Banyak yang masih menganggap bahwa Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) hanyalah sekedar gimik, tanpa manfaat nyata bagi aspek kehidupan. Pada awal kemunculannya, mungkin itu benar, karena teknologi AR/VR masihlah terbilang baru dan belum banyak pihak yang mengeksplorasi dalam pengembangannya. Akan tetapi, seiring dengan terus bertambahnya startup Augmented Reality dan Virtual Reality, satu demi satu manfaatnya bagi kehidupan manusia mulai terungkap.

Sebagian besar dari analisis AR dan VR dapat diuraikan dengan merujuk pada efek Kuleshov. Didemonstrasikan oleh film maker asal Rusia Lev Kuleshov selama awal era film, efek Kuleshov mengungkapkan bagaimana makna dan impor gambar tunggal yang tidak berubah dapat secara dramatis berubah ketika disandingkan secara berurutan disamping gambar yang berbeda. Singkatnya, konteks merubah segalanya. Ekspresi wajah menyeringai bisa berubah seketika menjadi pengharapan akan cinta jika ditempatkan dalam konteks berbeda. Konteks menentukan segalanya. (lihat video di bawah).

Begitulah dasar terjadinya perbedaan perspektif terhadap teknologi AR/VR. Sekilas hanya terlihat sebagai gimik yang meningkatkan keseruan dalam menikmati media hiburan. Namun, jika dikombinasikan dengan bisnis dalam  industri lainnya mulai dari pendidikan hingga bisnis, keunggulannya baru bisa terlihat yang sayang untuk dilewatkan. Karena itu, mari kita gali lebih dalam potensi teknologi AR/VR yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Teknologi masa depan ini bisa jadi dapat membantu dalam tingkatkan pertumbuhan dan kesuksesan bisnis Anda.

Virtual Reality mulai banyak dikenal dan dikomersialkan di tahun 2016 melalui perangkat Oculus Rift dan HTC Vive. Saat itu, teknologi VR bukan hanya luar biasa, namun juga memberikan mimpi akan dunia virtual yang lebih nyata seperti di film Ready Player One. Namun yang saat itu dicapai teknologi VR masih jauh dari harapan, sehingga orang-orang mulai berhenti berharap. Andai saja kita bisa lebih terbuka melihat segala peluang yang ada, sebenarnya banyak sekali lho manfaat yang diberikan VR terhadap kehidupan, selain dunia virtual penuh fantasi yang di impikan orang-orang.

Baca juga: 9 Contoh Penerapan Augmented Reality untuk Inspirasi Bisnis Anda

Banyak sekali industri yang bisa memanfaatkan teknologi AR/VR untuk meningkatkan efektifitas hingga pertumbuhan bisnis. Mulai sektor pendidikan yang bisa memanfaatkan AR untuk tingkatkan minat belajar anak. Mengingat anak generasi Z saat ini yang hampir tidak bisa terlepas dari gadget, dengan menyajikan materi pelajaran melalui AR siswa bisa mengamati sendiri materi pelajaran lebih rinci melalui objek 3D, sehingga tenaga pengajar dapat lebih fokus menyampaikan materi yang lebih advance.

Dalam industri bisnis, startup augmented reality terus berinovasi untuk menciptakan teknologi yang bisa membantu karyawan untuk bekerja lebih efisien melalui kacamata AR. Hingga saat ini, telah banyak industri yang bisa merasakan manfaat AR bagi pertumbuhan bisnis mereka. Selain tingkatkan efisiensi dan kecepatan kerja berkat panduan yang diberikan melalui kacamata AR, dengan memanfaatkan teknologi VR ternyata juga membantu dalam proses pelatihan kerja lebih efisien, hemat biaya dan nol resiko cidera hingga kematian. Contohnya dalam kasus pelatihan pemadam kebakaran dan simulasi perang bagi angkatan bersenjata.

Industri kesehatan juga tidak mau ketinggalan, dengan teknologi VR dapat membantu khususnya dalam pelatihan perawatan pasien hingga pembedahan. Saat pandemi covid-19 yang telah melanda seluruh dunia, teknologi pelatihan perawatan pasien dari Oxford telah berkontribusi sangat besar dalam membantu ribuan tenaga medis menangani pasien yang terjangkit.


Virtual Reality menjadikan pelatihan lebih hemat biaya, efisien, dan tanpa risiko cidera

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami