AR untuk bisnis mulai diterapkan oleh banyak perusahaan multinasional di seluruh dunia. Mereka percaya jika bisnis dapat berkembang dan lebih banyak menjangkau potensial klien ataupun calon pelanggan lebih besar lagi, ketimbang memanfaatkan marketing konvensional.

Meskipun demikian, peran marketing konvensional dengan menggunakan tenaga manusia tentu saja tetaplah dilakukan. Hingga saat ini belumlah ada yang mampu menggantikan tenaga manusia untuk hal-hal yang berbau strategis dan menghasilkan daya berpikir, meskipun teknologi Artificial Intelligence telah mampu diciptakan manusia.

Demam Augmented Reality (AR) sebenarnya telah dimulai sejak tahun 2008 lalu, tepatnya saat banyak orang mulai kagum akan kecanggihan teknologi tersebut yang mampu memunculkan objek virtual ke dalam lingkungan nyata.

Seiring dengan berjalannya orang mulai sedikit demi sedikit menghindar dari AR karena beberapa alasan seperti monoton, dll. Kemunculan Game Pokemon Go di tahun 2015 telah mengubah segalanya. Pokemon Go memungkinkan pengguna dapat menjelajahi lingkungan sekitar sambil menangkap monster Pokemon. Seolah-olah pengguna memang benar-benar dapat menjadi pelatih bagi monster Pokemon di kehidupan nyata. 

AR Untuk Bisnis
illustrasi (Image: iStock)

Hal tersebut akhirnya dapat memicu perubahan besar dalam dunia bisnis entertainment, khususnya game developer. Kesuksesan dan keunggulan yang dimiliki Pokemon Go akhirnya membuka mata para pebisnis di seluruh dunia untuk memanfaatkan AR untuk bisnis mereka.

Calon customer merasa tertarik dengan pengalaman nyata yang dapat diberikan oleh Augmented Reality, dan itulah yang mereka butuhkan untuk menarik para calon customer sehingga akan mendapat keuntungan berkali-kali lipat dengan pemanfaatan AR untuk bisnis mereka yang mereka jalankan, apapun bidang bisnis tersebut.

Berdasarkan info yang diperoleh dari Emarketer, lembaga riset digital marketing di tahun 2018, jumlah pengguna smartphone di Indonesia mencapai 100 juta pengguna lebih. Yang berarti 100 juta target pasar untuk bisnis yang akan dapat melibatkan teknologi aplikasi Augmented Reality dapat diaplikasikan dalam versi mobile tersebut. 

Ditambah lagi, penggunakan AR yang dapat diterapkan di berbagai bisnis event organizer ataupun pameran-pameran untuk menarik minat pengunjung, dan bahkan dapat diterapkan juga ke dalam museum untuk tujuan meningkatkan jumlah pengunjung. Tentu saja jumlah market yang dapat diperoleh dari penggunaan teknologi AR tersebut tidak terbatas.

Baca juga: Virtual Tour adalah? Sejarah dan Manfaatnya bagi Bisnis Anda

Masa Depan AR

AR Untuk Bisnis
illustrasi (Image: iStock)

AR sendiri dalam perkembangannya telah mengalami banyak upgrade contohnya lebih banyak dapat dipergunakan melalui aplikasi di dalam smartphone seseorang. Sebab, hal itu diraskan yang paling nyaman untuk digunakan mengakses AR melalui aplikasi yang telah tertanam di dalam smartphone tersebut.

Potensi AR untuk bisnis memang sangat besar sekali. Bidang marketing menjadi lebih menarik dan interaktif, karena dapat menyajikan berbagai kebutuhan para pebisnis melalui teknologi AR untuk memamerkan produk-produk mereka.

AR siap untuk merambah dunia yang lebih luas lagi di tahun 2018 ini, dan beberapa ahli berpendapat bahwa teknologi ini akan mencapai penggunaan pasar yang tersebar luas pada awal 2020. Setelah semakin diterapkannya AR untuk berbagai kebutuhan, tentu semakin banyak juga solusi yang bisa dipecahkan dari penggunaan AR ini. 

Hingga pada akhirnya orang-orang menggunakan AR bukan hanya karena keren saja, tetapi sebagai solusi untuk memecahkan masalah dan menjadikan hidup lebih mudah. Disanalah, peluang yang sesungguhnya dalam pemanfaatan AR untuk bisnis anda. Anda siap berkompetisi?

MonsterAR selaku perusahaan AR dan VR ternama di Indonesia, juga mempunyai beragam produk serta layanan AR dan VR yang dapat mensukseskan semua kebutuhan promosi ataupun keperluan perusahan lainnya. Tak hanya itu saja, MonsterAR juga mengembangkan berbagai macam aplikasi dan juga software yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan semua bidang industri yang ada. Mau tahu lebih banyak tentang AR dan VR? Hubungi kami di sini ya!

Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR/VR
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?