Digital signage adalah platform tampilan elektronik yang dapat digunakan sebagai media iklan, branding, dan memberikan berbagai macam informasi penting mengenai produk serta layanan perusahaan melalui grafik dan video berkualitas tinggi. Para ahli memperkirakan bahwa media iklan dengan digital signage ini dapat menjadi industri yang bernilai lebih dari $ 20 miliar pada tahun 2020 nanti, karena tampilan produk digital ini dapat memberikan informasi yang lengkap berupa pengumuman, jadwal, informasi darurat, deskripsi produk secara detil dan real time.

Tentu saja hal tersebut menjadi keunggulan metode pemasaran dibandingkan para pebisnis lain yang masih menggunakan metode lama atau konvensional. Oleh karena itu berikut kami rangkum 5 manfaat teknologi digital signage bagi bisnis Anda:

1. Meningkatkan Daya Tarik dan Perhatian Konsumen

digital signage menarik

Tampilan digital signage memiliki kualitas tampilan 400% lebih baik dibandingkan dengan kualitas tampilan statis. Karena kualitas yang baik maka hal ini dapat memengaruhi tingkat ketertarikan para konsumen yang melihat iklan melalui digital signage sebesar 83%. Sehingga metode pemasaran dengan cara ini cenderung jauh lebih efektif ketimbang menggunakan sarana yang umum digunakan. Selain itu, tingkat efisiensi operasionalnya juga jauh lebih mutakhir dan pelayanan menjadi lebih efektif sehingga konsumen akan senang dan lebih respect dengan layanan Anda.

2. Digital Signage Meningkatkan Penghasilan

digital signage meningkatkan penghasilan

Kualitas teks, gambar, video dan ide iklan memiliki dampak yang besar untuk memengaruhi keputusan pembeli terutama jika mereka sedang berada di titik penjualan yakni dengan tingkat pengaruh sebesar 60%. Karena pada saat itu mereka bisa melihat produk secara langsung dan melakukan pencocokan antara iklan dan produk rill Anda. Sekitar 80% perusahaan yang menggunakan digital signage sebagai media periklanan bahkan mengalami peningkatan penjualan hingga 33%. Hal itu menunjukkan betapa besar pengaruh iklan terhadap penjualan terutama iklan yang memiliki kualitas teknologi yang baik.

3. Biaya Terjangkau

digital signage murah

Tujuan dari pengembangan teknologi di antaranya untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi penggunaan barang-barang yang dapat menghasilkan lebih banyak beban seperti sampah dan benda-benda yang tidak atau kurang terpakai. Sehingga adanya digital signage juga mengurangi biaya cetak dan memangkas kepadatan ruang. Hal itu membuat Anda tidak perlu lagi mengeluarkan banyak uang dan menyediakan banyak tempat bagi brosur, papan iklan dan lain sebagainya. Dengan bantuan teknologi digital signage Anda bisa lebih fokus kepada pengembangan konsep ide pemasaran dan pengelolaan bisnis Anda agar semakin efisien dan mendatangkan keuntungan baik itu bagi Anda maupun para konsumen.

4. Mudah Digunakan

digital signage mudah

Teknologi memang membutuhkan skill dan pengetahuan, namun jika Anda sudah memahaminya maka kemudahan akan Anda rasakan. Anda menjadi lebih mudah menentukan target dan membuat desain yang menarik dalam jangka waktu yang singkat.

Salah satu platform yang dapat dimanfaatkan misalnya FWI Content Manager yang memungkinkan pembuatan, penyebaran, dan pemeliharaan iklan yang mudah dan efisien.

Adanya digital signage juga memudahkan Anda untuk memanfaatkan Content Manajemen Web untuk mengatur parameter, luas lokasi, dan mengedit konten dari browser apapun.


Baca juga: Perkembangan Teknologi Virtual Reality di Jakarta Hingga Tahun 2019


5. Konektivitas Digital

konektivitas digital signage

Manfaat lain dari digital signage yaitu menggabungkan konten media sosial, menampilkan respon RSS, dan pembaruan informasi penting saat mengiklankan produk serta layanan. Selain itu, teknologi ini juga dapat digunakan untuk melakukan streaming video mengenai produk dan layanan untuk mendorong minat para konsumen. Bahkan mereka juga dapat memberikan umpan balik atas iklan tersebut.

Peran positif digital signage dapat menjadi sangat signifikan bagi bisnis Anda. Meskipun beberapa merek lebih suka membuat iklan dengan tampilan ruang berskala besar, namun Anda harus memiliki optimisme dalam memanfaatkan konektivitas digital yang ada saat ini.


Ingin turut memanfaatkan teknologi Digital Signage untuk meningkatkan omzet bisnis Anda?

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Mulai Konsultasi

Sebagai seorang pebisnis, seminim apapun gerakan Anda, perkembangan dan pertumbuhan harus tetap berjalan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan iklan. Dan Anda bisa terus memperoleh pendapatan dengan memanfaatkan kerja iklan yang terus berlangsung baik Anda sedang tidur, santai, liburan dan beraktivitas lainnya yang tidak berkaitan dengan pemasaran. Teknologi harus dimanfaatkan dan interaksi dengan para konsumen perlu terjalin dengan baik melalui iklan yang mampu menarik minat mereka. Anda juga tidak perlu ragu memanfaatkan digital signage yang ada saat ini, karena teknologi akan terus berkembang sesuai zamannya.

Penggunaan brosur dan kertas-kertas iklan lainnya mungkin sudah tidak begitu menarik perhatian para konsumen Anda. Sehingga dibutuhkan terobosan yang jauh lebih meyakinkan melalui teknologi, dan khususnya melalui teknologi digital signage ini.