Beberapa tahun terakhir, Nike telah serius bereksperimen dengan teknologi Augmented Reality. Kini perusahaan fashion olahraga terbesar itu tengah memperkenalkan Nike Fit, yaitu sebuah fitur aplikasi yang menggunakan visi komputer, data ilmiah, AI dan alogaritma rekomendasi untuk memindai kaki agar menemukan ukuran sepatu yang tepat untuk kaki pelanggannya. Menurut penelitian dari perusahaan Nike itu sendiri, lebih dari 60% orang memakai sepatu dengan ukuran yang salah. Inilah yang menjadi dasar pembuatan aplikasi Nike Fit.

Penggunaannya cukup sederhana, cukup dengan membuka aplikasi, kemudian di halaman produk ada sebuah menu yang memungkinkan memilih ukuran sepatu. Ada sebuah opsi yang membantu mengukur ukuran kaki yang dibantu oleh kamera ponsel, dimana kamera akan memindai kaki dan memberitahu ukuran sepatu Nike yang tepat. Seluruh proses tidak membutuhkan waktu yang lama, hanya kurang dari 1 menit.

ukuran sepatu nike

Nike Fit mampu mengukur kaki secara virtual hingga ukuran millimeter. Selain itu pengguna akan mendapatkan beberapa pertanyaan misalkan apakah kaki kanan memiliki ukuran yang lebih besar? Serta beberapa informasi rekomendasi ukuran misalnya: “70% orang dengan kaki yang serupa membeli sepatu dengan ukuran 10,5”

Baca juga: Jack Daniel Akhirnya Ikut Melirik Teknologi AR Sebagai Tools Untuk Strategi Pemasarannya

Setiap kali menggunakan aplikasi ini, pelanggan tidak perlu melakukannya berulang-ulang pada saat akan membeli sepatu selanjutnya, karena informasi tersebut akan disimpan pada saat awal menggunakan aplikasi. Dan pada saat akan membeli sepatu di toko, pelanggan cukup memberikan kode QR pada aplikasi yang akan di scan oleh karyawan untuk mengetahui ukuran sepatu yang pas.

memilih ukuran sepatu


Dapatkan teknologi AR yang dirancang khusus sesuai kebutuhan bisnis Anda

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Nike Fit juga membantu para orang tua dalam mengukur kaki anak- anak mereka di rumah, karena mereka dapat memesan sepatu cukup lewat telepon tanpa harus keluar rumah dan repot mengajak anak- anak. Orang tua cukup menggunakan aplikasi beberapa bulan kemudian karena pastinya ukuran kaki anak-anak akan terus bertambah. Selain itu jika pelanggan sudah terdata pada aplikasi, mereka akan mendapat kemudahan lainnya seperti memindai kotak sepatu kemudian sistem akan merekomendasikan ukuran sepatu terbaik dalam model tertentu.

Kabarnya aplikasi Nike Fit akan rilis pada bulan Juli tahun ini, khusus di Amerika Serikat dan meluas ke Eropa di akhir musim panas ini. Indonesia akan kebagian gak ya?