Teknologi Augmented Reality (AR) begitu merebak akhir-akhir ini. Sudah pasti Anda pernah mendengar tentang Augmented Reality baik dalam percakapan mau pun media untuk beragam kebutuhan.

Augmented Reality adalah hanya satu dari sekian dampak positif dari pesatnya perkembangan teknologi dan internet. Dua faktor ini bak gaung bersambut terhadap meningkatnya permintaan orang terhadap media pemasaran dan hiburan yang kreatif dan inovatif.

Bagi Anda yang belum atau sudah tahu tentang Augmented Reality, berikut MonsterAR rangkum lima hal penting tentang inovasi ini:

1. Pertama kali muncul 1968

Layaknya teknologi lainnya, Augmented Reality mengalami perjalanan panjang hingga terkenal saat ini. Augmented Reality adalah teknologi yang ditemukan oleh Ivan Sutherland pada 1968. Saat itu Ivan mengembangkan sistem tampilan yang dipasang di kepala untuk pertama kalinya. Inilah cikal bakal lahirnya Augmented Reality. Istilah Augmented Reality sendiri dicetuskan oleh periset Boeing bernama Tim Caudell pada 1990.

2. Berbentuk 3 dimensi

Augmented Reality adalah teknologi digital untuk memuat informasi dalam format video, teks atau gambar ke obyek sehari-hari di dunia nyata. Informasi tersebut kemudian diubah menjadi bentuk 3 dimensi untuk pengalaman yang lebih mendalam.

Cara kerjanya yakni pertama-tama pengguna AR menggunakan pemindai pemicu AR menggunakan perangkat mereka. Aplikasi AR akan mencari pola gambar atau video untuk ditampilkan melalui tampilan dari kamera perangkat. Saat orang tersebut memindahkan perangkat, overlay AR juga akan bergerak, memungkinkan pengguna untuk melihat informasi yang diproyeksikan dari sudut yang berbeda.

3. Berbeda dengan Virtual Reality

Walau sering dikaitkan, Augmented Reality adalah inovasi yang berbeda dengan Virtual Reality. Augmented Reality secara harfiah berarti realita tambahan. Augmented Reality didefinisikan oleh Live Science sebagai teknologi yang menambahkan dimensi lain pada cara kita memandang dunia dengan meletakkan informasi ke dalam apa yang saat ini kita alami dalam bentuk visual, suara, dan pengalaman inderawi lainnya.

Berbeda dengan realitas virtual, augmented reality mengubah realitas Anda ke tingkat tertentu tetapi tidak membenamkan Anda ke dunia yang berbeda. Di lain pihak, Virtual Reality adalah inovasi berupa pengalaman simulasi yang mirip atau sangat berbeda dengan dunia nyata.

4. Marker dan markerless AR

Ada dua jenis Augmented Reality. Yang pertama adalah AR berbasis marker dimana jenis ini menggunakan penanda 2D, seperti kode QR, barcode atau watermark. Ketika pengguna mengarahkan perangkat ke salah satu penanda ini, pengalaman AR akan hadir.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Teknologi AR Kini Semakin di Lirik Oleh Berbagai Bisnis

Yang kedua adalah markerless AR dimana tipe ini menggunakan bagian mana pun dari dunia nyata sebagai pemicu untuk meluncurkan pengalaman AR. Pemicu tanpa penanda dapat berupa gambar atau lokasi. Aplikasi AR yang diinstal pada ponsel dapat menggunakan informasi GPS untuk memicu AR ketika perangkat berada di lokasi geografis tertentu dan diposisikan pada sikap tertentu.

5. Media promosi digital kekinian

Bidang pemasaran digital gencar memakai inovasi ini untuk menghadirkan pengalaman interaksi unik dan interaktif dengan pelanggan. Salah satu brand di Indonesia yang pernah menggunakan teknologi Augmented Reality adalah OPPO. MonsterAR membuat 3 teknologi AR dengan masing-masing fungsi dan keunggualnya, mulai dari gamifikasi, product knowledge hingga undangan eksklusif yang khusus diberikan kepada pelanggan yang melakukan pre-order OPPO RENO series.

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk project kami selengkapnya

Selain untuk korporasi, Augmented Reality dapat digunakan untuk memasarkan museum ke kalangan milenial. Contohnya adalah program Digitalisasi Museum oleh Museum Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI di Magelang, Jawa Tengah. MonsterAR menerapkan lebih dari 10 teknologi dan multimedia untuk membuat museum ini menarik dan inovatif bagi kalangan muda.


Augmented Reality media efektif untuk pemasaran dan branding bisnis Anda

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !