melalui gim Pong Arcade.

Meskipun pada saat itu, komputer yang kita lihat sebagai bentuk jadul peradaban manusia dulu di masa kini, adalah merupakan suatu komputer grafis yang canggih sehingga dapat mengintegrasikan bentukan itu ke dalam dunia nyata.

Augmented Reality (AR) telah mengubah cara pandang manusia mengenai dunia dan isinya. Kehadirannya tentu memberikan sebuah sensasi menarik dan berbeda dibandingkan dengan teknologi lainnya.

illustrasi (iStock)

Perkembangan AR cukup pesat beberapa tahun terakhir ini. AR mampu memberikan nilai lebih kepada para pengusaha yakni dapat menyediakan instruksi terkait suatu produk yang lengkap dan nyata, sehingga karyawan atau teknisi dapat lebih paham terhadap suatu produk secara dalam dan juga mudah.

Kemunculan gim Pokemon Go di tahun 2016 lalu merupakan sebuah terobosan langka dan baru yang membuka mata semua orang jika teknologi AR memberikan sesuatu yang lebih. Ketika Anda memainkan gim ini, maka akan terlihat seperti berada di dunia Pokemon. 

Adapun Augmented Reality sendiri di Indonesia dikembangkan oleh beberapa perusahaan Augmented Reality termasuk salah satunya adalah MonsterAR untuk berbagai keperluan di aneka industri. 

Teknologi ini mengembangkan AR dengan membaginya menjadi dua metode, yakni Marker Tracking dan Markerless Augmented Reality.

1. Marker Augmented Reality (Marker Based Tracking)

Marker sendiri adalah sebuah ilustrasi hitam dan putih berbentuk persegi dengan batas berwarna hitam tebal dan mempunyai latar belakang berwarna putih. Prosesnya adalah komputer akan mengenali semua posisi dan kecenderungan dalam menciptakan dunia virtual 3D pada titik (0,0,0) bersama tiga sumbu yakni X,Y, dan Z.

2. Markerless Augmented Reality

Ini adalah metode Augmented Reality yang dikembangkan oleh banyak perusahaan Augmented Reality yang di dalamnya menampilkan beberapa elemen digital dengan menggunakan tool yang disediakan oleh Qualcomm. Qualcom sendiri adalah sebuah perusahaan multinasional semikonduktor global Amerika yang membuat desain, memproduksi dan juga memasarkan aneka produk telekomunikasi nirkabel versi digital dan layanannya.

a. Face Tracking

Perangkat komputer terus dikembangkan secara algoritmanya, hal inilah yang mendasari jika komputer dapat mengenali wajah manusia umum dengan cara mendeteksi posisi mata, bentuk hidung, dan juga bentuk mulut manusia. Hal itu setelah komputer mengabaikan bentuk objek lain di sekitar manusia seperti rumah, pohon dan lain sebagainya.

b. 3D Object Tracking

Beda denga Face Tracking yang hanya mendeteksi wajah manusia pada umumnya, apabila menggunakan teknik 3D Tracking tersebut, maka semua bentuk benda yang ada di sekitar manusia akan dapat dideteksi. Benda-benda itu misalnya mobil, televisi, meja, kursi, dan lain-lain.

c. Motion Tracking

Metode Motion Tracking ini dimulai secara efektif dipergunakan dalam berbagai teknologi di Hollywood, yakni untuk membuat berbagai macam film-film animasi dengan mensimulasikan gerakan yang dihasilkan. 

d. GPS Based Tracking

Teknik ini populer karena dikembangkan di dalam perangkat smartphone (yaitu iPhone dan juga Android). Menggunakan metode GPS Based Tracking, tentu saja fitur GPS dan kompas lah yang menjadi tumpuan utama. Dengan menampilkan arah dalam panduannya, maka tujuan akan ditampilkan secara realtime dan bahkan beberapa aplikasi dalam smartphone telah menampilkan ilusi dalam bentuk 3D.

Baca Juga: Arti Augmented Reality Menurut Para Ahli dan 4 Kasus Penggunaannya

Perusahaan Augmented Reality
illustrasi (Getty Images)

Augmented Reality Sebagai Brand Interaction

Para pebisnis yang menggunakan Augmented Reality telah banyak yang merasakan dampak positif dari teknologi ini. Salah satunya adalah bagaimana Brand Awareness suatu produk mereka mampu meningkatkan angka penjualan dari produk mereka.

Sebuah contoh: apabila suatu produk smartphone yang akan dijual dan di dalamnya terdapat informasi terbaru mengenai fitur-fitur baru dan juga kelebihan smartphone tersebut melalui tampilan informasi 3D tanpa harus membuka segel produk, tentu saja selain akan meningkatkan penjualan produk tersebut, maka brand akan naik secara otomatis.

Masa Depan Augmented Reality

Teknologi Augmented Reality mempunyai tujuan yang pasti tentang peningkatan persepsi manusia terhadap dunia dan sekitarnya. 

Augmented Reality memiliki banyak manfaat untuk berbagai industri seperti pendidikan, manufaktur, permainan, telekomunikasi, perbaikan dan pemeliharaan dan juga hiburan. Selain itu, teknologi ini manfaatnya sangat besar bagi manusia. 

Manusia akan dapat melihat dan menyentuh benda-benda berbentuk digital serta dapat berinteraksi dengan elemen-elemen digital yang dibuat tanpa harus membuka produk yang akan mereka beli, apabila itu berhubungan dengan pemasaran.

Jadi di masa depan, Augmented Reality akan mudah didapatkan untuk mewujudkan segala hal yang manusia butuhkan. Dengan memanfaatkan perusahaan Augmented Reality yang ada, tentu saja hal tersebut bukanlah suatu hayalan! Apakah Apa siap berkompetisi?

MonsterAR selaku perusahaan AR dan VR ternama di Indonesia, juga mempunyai beragam produk serta layanan AR dan VR yang dapat mensukseskan semua kebutuhan promosi ataupun keperluan perusahan lainnya. Tak hanya itu saja, MonsterAR juga mengembangkan berbagai macam aplikasi dan juga software yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan semua bidang industri yang ada. Mau tahu lebih banyak tentang AR dan VR? Hubungi kami di sini ya!

Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR/VR
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?