Apple Inc., perusahaan pembuat Iphone yang sudah sangat terkenal dan branded melakukan invest besar besaran di Augmented Reality, ada apa dengan AR? kenapa sampai perusahaan Apple tertarik untuk invest di teknologi Augmented Reality? dibalik kesuksesan dari Apple, ternyata ada inovasi yang menurut perusahaan iphone tersebut harus di lakukan. Ditahun 2019, menurut bloomberg perusahaan Apple akan memproduksi Augmented Reality headset dan akan diluncurkan ditahun 2020.

Berbeda dengan generasi sekarang headset virtual reality yang menggunakan smartphone sebagai mesin dan layar, perangkat Apple akan memiliki tampilan sendiri dan berjalan pada chip dan sistem operasi baru.

Sementara virtual reality lebih memfokuskan di dunia maya, augmented reality menampilkan objek yang real dengan data yang ada. Aplikasi untuk AR tidak ada habisnya, mulai dari game, hingga dunia bisnis. Apple bukanlah satu-satunya perusahaan yang mengerjakan teknologi Augmented Reality. Google, yang mendapat sindiran untuk smart glass yang seharga $1.500 beberapa tahun yang lalu, sedang mengembangkan aplikasi yang sejenis dengan Apple.

Chief Executive Officer Apple Tim Cook mengatakan bahwa beliau lebih mempertimbangkan dalam mengembangkan AR dibandingkan dengan VR. “Sederhananya, kami yakin AR akan mengubah cara kita menggunakan teknologi selamanya.”

Perusahaan tersebut telah menyusun team untuk mengerjakan project AR ini beberapa tahun yang lalu. Produk pertama tim adalah ARKit, alat yang digunakan pengembang perangkat lunak luar untuk membuat aplikasi AR untuk iPhone dan iPad terbaru, memanfaatkan layar, kamera, dan prosesor mereka untuk membuat antarmuka virtual 3-D untuk belanja online, pendidikan dan game. Ini adalah langkah sementara, memberi Apple kesempatan untuk menguji teknologi augmented reality pada produk yang ada.

Langkah selanjutnya – membuat headset dengan built-in display yang mampu melakukan streaming video 3D tanpa menguras baterai -merupakan hal yang lebih rumit. Cook mengakui dalam sebuah wawancara baru-baru ini dengan The Independent, dia berkata: “Apa pun yang Anda lihat di pasar dalam waktu dekat tidak akan menjadi sesuatu yang WOW untuk saat ini.” Mengacu pada tantangan yang menciptakan tampilan, Chief Design Officer Jony Saya telah mengatakan kepada team programmer bulan lalu bahwa “ada beberapa gagasan yang kami miliki dan kami menunggu teknologi untuk mengejar ketinggalan dengan gagasan tersebut.”

Untuk itu mari kita tunggu Headset dari Apple dan tentunya kita tahu bahwa harganya tidak mungkin murah, secara dari brand dan teknologi yang mereka terapkan sampai saat ini sangat bagus dan sukses di pasar internasional.