Akibat pandemi COVID-19, industri penyelenggaraan event di seluruh dunia harus memutar otak dengan keras untuk mendapatkan solusi penyelenggaraan event aman dan lancar tanpa hambatan. Termasuk event Cannes XR Marche Du. Cannes XR adalah event yang di dedikasikan untuk teknologi dan karya mendalan. Langkah terbaik yang bisa dilakukan saat ini adalah dengan penyelenggaraan event melalui VR.

Cannes XR tahun ini akan diselenggarakan pada 24 hingga 26 Juni mendatang, melalui Museum of Other Realities. Teknologi Virtual Reality (VR) jelas telah memberikan terobosan terhadap penyelenggaraan event, dimana event bisa terselenggara dengan meriah walau pihak penyelenggara, pengisi acara dan pengunjung berada di tempat terpisah dan berjauhan satu sama lainnya. Event ini akan menampilkan 55 karya seniman dari seluruh dunia, pameran virtual, diskusi panel kreatif, pesta dansa virtual, dan pesta kick-off.

event vr

“Selama masa yang sangat aneh ini, Marché du Film lebih dari bertekad untuk menyoroti industri XR dan untuk membina hubungan antara seniman dan calon investor untuk mendukung penciptaan dalam semua kekayaan dan keanekaragamannya. Kami sangat bangga dapat bermitra dengan para mitra terkemuka ini di sektor XR, ”kata Jérôme Paillard, direktur Eksekutif Marché du Film.

Dengan Tribeca Film Festival menyediakan pilihan karya-karya interaktif yang inovatif. VeeR dan Positron akan mendukung showcase tambahan serta penghargaan; sementara itu, Kaleidoscope akan mempromosikan proyek-proyek yang masih dalam pengembangan. Salah satu target dari penyelenggaraan event melalui VR ini adalah menarik dukungan dari para investor, distributor dan kurator dengan menampilkan para seniman dan karya seni mereka yang terbaik. Di sini juga, para seniman bisa memamerkan karya mereka secara asli dan mendapatkan relasi berkualitas tinggi dengan pemain industri.

Pilihan untuk Pameran Pengembangan tahun ini berkisar pada isu-isu global utama yang meliputi darurat iklim, hubungan manusia dengan alam, percepatan teknologi, dan masalah sosial yang memanas. VR dikenal sebagai salah satu media paling berpengaruh untuk mengkomunikasikan pesan, dan proyek tahun ini kemungkinan akan merangsang percakapan yang sangat dibutuhkan tentang apa yang terjadi di seluruh dunia.

Cannes XR Virtual juga akan menampilkan sesi pitching, keynote, dan panel di mana seniman berbagi perspektif mereka tentang bagaimana VR akan berdampak pada industri film global. Tahun ini, Quest mencapai penjualan konten senilai $ 100 juta di tahun pertamanya, dan Steam telah mengalami lompatan terbesar dalam pengguna VR bulanan. Ketika lebih banyak konten, menonton bersama hingga pengalaman berbagi, dan bioskop interaktif menjadi lazim, cara kita berpikir dan membuat film akan terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi mendalam.

Untuk pembukaan acara, Miro Shot bekerja sama dengan Ikhtisar Ark, dan bersama DJ New York Neil Armstrong akan menghadirkan live musik dan pertunjukan virtual yang menangkap semangat inovasi dan storytelling di Cannes XR dan Tribeca Film Festival. Miro Shot, yang awalnya di booking untuk memainkan live konser VR mereka di Cannes XR, telah menyesuaikan kinerja mereka untuk showcase online.

Baca juga: Bandara di Italia Gunakan Alat Deteksi Suhu AR Untuk Atasi Penyebaran COVID-19

“Teknologi telah mengubah cara kita membuat musik, mendengarkan musik, dan kini mengubah cara kita mengalami live musik. Artis di seluruh dunia mencari cara baru yang menarik dan memikat untuk berbagi musik mereka dengan penggemar, dan ini adalah campuran budaya video game, budaya musik, dan budaya internet untuk menciptakan sesuatu yang tidak seperti kinerja apa pun yang telah dilakukan sebelumnya, ”kata Pemain depan Miro Shot, Roman Rappak.

Inovasi teknologi dapat menjadi solusi untuk permasalahan dalam bisnis. Seperti pada kasus ini dimana penyelenggaraan event melalui VR dapat membantu industri penyelenggaraan event atau Event Organizer (EO) untuk bisa tetap berlangsung ditengah segala pembatasan aktifitas dan sosial akibat pandemi covid-19. Tidak hanya dalam penyelenggaraan event saja, teknologi VR juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan produktifitas kerja dengan memangkas proses kerja, hingga pelatihan keselamatan kerja.


Virtual Reality berikan pengalaman brand yang personal dan mendalam bagi audiens Anda

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami