Tidak ada habisnya apabila membahas manfaat teknologi AR. Bahkan, bisnis kustom motor sekalipun bisa mendapatkan manfaat dari teknologi imersif dan interaktif ini. RYCA Motors, spesialis kustom sepeda motor asal Kalifornia membangun Suzuki CS-1X yang dibangun pertama kali dengan teknologi AR. RYCA melakukan terobosan ini dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke-10 dengan perlengkapan sepeda motor khusus baru yang tersedia dalam jangka waktu terbatas bagi investor awal.

RYCA Motors pertama kali memasuki industri kustom sepeda motor balap pada tahun 2010 dengan CS-1, kit sepeda motor khusus yang dirancang untuk mengubah Suzuki LS650 Savage dari cruiser menjadi cafe racer. Kit CS-1X 2020 hadir dalam aplikasi smartphone yang memungkinkan pengguna menyesuaikan gaya dan riasan tunggangan besi mereka menggunakan AR.

Pemilik dapat memilih dari berbagai suku cadang khusus dan menyaksikan motor di bangun karena setiap komponen yang dipilih secara otomatis dipasang untuk ditempatkan di cafe racer mereka. Pengguna kemudian dapat melihat sepeda motor impian mereka yang disesuaikan secara digital dari sudut mana pun, tanpa perlu pengetahuan mekanis. Aplikasi ini bahkan dapat memberikan saran secara waktu nyata bagi mereka yang memodifikasi kendaraan mereka untuk pertama kalinya.

“Tidak ada tren dalam sepeda motor yang lebih besar dari konsep kustomisasi, dan sekarang bahkan OEM besar merancang dan memasarkan sepeda motor mereka sebagai platform untuk personalisasi tanpa akhir,” kata Casey Stevenson, CEO RYCA, dalam sebuah pernyataan resmi. “Namun menemukan suku cadang dan aksesori untuk sepeda motor tertentu dan memastikan semuanya bekerja bersama bisa menjadi tantangan besar karena ada ribuan suku cadang yang dibuat oleh ratusan produsen.”

Baca juga: Teknologi AR Tingkatkan Kecepatan dan Produktifitas Kerja

Augmented Reality membuat Anda tidak perlu menebak-nebak saat berbelanja OEM dan suku cadang purnajual karena Anda dapat melihat dengan tepat bagaimana mereka akan cocok dan bagaimana tampilannya sebelum Anda membelinya,” tambah COO RYCA Ryan Rajewski. “Ini juga dapat digunakan untuk dukungan teknis, pemeliharaan, dan perbaikan dengan cara yang jauh melampaui apa yang mungkin dilakukan dengan panduan tertulis atau video. Kami yakin ini adalah masa depan suku cadang, penjualan, dan layanan. “

Tidak hanya sepeda motor saja yang dapat kustomisasi dan dibangun dengan teknologi AR, bisnis di bidang lainnya pun bisa seperti property, mainan, event, dan banyak lagi. Seperti yang telah kita ketahui bahwa teknologi AR juga telah banyak dimanfaatkan untuk pemasaran oleh berbagai brand hingga promosi film.


Augmented Reality tingkatkan brand image dan angka penjualan produk Anda

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !